Ferulic acid atau asam ferulat bisa Anda jumpai pada produk perawatan kulit, seperti tabir surya (sunscreen), serum wajah, atau bahkan krim malam. Apa itu asam ferulat dan apa saja manfaat ferulic acid untuk tubuh? Cari tahu jawabannya di sini!

Apa manfaat ferulic acid untuk kulit?

Asam ferulat (ferulic acid) merupakan zat antioksidan alami yang ditemukan dalam biji buah seperti jeruk apel, sayuran dan kacang. Seperti antioksidan lainnya, asam ferulat bekerja melawan dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dari paparan sinar radiasi UVA dan UVB sinar matahari serta dari polusi udara. Itu kenapa berbagai produk kosmetik dan perawatan kulit sering mengandung asam ferulat buatan.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan menghambat produksi kolagen sehingga menyebabkan penuaan kulit. Radikal bebas juga memicu timbulnya kerutan dan garis halus di wajah sebelum waktunya, juga memicu timbulnya flek kecokelatan serta iritasi kulit yang dipicu oleh rosacea.

Dokter kulit menyarankan Anda untuk menggunakan produk kecantikan yang mengandung ferulic acid bersamaan dengan produk vitamin C, polifenol, dan resveratrol. Kombinasi ferulic acid dengan bahan-bahan tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit serta membantu memperlambat penuaan di kulit Anda.

Selain itu, dr. Jennifer MacGregor dari Union Square Laser Dermatology mengatakan bahwa manfaat ferulic acid ini juga bisa memperbaiki serta mencegah keriput dan garis halus di wajah. Manfaat ferulic acid bisa didapatkan jika Anda rajin menggunakan produk tabir surya atau serum yang mengandung ferulic acid, vitamin C, dan vitamin E. Manfaat ferulic acid dan kombinasi bahan-bahan tersebut diklaim delapan kali lebih ampuh melawan radikal bebas akibat paparan sinar matahari daripada produk tabir surya yang tidak mengandung kombinasi tersebut.

Ada juga manfaat ferulic acid untuk diabetes

Selain bermanfaat untuk kulit, ferulc acid atau asam ferulat ternyata juga bermanfaat untuk diabetes, lho!

Diabetes disebabkan oleh gangguan pada sistem endokrin sehingga pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin yang cukup. Padahal insulin diperlukan untuk mengendalikan kadar gula darah. Gangguan sistem endokrin bisa disebabkan oleh paparan racun yang masuk ke dalam tubuh akibat stres oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas. Asam ferulat merupakan antioksidan yang bekerja menetralkan radikal bebas.

Selain untuk mengurangi efek stres oksidatif, manfaat ferulic acid adalah membantu sel-sel pankreas yang sehat untuk menghasilkan lebih banyak insulin. Peningkatan produksi insulin membantu menstabilkan kadar glukosa darah dan lemak darah yang terlalu tinggi.

Disimpulkan juga dalam sebuah penelitian bahwa asam ferulat dapat membantu meringankan gejala diabetes stadium akhir yang diuji pada hewan tikus dengan berat badan berlebih. Suplemen asam ferulat juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal, serta baik untuk menjaga fungsi organ hati dan jantung.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca