Kulit Melepuh Bikin Perih? Yuk, Atasi Pakai Trik Rumahan Ini!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Mungkin Anda beberapa kali pernah punya luka melepuh akibat terkena air panas atau cipratan minyak saat menggoreng. Biasanya, kulit langsung melepuh, perih, berisi air dan nanah. Jangan cemas dulu, yuk obati kulit melepuh dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Merawat dan mengobati kulit melepuh di rumah

Entah karena gesekan terus-menerus seperti saat bermain alat musik, terkena suhu panas seperti menyentuh wajan atau api, paparan bahan kimia, hingga infeksi karena penyakit atau kondisi tertentu, bisa menghasilkan lepuhan yang menyerupai kantong cairan di antara lapisan atas kulit.

Jangan khawatir, terapkan saja cara mengobati luka melepuh dengan perawatan ala rumahan berikut ini!

1. Oleskan gel lidah buaya

manfaat lidah buaya untuk rambut

Rasanya Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini. Kepopulerannya di bidang kecantikan, telah membuat gel lidah buaya menjadi salah satu perawatan rumahan yang mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk untuk mengatasi kulit melepuh.

Ini semua berkat kandungan antiradangnya yang dapat menghambat peradangan sehingga diyakini bisa meredakan kulit yang membengkak, kemerahan, perih, dan terbakar. Efek melembabkan dan memberikan sensasi dingin tepat setelah dioleskan ke kulit yang melepuh juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang diambil langsung dari tanamannya, ataupun dari produk dengan kandungan asli lidah buaya.

2. Pakai krim vitamin E

kulit gatal

Sudah lama vitamin E terkenal berkat khasiatnya yang baik untuk kecantikan kulit. Ya, vitamin E memang berperan baik untuk mempercepat penyembuhan sel-sel kulit yang luka sekaligus mencegah timbulnya jaringan parut.

Jika konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin E dirasa belum memadai, Anda bisa menggunakan krim dengan kandungan vitamin E didalamnya untuk memulihkan kulit melepuh.

3. Rendam dalam teh hijau

manfaat minum teh hijau

Bukan hal baru jika tanaman teh hijau disebut-sebut punya sifat antiradang yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kantong teh hijau dengan menyeduhnya terlebih dahulu dalam air panas mendidih.

Bila perlu, tambahkan soda kue untuk memperkuat sifat antiseptiknya. Setelah air teh hijau dirasa sudah mulai hangat, rendam atau tempelkan kain yang telah dicelupkan ke dalam teh hijau sebelumnya tepat di kulit yang melepuh.

Pilihan untuk merendam atau menempelkan kain bisa Anda sesuaikan dengan letak luka dan tingkat keparahannya. Lakukan hal ini setidaknya sampai luka melepuh di kulit pulih perlahan.

4. Pakai cuka apel

khasiat cuka apel

Bau yang menyengat disertai dengan sifat asamnya yang tinggi bukan jadi alasan untuk mengatakan cuka apel tidak baik bagi kulit. Sebaliknya, sari dari cuka apel mengandung sifat antibakteri yang akan membantu mencegah infeksi pada luka melepuh di kulit.

Di awal, pemberian cuka apel memang akan menimbulkan sensasi perih seperti dicubit. Namun jika luka sudah terbiasa diberikan cuka apel, biasanya rasa perihnya akan mereda dan lepuhan semakin mengecil.

Bila bau asamnya terlalu mengganggu, sah-sah saja untuk mencampurkannya dengan sedikit air matang baru kemudian diusapkan dengan lembut di sekitar area kulit yang terluka.

5. Oleskan minyak jarak

mengobati infeksi saluran kencing

Minyak jarak (castor oil) adalah salah satu minyak esensial yang bisa mendorong penyembuhan jaringan kulit yang terluka. Temasuk sebagai cara mengobati luka melepuh. Usapkan minyak jarak pada kulit yang melepuh sebelum tidur, lalu lihat efeknya keesokan harinya.

Jika takut ada risiko iritasi, campurkan minyak jarak bersama minyak pelarut atau pembawa. Jangan lupa untuk mencobanya dulu di salah satu bagian tubuh guna mengetahui efeknya pada kulit Anda.

6. Biarkan luka melepuh “bernapas”

luka
Sumber: WikiHow

Daripada terus-menerus menutup luka melepuh dengan perban atau kasa, sebaiknya biarkan luka terbuka untuk memberinya ruang bernapas lega. Cara ini juga bisa membantu luka cepat mengering.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca