5 Tips Menjaga Stamina dan Kesehatan Meski Jadwal Super Padat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Setiap hari Anda mungkin merasa seperti dikejar-kejar waktu. Daftar pekerjaan atau kesibukan seolah tidak selesai-selesai. Dampaknya tentu saja tubuh jadi kelelahan. Jika tidak ditangani dengan baik, kelelahan bisa berdampak negatif terhadap aktivitas sehari-hari hingga hubungan Anda dengan orang lain. Sebelum diserang rasa lelah hebat, sebaiknya simak beberapa tips menjaga stamina berikut ini.

Cara menjaga stamina ketika jadwal super padat

Terkadang, kelelahan merupakan gejala umum dari berbagai penyakit. Misalnya penyakit jantung, tiroid, diabetes, radang sendi, anemia, serta sleep apnea. Tidak hanya itu, beberapa jenis obat-obatan juga bisa membuat Anda mudah lelah. Antihistamin, obat tekanan darah, dan diuretik adalah beberapa di antaranya.

Namun, kebanyakan orang lelah karena aktivitasnya sehari-hari memang sangat padat. Tidak sempat makan, kurang tidur, dan stres akhirnya semakin membuat tubuh kehilangan stamina. Pekerjaan pun jadi tidak lancar karena Anda tidak bisa konsentrasi. Jadi, pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjaga stamina dan kesehatan di saat kesibukan begitu padat.

1. Aktif bergerak

gerakan peregangan untuk nyeri leher

Mungkin cara yang satu ini sudah berkali-kali Anda dengar bila ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tubuh yang aktif bergerak, entah dengan kegiatan ringan di rumah atau olahraga akan memicu peningkatan energi. Itu sebabnya, orang yang aktif secara fisik biasanya tidak gampang lelah.

Hal ini didukung oleh direktur fisiologi di Johns Hopkins University School of Medicine, Kerry J. Stewart, yang berpendapat bahwa tubuh yang aktif banyak dikaitkan dengan peningkatan kualitas hidup. Bahkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot juga akan semakin membaik berkat aktivitas fisik.

Lalu bagaimana kalau tidak punya waktu olahraga? Tenang, Anda bisa mencoba olahraga intens hanya dalam waktu 7 menit. Simak panduannya dalam tautan ini.

2. Luangkan waktu berada di luar ruangan

aktivitas luar ruangan ion saat sahur

Jika Anda lebih sering menghabiskan waktu dalam ruangan, luangkan waktu sejenak untuk menikmati hangatnya sinar matahari. Bukan tanpa asalan, dr. Jeffrey Durmer, seorang kepala petugas medis di FusionSleep Center di Atlanta, menjelaskan bahwa pancaran sinar matahari dapat menstimulasi pada kerja otak, guna memberi isyarat pada tubuh untuk meningkatkan energinya.

Otak pun agar merasa jauh lebih segar karena tidak terus-menerus ada di dalam ruangan. Pasalnya, sinar matahari dapat menghentikan produksi hormon melatonin, yakni hormon yang memicu rasa kantuk. Akhirnya, tubuh akan merasa lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

3. Penuhi cairan tubuh

minum air penyebab usus buntu

Jangan sampai padatnya aktivitas yang harus Anda jalani, sampai membuat Anda lupa dengan kebutuhan diri sendiri – salah satunya minum. Pasalnya, kekurangan cairan dapat memecah persediaan energi dan mengacaukan kerja tubuh, sehingga Anda jadi merasa mudah lelah dan tidak bersemangat.

Kekurangan cairan juga telah terbukti membuat Anda sulit konsentrasi. Ini karena air mendukung kerja seluruh organ dalam tubuh, termasuk otak. Itu sebabnya, ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik, maka otak tidak dapat bekerja secara optimal.

Nah, selain dengan minum kurang lebih 1,5 liter air putih sehari, Anda juga bisa mengecek apakah asupan cairan telah tercukupi dengan baik, yakni melalui warna urine saat buang air kecil.

Menurut Dan Judelson, Ph.D., asisten dosen Kinesiologi di California State University di Fullerton, urine yang normal seharusnya berwarna kuning muda atau jernih. Ketika warna urine gelap dan pekat, tandanya Anda perlu minum lebih banyak cairan.

4. Kenali jam tubuh Anda

istirahat santai

Salah satu penyebab kelelahan yang paling sering terjadi yakni karena terlalu memforsir kerja tubuh. Memang, mungkin kadang sulit bagi Anda untuk menyadari kapan tubuh telah berada di batas kemampuannya.

Padahal Anda tinggal mengenali jam tubuh Anda sendiri. Misalnya di siang hari konsentrasi dan tenaga Anda mulai hilang. Berarti sebelum itu Anda seharusnya sudah mengisi energi dengan makan siang secukupnya. Kalau Anda menunda jam makan dan akhirnya kelaparan, Anda pun cenderung makan sampai kekenyangan dan malah jadi mengantuk.

Beri jeda di tengah-tengah kegiatan Anda dengan sekadar duduk santai, menutup mata sejenak, dan biarkan pikiran Anda rileks. Meski kesannya sepele, cara ini bisa membantu Anda menjaga stamina di tengah-tengah padatnya aktivitas. Tak lupa, tidur yang cukup di malam hari supaya badan dan pikiran Anda lebih segar.

5. Disiplin soal makan

jam makan

Di antara banyak cara untuk menjaga stamina, satu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah makan tepat waktu. Pasalnya, makanan bertugas menyuplai energi utama yang nantinya akan dimanfaatkan tubuh untuk beraktivitas.

Saat tubuh telah bekerja keras dalam beberapa jam, maka perlu asupan makanan untuk mengembalikan energi. Jika tidak terpenuhi tepat waktu, cadangan energi sudah semakin terkuras. Akibatnya, Anda akan mudah lelah.

Penting juga bagi Anda untuk memenuhi asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan sehat. Ini termasuk protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat, bukan berlebihan. Anda memang harus disiplin dan tidak boleh mudah tergoda makan fast food ketika sedang sibuk.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca