5 Cara Jitu Membangkitkan Nafsu Makan Pasien Kanker

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/05/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Hilangnya nafsu makan kadang menjadi salah satu efek samping kemoterapi kanker. Sebab selama proses kemo, obat-obatan yang digunakan untuk mematikan sel kanker sekaligus memecah sel organ pencernaan sehingga fungsi pencernaan dan penyerapan makanan jadi terganggu. Kemoterapi juga menyebabkan kelelahan dan anemia, yang bikin pasien kanker makin enggan menyantap makanan. Tenang, ada berbagai cara mudah yang bisa Anda lakukan sebagai penambah nafsu makan pasien kanker. Contek di bawah ini, yuk! 

Macam-macam hal yang bisa jadi penambah nafsu makan pasien kanker

Mengonsumsi makanan yang bervariasi merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar cepat pulih. Tapi ketahui dulu apa yang boleh dan tidak boleh disajikan untuk penderita kanker. Makanan sehat tinggi protein dan karbohidrat kompleks adalah dua asupan kunci dalam menu makan pasien kanker. Sementara juga hindari junkfood, buah atau sayuran yang mengandung pestisida, dan makanan yang berlemak.

Setelah Anda memahami bagaimana menyajikan pola makan yang sehat, Anda baru bisa mengetahui tips dan trik penambah nafsu makan pasien kanker, seperti berikut:

1. Bikin porsi makanan kecil-kecil

Bagi orang yang sedang sakit, makan besar sebanyak 3 kali dalam sehari bisa terasa berat. Untuk itu, coba sajikan menu makan besar dalam porsi yang terbagi lebih kecil. Untuk 6 kali makan sepanjang hari, misalnya. Tapi Anda tetap harus penuhi kecukupan nutrisi dalam satu piring kecil itu. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa menyelipkan minuman bubuk protein, yoghurt, ataupun manisan buah di antara waktu makan guna menambah asupan kalori penderita kanker.

2. Tambahkan rempah penyedap

Makanan orang sakit tak melulu harus bubur ayam dan oatmeal yang rasanya datar. Tapi jangan juga menambahkan erlalu banyak garam atau MSG untuk masakannya. Lebih baik, tambahkan bawang putih, bawang merah, daun bawang, kunyit, jinten, kari, jahe, kayu manis, lada merah atau hijau untuk menambah cita rasa masakan.

3. Sajikan makanan dengan cantik dan unik

Mempercantik penampilan makanan sekreatif mungkin, baik itu dengan mengatur warna-warna lauk makanan atau menambah garnish piring makan, dapat Anda jadikan trik penambah nafsu makan pasien kanker.

Untuk pasien yang berusia muda, buatlah es krim atau es loli warna-warni yang berasal dari buah-buahan. Sedangkan untuk pasien yang berusia dewasa, sajikan makanan dengan hiasan seperti salad atau buah di sekitar lauk pauk.

4. Ajak berolahraga

Selanjutnya, Anda bisa mengajak atau membuat pasien kanker melakukan aktivitas fisik guna menggugah nafsu makan agar meningkat. Setidaknya dengan aktivitas santai seperti jalan-jalan pagi di lingkungan rumah,  melipat baju, atau bahkan menyiapkan dan memasak makanan yang akan dimakan. Bila Anda ingin berolahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai tipe olahraga dan seberapa berat harusnya pasien kanker berolahraga tergantung dari kondisinya.

5. Buat waktu makan menjadi menyenangkan

Beberapa orang berselera makan jika waktu makan dibuat semenyenangkan mungkin. Makan bersama anggota keluarga sambil menikmati waktu bersama juga bisa membuat waktu makan menyenangkan.

Sekali-kali, cobalah menggabungkan waktu makan atau menonton acara TV yang bertema makanan. Disarankan bagi Anda untuk jangan menyinggung apapun mengenai penyakit kanker yang diderita pasien, ubah dan angkat topik pembicaraan yang bisa membangkitkan selera makan pasien.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ada Bercak Darah Saat Tidak Sedang Haid? Ini Penyebabnya

Para perempuan tentu akan panik saat melihat adanya bercak darah padahal ia tidak sedang haid. Berikut arti dari bercak darah saat tidak sedang haid ini.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Menu diet tidak harus itu-itu melulu sajiannya. Anda masih bisa makan pasta nikmat dan pastinya rendah kalori. Simak 3 resep pasta gandum pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Nutrisi, Hidup Sehat 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tips Jaga Diri Saat Merawat Orang Sakit Kronis di Masa Pandemi

Ketika sibuk meluangkan waktu untuk mengasuh anggota keluarga, jangan lupa untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis. Simak caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
foto orang yang merawat anggota keluarga yang terkena penyakit kronis; saat mengasuh, penting untuk tetap jaga diri saat merawat orang sakit kronis
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 5 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hubungan baru setelah bercerai

Kapan Waktu Tepat Memulai Hubungan Baru Setelah Bercerai?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/07/2020 . Waktu baca 4 menit
orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit