6 Obat Alami untuk Sariawan yang Sama Ampuhnya Dengan Obat Kimia

Oleh

Sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam bisa muncul jika Anda sedang stres, terkena infeksi virus, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral. Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, hormon naik-turun, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan. Selain perih, sariawan pasti membuat Anda menjadi tidak enak makan. Jangan khawatir, jika Anda sedang mengalami sariawan, mungkin Anda bisa mencoba obat sariawan alami berikut ini.

Apa saja obat sariawan alami?

Sariawan atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan stomatitis aftosa merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Jika Anda adalah orang yang tidak suka minum obat, Anda bisa mencoba obat sariawan yang mudah Anda temui di pasar atau supermarket di dekat rumah Anda.

1. Garam

Garam banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat sariawan, dan sudah banyak yang membuktikan bahwa garam ampuh mengobati sariawan. Caranya, Siapkan gelas bersih, ambil garam satu sendok teh, seduh dengan air panas kira-kira 1/4 gelas lalu aduk supaya garam larut. Berkumurlah 3-4 kali sehari. Atau Anda juga bisa berkumur dengan larutan baking soda dengan satu sendok teh baking soda dan 1/2 gelas air hangat.

2. Es batu

Es batu membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit. Anda bisa meletakkan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh. Hal ini berguna untuk mengurangi pembekakan, mengurangi peradangan dan juga rasa sakit.

3. Air kelapa

Air kelapa dapat membantu pendinginan di dalam sistem pencernaan Anda. Air kelapa juga dapat mengatasi dehidrasi yang membuat sariawan Anda membaik.

4. Pisang dan madu

Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu untuk obat sariawan. Caranya, haluskan buah pisangnya dengan sendok ataupun diblender. Setelah itu campurkan dengan madu. Oleskan pada luka sariawan. Hal ini berfungsi untuk mencegah peradangan.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh Anda. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu Anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji dapat mengobati sariawan Anda. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Anda bisa merebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 16, 2017 | Terakhir Diedit: September 5, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca