Panduan Sehat Makan Prasmanan atau All You Can Eat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

All you can eat merupakan sebuah godaan yang sulit ditolak karena saat itu Anda dapat makan sepuasnya. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan, tentu akan mendatangkan masalah kesehatan ke depannya. Nah, agar terhindar dari hal tersebut, ini dia beberapa cara agar Anda bisa makan all you can eat, tetapi tetap sehat.

Panduan sehat makan all you can eat (buffet)

Kini, semakin menjamur berbagai restoran all you can eat. Konsep makan sepuasnya ini tentu memungkinkan Anda mengambil sebanyak apa pun Anda suka dari buffet yang tersaji. Tentu saja, hal ini membuat Anda merasa sayang jika melewatkan kesempatan ini.

Bagi Anda yang tengah menjalani diet sehat, makan all you can eat bisa jadi cobaan terberat sekaligus mimpi buruk bagi diet yang sedang Anda jalankan. 

Namun, jangan khawatir. Terdapat beberapa cara sehat yang bisa Anda jalankan ketika hendak makan all you can eat (buffet).

1. Makan sesuai jadwal

waktu makan tak teratur sebabkan penyakit jantung

Umumnya, orang yang akan mendatangi restoran buffet, cenderung melewatkan jam makan mereka. Hal tersebut dikarenakan mereka ingin mengosongkan perut agar dapat memakan berbagai jenis makanan di sana.

Akan tetapi, tidak makan pada jam yang seharusnya justru akan membuat Anda makan terlalu banyak. Oleh karena itu, salah satu cara sehat ketika makan all you can eat (buffet) adalah dengan tetap makan sesuai jadwal dan menyeimbangkan porsi makan saat makan.

2. Memilih makanan berdasarkan kemauan

berat badan cepat naik

Pada saat Anda mulai mengitari meja buffet, hindari mengambil seluruh makanan yang ada di depan mata Anda. Biasanya, itu terjadi ketika Anda merasa “ketakutan” akan kehabisan makanan itu.

Oleh karena itu, cara agar Anda tetap makan sehat saat all you can eat, cobalah untuk mengitari meja buffet terlebih dulu, baru memilih makanan yang Anda inginkan.

Seperti yang dilansir dari jurnal tentang obesitas, perasaan takut kehabisan justru akan membuat Anda mengambil makanan yang mungkin tidak terlalu Anda inginkan. Hal tersebut dapat membuat Anda kelebihan makan. 

3. Memakai piring yang kecil

porsi makan

Selain memilih makanan yang diinginkan, cara sehat agar Anda tetap bisa makan buffet di restoran all you can eat adalah menggunakan piring yang kecil.

Menurut Wansikk, dosen dari Cornell University, menggunakan piring yang lebih kecil dan mengambilnya dalam porsi yang sama merupakan tips ampuh saat makan prasmanan.

Selain itu, mengambil porsi makanan yang diinginkan hanya 2-3 sendok makan adalah langkah yang cukup cerdas agar Anda tak kelebihan makanan.

4. Memperhatikan jenis makanan dengan cermat

makan salad untuk otak sehat

Hal ini perlu dilakukan agar Anda tak kelebihan asupan kalori. Misalnya, ketika memilih salad, Anda berpikir bahwa pilihan tersebut akan menyehatkan untuk Anda.

Padahal bisa saja hal itu salah karena Anda tak memperhatikan dengan cermat komposisi salad tersebut. Saus krim, potongan daging, atau keju ternyata bisa saja ada di salad yang disangka sehat, padahal kalorinya cukup tinggi. 

Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu bahan apa saja yang digunakan pada makanan yang Anda pilih. Apabila ternyata salad yang Anda mau mengandung kalori yang tinggi, silahkan pilih sayuran yang ditumis atau ikan panggang.

5. Memisahkan minyak dan saus

makanan berminyak

Ketika makan buffet, mungkin saja terdapat menu daging atau ikan lengkap dengan saus di atasnya. Makanan tersebut kemungkinan besar mengandung kalori yang tinggi. Untuk itu, Anda perlu mengira-ngira jumlah saus yang harus Anda makan. 

Jika memungkinkan, tanyakan pada petugas sekitar untuk meminta saus yang terpisah untuk Anda celupkan dengan makanan Anda.

Selain itu, Anda pun harus memperhatikan ada tidaknya minyak, bahkan pada sayuran yang direbus. Satu sendok makan minyak mengandung 120 kalori. Hal itu tentu akan memengaruhi jumlah kalori dalam sayur.

Oleh karena itu, salah satu cara sehat untuk makan sayur di restoran all you can eat adalah usahakan memilih sayuran yang tidak terlihat berkilau karena minyak.

6. Minum minuman rendah kalori

kandungan air putih

Selain makanan, Anda pun bisa mengisi ulang berbagai jenis minuman yang tersedia. Mulai dari jus, soda, hingga es teh manis tersedia di sana.

Agar makan all you can eat bisa tetap sehat, Anda juga harus memperhatikan jenis minuman yang dikonsumsi. Jika memilih minuman yang terlalu tinggi kalorinya, Anda pun akan kelebihan kalori dan dapat merusak segala jenis tips sehat makan tadi.

Cara sehat supaya tak kelebihan kalori saat makan buffet, pilihlah minuman seperti air putih atau teh tawar untuk menghindari hal tersebut.

Kunci makan sehat di restoran all you can eat dengan mampu mengukur diri sendiri. Makan berlebihan tanpa tahu batasan akan menuntun Anda pada berbagai penyakit.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 7, 2019 | Terakhir Diedit: Juli 2, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca