4 Pilihan Pengobatan di Dokter untuk Luka Gangrene

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Gangrene adalah komplikasi serius dari luka di kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Meski cukup jarang terjadi, gangrene dapat berkembang dengan cepat dan dapat mengancam nyawa jika terus dibiarkan. Apa saja pilihan perawatan dan obat gangrene dari dokter?

Luka gangrene paling rentan dialami oleh orang diabetes

Luka yang dibiarkan tanpa perawatan bisa menjadi ladang tempat pertumbuhan bakteri. Bakteri tersebut kemudian akan melepaskan gas beracun yang menyebabkan kematian jaringan.

Kebanyakan infeksi gangrene terjadi akibat luka terbuka yang menjadi borok dan luka bekas operasi yang terpapar bakteri. Gangrene dapat pula terjadi akibat gangguan aliran darah ke jaringan tubuh tertentu dan bagian tersebut terinfeksi oleh bakteri.

Gangrene rentan terjadi pada orang diabetes dan yang memiliki aterosklerosis.

Apa saja pilihan perawatan dan obat gangrene di dokter?

Gangrene bisa diobati dan sembuh dengan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan berbagai macam cara, tergantung dari tingkat keparahan gangrene-nya, untuk mencegah infeksi tidak semakin menyebar ke anggota tubuh lainnya dan menyebabkan komplikasi.

Berikut merupakan beberapa pilihan perawatan dan obat gangrene yang tersedia di dokter.

1. Pakai antibiotik

Gangrene yang disebabkan oleh infeksi bakteri bisa ditangani dengan antibiotik, baik antibiotik minum atau lewat suntikan.

Jenis antibiotik yang paling umum diresepkan untuk obat gangrene adalah:

2. Operasi jaringan tubuh

Untuk kasus gangrene yang lebih serius, dokter biasanya akan mengoperasi jaringan tubuh yang terlanjur terinfeksi. Misalnya jika disebabkan oleh aliran darah yang buruk sehingga menyebabkan infeksi, dokter akan mengoperasi Anda untuk memperbaiki pembuluh darah yang rusak.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan menggunakan terapi debridemen larva atau juga dikenal sebagai biosurgery. Operasi ini menggunakan jenis larva tertentu untuk memakan jaringan tubuh yang mati serta terinfeksi dan meninggalkan jaringan tubuh yang sehat

Larva tertentu ini juga membantu melawan infeksi dengan melepaskan zat yang membunuh bakteri sembari merangsang proses penyembuhan di bagian yang terkena. Untuk menggunakan larva sebagai obat gangrene, dokter akan menaruh larva pada luka dan ditutup kain kasa dengan kencang.  Setelah beberapa hari, perban dibuka dan belatung pada luka dibersihkan.

3. Terapi oksigen hiperbarik

Terapi oksigen hiperbarik adalah terapi pengobatan gangrene yang mengharuskan Anda duduk atau berbaring di dalam ruang khusus bertekanan tinggi. Anda juga akan mengenakan sebuah penutup kepala plastik yang berisi oksigen untuk Anda hirup.

Oksigen ini nantinya akan masuk ke aliran darah agar mencapai ke daerah aliran darah yang mampet dan menyebabkan infeksi. Terapi ini juga mampu membunuh bakteri penyebab gas gangrene.

Terapi oksigen hiperbarik merupakan salah satu terapi yang bisa menurunkan risiko amputasi pada kondisi gangrene.

4. Amputasi

Dalam kasus gangrene yang sudah amat parah, kadang bagian tubuh yang terinfeksi harus diamputasi sebagai cara terakhir untuk mencegah gangrene menyebar ke bagian tubuh lain.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca