home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Benarkah Kulit Gatal Merupakan Gejala Kanker Pankreas?

Benarkah Kulit Gatal Merupakan Gejala Kanker Pankreas?

Kanker pankreas tahap awal sering kali tidak menimbulkan gejala. Gejala biasanya mulai terasa ketika kanker memasuki tahap lanjut. Kebanyakan pengidap kanker pankreas mengeluhkan gejala kulit gatal. Namun, benarkah kondisi tersebut merupakan tanda dari kanker pankreas? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut.

Apa benar kulit gatal adalah gejala kanker pankreas?

Pankreas bertugas menghasilkan cairan yang berfungsi dalam sistem pencernaan dan hormon untuk mengatur kadar gula darah. Jika muncul sel kanker pada pankreas, fungsi organ ini bisa terganggu.

Situs American Cancer Society menyebutkan bahwa kanker pankreas dapat menimbulkan kulit gatal disertai perubahan warna kulit dan bagian putih mata yang menguning.

Di samping itu, penderitanya juga bisa merasakan sakit pada perut yang menusuk hingga ke punggung, mual dan muntah, darah menggumpal di pembuluh darah kaki, serta tanda-tanda diabetes.

Kenapa kanker pankreas menimbulkan gejala kulit gatal?

gambar gatal pada kulit

Rasa gatal umumnya menjadi pertanda masalah kulit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa beberapa pasien kanker pankreas mengeluhkan masalah serupa.

Gejala kanker pankreas ini muncul secara progresif. Itu artinya, keparahan gejala dan frekuensinya akan meningkat seiring waktu perkembangan kanker pada pankreas. Awalnya, rasa gatal hanya sesekali muncul, tapi dalam beberapa minggu rasa gatal semakin sering muncul bahkan mengganggu aktivitas harian.

Gatalnya kulit yang menjadi gejala kanker pankreas biasanya diikuti dengan jaundice atau ikterus, yakni menguningnya warna kulit dan warna putih mata.

Penyebab munculnya gejala kulit gatal pada pengidap kanker pankreas, yakni penumpukan bilirubin. Bilirubin merupakan zat kuning kecoklatan yang diproduksi oleh hati. Zat ini dilepaskan bersamaan dengan cairan empedu.

Cairan empedu seharusnya melewati saluran empedu menuju usus untuk memecah lemak. Namun, karena adanya kanker yang membentuk tumor pada kepala pankreas, saluran empedu yang berada di dekatnya menjadi tersumbat. Akibatnya, bilirubin menumpuk dan menyebabkan gatal pada kulit serta jaundice.

Perlu Anda ketahui, gejala kulit gatal bisa menjadi tanda bahwa sel kanker berada di kepala pankreas. Jika sel kanker muncul di bagian tubuh atau ekor pankreas, biasanya tidak menyebabkan saluran empedu tersumbat. Sel kanker akan menyebar ke area lain di bawahnya.

Selain jaundice, gejala gatal pada kulit juga kadang disertai urine berwarna gelap dan feses yang berminyak serta berwarna pucat.

Jadi, jika Anda mendapati diri atau orang terdekat mengalami kulit gatal disertai gejala-gejala di atas, segera periksa ke dokter. Perawatan lebih dini membuat penyakit lebih mudah diobati. Hal ini bisa memengaruhi kualitas hidup penderitanya.

Meredakan gejala kulit gatal karena kanker pankreas

operasi bahu

Cara paling efektif untuk meredakan gejala kulit gatal ini adalah dengan mengobati penyakit yang mendasarinya. Biasanya dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan tumor ganas pada kepala pankreas sebagai pengobatan lini pertama.

Operasi ini Anda kenal juga dengan sebutan prosedur Whipple atau pancreaticoduodenectomy. Prosedur Whipple merupakan operasi pengangkatan kepala pankreas, bagian pertama usus kecil, kantong empedu dan saluran empedu yang terkena, serta kelenjar getah bening terdekat.

Dalam beberapa situasi, bagian dari perut dan usus besar dapat diangkat juga. Dokter bedah Anda menghubungkan kembali bagian pankreas, lambung, dan usus yang tersisa untuk memungkinkan Anda mencerna makanan.

Setelah tumor dihilangkan, penyumbatan pada saluran empedu dapat teratasi. Bilirubin dan cairan empedu bisa melewati saluran tersebut. Gejala kulit gatal dan jaundice akibat kanker pankreas dapat disembuhkan.

Selain menjalani operasi, dokter mungkin juga meresepkan obat Cholestyramine. Obat ini dapat membantu tubuh mengeluarkan kelebihan garam empedu. Anda mungkin juga perlu menjalani pengobatan kanker pankreas lanjutan, seperti kemoterapi atau radioterapi untuk membunuh sel kanker yang tersisa.

Perawatan rumahan juga dibutuhkan agar kulit gatal dapat mereda, yakni dengan menjaga kebersihan kulit dengan mandi secara rutin. Gunakan pelembap agar kulit tidak kering sesuai kebutuhan Anda. Pilih pakaian yang longgar, berbahan lembut, dan kering.

Tidak hanya dokter spesialis kanker, Anda juga bisa mengonsultasikan masalah ini pada dokter kulit agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pancreatic cancer. (2021, June 06). Retrieved July 08, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pancreatic-cancer/diagnosis-treatment/drc-20355427.

Signs and symptoms of pancreatic cancer. (n.d.). Retrieved July 08, 2021, from https://www.cancer.org/cancer/pancreatic-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html

Is itching a sign of PANCREATIC Cancer?: Dana-Farber Cancer Institute. (2020, February 03). Retrieved July 08, 2021, from https://blog.dana-farber.org/insight/2020/02/is-itching-a-sign-of-pancreatic-cancer/.

Pancreatic cancer: Symptoms, treatment, and prevention. (2017, January 23). Retrieved July 08, 2021, from https://www.health.harvard.edu/cancer/pancreatic-cancer-symptoms-treatment-and-prevention-the-familyhealth-guide

Pancreatic Cancer Action. (n.d.). Pruritus · pancreatic Cancer Action. Retrieved July 08, 2021, from https://pancreaticcanceraction.org/about-pancreatic-cancer/symptoms/jaundice/pruritus/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 15/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri