Apakah Benar Daun Sirih Ampuh untuk Obati Mimisan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/06/2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mengalami mimisan? Mimisan dapat terjadi akibat berbagai hal, seperti cedera pada hidung, alergi, atau kadar trombosit sedang menurun. Kondisi ini tentu saja cukup berbahaya, sebab dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, kalau kata kebanyakan orang, daun sirih mengobati mimisan dengan baik. Tapi apakah benar daun sirih ampuh obati mimisan? Bagaimana bisa daun sirih mengobati mimisan?

Daun sirih mengobati mimisan, apakah benar?

Selama ini mungkin Anda hanya mendengar manfaat daun sirih yang dapat digunakan untuk mengatasi mimisan dari orangtua atau orang-orang di sekitar Anda. namun ternyata hal tersebut benar adanya. Dalam beberapa penelitian memang disebutkan jika daun sirih memiliki kemampuan untuk membantu tubuh untuk mempercepat penyembuhan luka.

Bagaimana cara kerja daun sirih sebagai obat mimisan?

Mimisan yang terjadi akibat cedera misalnya, adalah perdarahan yang disebabkan oleh luka dan daun sirih memengaruhi respon tubuh dalam menyembuhkan suatu luka.

Jadi begini, pada dasarnya ketika ada luka dan perdarahan pada suatu bagian tubuh, maka tubuh akan melakukan respon untuk menghentikan perdarahan tersebut dengan segera – meskipun kecepatannya berbeda-beda pada masing-masing individu. Tubuh akan membuat darah di sekitar luka mengental dan mengendap, sehingga pada akhirnya, luka tertutup kemudian perdarahan pun berhenti.

Sementara, pada daun sirih terdapat kandungan seperti tannin dan berbagai zat lainnya yang dapat mempercepat respon tubuh tersebut, sehingga perdarahan pada hidung akan berhenti dalam waktu yang cepat.

Tak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Phyto Journal, menemukan bila daun sirih juga memengaruhi sistem kekebalan tubuh. dalam hal ini tentu saja semakin kuat kekebalan tubuh Anda maka akan semakin cepat membaik luka atau pun peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Manfaat daun sirih lainnya terhadap luka pada tubuh

Tak hanya memengaruhi pengendapan serta pengentalan darah yang membuat luka cepat kering, daun sirih juga terbukti memiliki sifat antibakteri, anti-peradangan, serta dapat mengurangi rasa sakit (analgesik). Jadi melindungi luka Anda dari infeksi bakteri atau zat asing lainnya yang mungkin menyerang. Selain itu, sifat anti-peradangannya juga akan membuat luka Anda cepat membaik.

Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan jika berbagai kandungan alami dari ekstrak daun sirih juga bersifat sebagai antidiabetik, mampu melindungi hati, mencegah risiko hipertensi, serta mengandung antioksidan yang tinggi. Seperti yang kita tahu, antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh mengalami bermacam-macam penyakit kronis.

Bagaimana cara menggunakan daun sirih untuk mengobati mimisan?

Tidak sulit, kok, jika Anda ingin menggunakan daun sirih mengobati mimisan. Anda hanya perlu ambil satu atau dua helai daun sirih – pastikan sudah dibersihkan dulu sebelumnya. Kemudian, daun sirih yang bersih tersebut digulung dan masukan ke dalam hidung yang berdarah. Tekan dengan perlahan, jangan sampai Anda menekannya terlalu keras karena akan memperburuk kondisi hidung Anda. Tunggu beberapa saat dan darah pun akan berkurang secara perlahan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur Sebaiknya Pakai Bra atau Tidak?

Yang jelas, kabar bahwa tidur pakai bra bisa menyebabkan kanker payudara, itu sama sekali tidak benar. Tapi, apakah ini berarti kita boleh tidur pakai bra?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit
lemak paha sulit dihilangkan

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit