6 Obat Alami untuk Sariawan yang Sama Ampuhnya Dengan Obat Kimia

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam bisa muncul jika Anda sedang stres, terkena infeksi virus, alergi terhadap makanan, atau kekurangan vitamin atau mineral. Tidak hanya itu, sistem kekebalan tubuh bermasalah, hormon naik-turun, siklus menstruasi, lidah atau dinding mulut tergigit, dan luka di mulut juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan. Selain perih, sariawan pasti membuat Anda menjadi tidak enak makan. Jangan khawatir, jika Anda sedang mengalami sariawan, mungkin Anda bisa mencoba obat sariawan alami berikut ini.

Apa saja obat sariawan alami?

Sariawan atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan stomatitis aftosa merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Jika Anda adalah orang yang tidak suka minum obat, Anda bisa mencoba obat sariawan yang mudah Anda temui di pasar atau supermarket di dekat rumah Anda.

1. Garam

Garam banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat sariawan, dan sudah banyak yang membuktikan bahwa garam ampuh mengobati sariawan. Caranya, Siapkan gelas bersih, ambil garam satu sendok teh, seduh dengan air panas kira-kira 1/4 gelas lalu aduk supaya garam larut. Berkumurlah 3-4 kali sehari. Atau Anda juga bisa berkumur dengan larutan baking soda dengan satu sendok teh baking soda dan 1/2 gelas air hangat.

2. Es batu

Es batu membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit. Anda bisa meletakkan bongkahan kecil es batu di sariawan hingga meleleh. Hal ini berguna untuk mengurangi pembekakan, mengurangi peradangan dan juga rasa sakit.

3. Air kelapa

Air kelapa dapat membantu pendinginan di dalam sistem pencernaan Anda. Air kelapa juga dapat mengatasi dehidrasi yang membuat sariawan Anda membaik.

4. Pisang dan madu

Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu untuk obat sariawan. Caranya, haluskan buah pisangnya dengan sendok ataupun diblender. Setelah itu campurkan dengan madu. Oleskan pada luka sariawan. Hal ini berfungsi untuk mencegah peradangan.

5. Yogurt

Mengonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh Anda. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu Anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji dapat mengobati sariawan Anda. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Anda bisa merebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Perawatan Paliatif Sebagai Pengobatan Penyakit Kanker

Perawatan paliatif adalah perawatan suportif yang umumnya dijalani pasien kanker. Namun, seperti apa sih perawatan ini? Pelajari selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker 18 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Cara untuk Mengurangi Mata Minus (Rabun Jauh)

Bagi Anda yang memiliki mata minus, pasti ingin lepas dari ketergantunga kacamata atau lensa. Lalu apakah mungkin mengurangi mata minus? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 17 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita: Gejala Hingga Pengobatan

Infeksi saluran kencing dapat terjadi pada wanita. Bagaimana cara mencegah dan mengobati salah satu penyakit pada sistem urologi ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Urologi Lainnya 16 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Anda Sering Jatuh? Ini Kondisi Medis yang Bisa Jadi Penyebabnya

Jika Anda sering jatuh dan merasa keseimbangan tubuh kurang baik, maka hal ini menandakan Anda mengalami kondisi medis tertentu. Apa saja?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 15 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pakai lensa kontak alergi mata

Alergi Softlens: Tanda, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit
mencium spidol

Meski “Wangi”, Hobi Menghirup Aroma Spidol Bisa Membahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 September 2020 . Waktu baca 3 menit
multivitamin gummy dewasa

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit
yang harus diketahui sebelum melakukan pemeriksaan MRI

Yang Harus Anda Tahu Sebelum Menjalani Pemeriksaan MRI

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 3 menit