4 Cara Mengatasi Bisul di Selangkangan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26/07/2019
Bagikan sekarang

Bisul yang ada di selangkangan terkadang kurang diperhatikan karena berada di area yang tidak terlihat. Benjolan ini biasa terlihat di luar area kelamin, sekitar area kelamin, atau berada di organ kemaluan Anda. Nah, agar tidak menjadi masalah dan komplikasi di kemudian hari, simak cara mengobati bisul di selangkangan berikut. 

Mengapa bisa ada bisul di selangkangan?

obat bisul

Bisul di selangkangan terjadi akibat infeksi yang berkembang di akar rambut alat kelamin. Infeksi tersebut menyebabkan jaringan di dalam kulit terciptanya bisul mati dan menciptakan ruang yang nantinya akan diisi oleh nanah. 

Bisul juga dapat muncul dari gigitan serangga atau suntikan jarum yang tidak bersih. 

Menurut sebuah jurnal pada tahun 2018, bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi ini adalah Staphylococcus aureus. Orang umum menyebutnya infeksi staph.

Biasanya, bakteri ini menyerang orang yang memiliki sistem pertahanan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, bisul biasa terjadi pada penderita diabetes, infeksi kronis, atau kanker. 

Umumnya, bisul akan hilang seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, jika Anda khawatir benjolan ini dapat memicu komplikasi penyakit lainnya, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui cara mengobati bisul di selangkangan dengan tepat. 

Cara mengobati bisul di selangkangan

Apabila Anda belum yakin untuk berkonsultasi ke dokter, Anda bisa menggunakan beberapa cara rumahan ini untuk mengatasi bisul di selangkangan Anda. 

Pertama-tama, Anda wajib mencuci tangan sebelum menyentuh bisul. Bila perlu, gunakan sabun antibakteri dan air hangat agar tidak membuat infeksi bisul semakin parah. 

Selain itu, Anda juga harus menahan diri untuk tidak memecahkan bisul pada selangkangan Anda. Hal tersebut justru akan membuat bakteri pada bisul semakin cepat menyebar dan rasa nyeri bertambah. 

1. Menggunakan kompres hangat

Salah satu cara yang dapat mengobati bisul di selangkangan Anda adalah menggunakan kompres hangat. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada kulit yang menjadi bisul.

Keistimewaan dari kompres hangat ternyata dapat memperlancar aliran darah, sehingga sel darah putih dapat melawan sisa infeksi. Berikut ini terdapat tips menggunakan kompres hangat di rumah Anda. 

  • Rendam kain atau waslap dengan air hangat 
  • Peras waslap atau kain lap tersebut
  • Letakkan kain yang terasa hangat itu ke daerah bisul 
  • Biarkan selama 7-10 menit.

2. Memakai bawahan yang longgar

pakaian dalam wanita

Penyebab bisul di selangkangan semakin parah adalah memakai bawahan atau celana yang terlalu ketat. Kebiasaan tersebut menyebabkan gesekan halus pada kulit kemaluan Anda. 

Oleh karena itu, ketika Anda sedang dalam proses pemulihan, usahakan untuk memakai bawahan atau celana dalam yang longgar. Apabila Anda berolahraga, jangan lupa untuk mengganti celana dalam agar selalu bersih. 

3. Mengoleskan salep

vitacid

Jenis salep yang paling sering digunakan untuk mengobati luka akibat infeksi pada kulit adalah petroleum jelly. Minyak mineral satu ini dapat melindungi bisul dari gesekan pakaian Anda. 

Jika bisul di selangkangan sudah pecah, cobalah menggunakan salep antibiotik yang mengandung bacitracin, neomycin, dan polymyxin B. Ketiganya dapat menjaga daerah selangkangan Anda dari infeksi lain. 

4. Mengonsumsi obat penghilang nyeri

obat amandel bengkak

Ibuprofen atau acetaminophen merupakan salah satu jenis obat anti nyeri yang sering digunakan untuk meredakan gejala nyeri dan radang yang diakibatkan oleh bisul. 

Akan tetapi, jangan minum obat ini sembarangan. Bacalah aturan pakainya secara saksama. 

Cara-cara mengobati bisul selangkangan di atas biasanya ampuh selama benjolan tersebut belum menimbulkan gejala-gejala lainnya.

Apabila Anda mengalami beberapa tanda di bawah ini, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

  • Demam 
  • Sering berkeringat dingin
  • Bisul semakin banyak dan terasa lebih nyeri
  • Ukuran bisul semakin besar dan tidak hilang dalam dua minggu

Mengobati bisul di selangkangan biasanya dilakukan ketika bisul tidak hilang dalam beberapa hari. Akan tetapi, bila Anda sudah cemas terhadap benjolan yang tiba-tiba muncul, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Daftar Obat Bisul Alami dan Obat Bisul yang Ada di Apotek

Bisul bisa menyakitkan, sehingga Anda perlu menanganinya sejak awal. Berikut ini merupakan obat bisul yang bisa Anda peroleh secara alami maupun di apotek.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala

Jerawat Juga Bisa Muncul di Area Kewanitaan! Bahaya Atau Tidak, Ya?

Jerawat di wajah, punggung, dan dada adalah hal yang umum. Tapi jerawat juga bisa muncul di vagina. Apa sebabnya muncul jerawat di vagina?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila

Nyeri Selangkangan

Sakit atau nyeri selangkangan adalah ketika paha bagian dalam terkena tekanan yang kuat sehingga membuat otot-otot di sekitarnya tegang. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin

Direkomendasikan untuk Anda

bawang dayak

3 Khasiat Bawang Dayak dari Kalimantan yang Berpotensi Baik Buat Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/02/2019
penyebab selangkangan berkeringat

Selangkangan Berkeringat Deras Meski Cuaca Adem? Mungkin Ini Sebabnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16/12/2018
salep obat bisul

Daftar Obat Bisul yang Bisa Dibeli di Apotek

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25/10/2018
obat gatal di selangkangan

3 Kiat Ampuh Mengobati Gatal di Daerah Selangkangan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 29/08/2018