Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 02/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sekitar dua tahun lalu, di Instagram mulai ramai hashtag #honeylemonshot. Hashtag ini sempat menarik perhatian di Indonesia. Ada salah satu selebgram beauty blogger yang selalu memakai hashtag ini ketika mengunggah foto lemon dan madu. Tidak bisa dipungkiri, Andra Alodita lewat Instagramnya adalah salah satu pelopor terkenalnya campuran madu dan lemon untuk diminum setiap pagi. Andra menuliskan dalam blog pribadinya, bahwa ia terinspirasi oleh sang ayah yang selalu minum madu dan lemon setiap pagi.

Campuran minuman madu dan lemon sendiri sebenarnya sudah cukup terkenal di luar negeri sebagai salah satu gaya hidup sehat. Campuran madu dan lemon diduga memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai penguat sistem imun.

Apa saja manfaat yang diperoleh dari minum madu dan lemon pada pagi hari?

Berikut ini adalah klaim dari manfaat campuran madu dan lemon:

  • Menurunkan berat badan. Siapa yang tidak tergiur dengan manfaat tersebut? Meminum madu dan lemon pada pagi hari dipercaya dapat menghancurkan lemak. Meskipun begitu, jangan hanya mengkonsumsi madu dan lemon saja, harus tetap dibarengi dengan pola makan yang lebih sehat.
  • Mencegah infeksi saluran kencing. Hal ini disebabkan karena madu memiliki fungsi sebagai antibakteri dan bisa membunuh kuman penyebab infeksi. Ramuan madu dan lemon mampu membersihkan saluran kencing.
  • Membersihkan hati dari racun. Ketika kita minum berbagai obat-obatan dan alkohol, hati akan bekerja lebih cepat dan akan merusak fungsinya lama-kelamaan. Hati pun perlu dibersihkan untuk mencegah dari penyakit yang dapat merusak hati. Meminum campuran madu dan lemon mampu membantu membersihkan racun.
  • Membersihkan saluran pencernaan. Madu dan lemon berfungsi sebagai alat detox karena madu memiliki fungsi antibakteri.
  • Membuat tubuh tidak gampang sakit. Lemon dan madu dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar karena dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Apakah manfaat madu dan lemon tersebut sudah terbukti?

Lemon mengandung bioflavonoids yang termasuk ke dalam antioksidan. Lemon juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan flu, masalah pendengaran, dan juga masalah pada batu ginjal. Penderita baju ginjal direkomendasikan untuk meminum lemon karena mampu meningkatkan asam sitrat pada urin. Selain itu, meminum lemon mampu melancarkan buang air kecil.

Sedangkan madu memiliki manfaat yang sama banyaknya dengan lemon. Meminum madu setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan lebih segar. Madu juga diketahui memiliki manfaat untuk menyembuhkan alergi, batuk, asma, diare, dan masalah pada pencernaan lainnya. Bahkan madu juga bisa digunakan untuk pengobatan luar, seperti masalah pada kulit atau pada kulit yang terasa panas.

Dari pemaparan di atas, benarkah campuran lemon dan madu yang diminum pagi hari memiliki manfaat yang besar? Menurut Audrey Dharmanto, Bsc., RD., LD kepada Fimela, lemon memang memiliki banyak manfaat, sama halnya dengan madu. Namun, masih menurut Audrey, belum cukup bukti penelitian yang membenarkan semua klaim manfaat dari campuran madu dan lemon tersebut. Oleh karena itu Audrey menyarankan untuk mengkonsumsi yang sewajarnya saja. Selain itu menurut ahli nutrisi Naini Setalvad yang dikutip The Health Site, belum ada penelitian yang mengatakan lemon dan madu mampu menurunkan berat badan.

Cara membuat campuran madu dan lemon

Walaupun beberapa penelitian belum cukup membuktikan khasiatnya, lemon dan madu sendiri bila dikonsumsi secara terpisah memiliki manfaat yang banyak. Tidak ada salahnya meminum campuran madu dan lemon di pagi hari, asalkan Anda tidak memiliki masalah lambung dan usus, karena lemon adalah salah satu bahan yang dapat mengiritasi lambung. Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan ramuan ini, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan,

Ambil gelas berisi air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh madu dan setengah irisan lemon. Jangan dibarengi minum kopi dan teh. Resep ini dikutip dari The Health Site. Atau, Anda bisa mengikuti resep Andra Alodita yang mengonsumsi madu dan lemon tanpa dicampur dengan air hangat, tetapi meminum air hangat setelahnya. Selamat mencoba!

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Poliuria membuat Anda sering buang air kecil sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Ini cara mudah mengatasi sering buang air kecil akibat poliuria.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
madu untuk bayi

Usia Berapa Bayi Mulai Boleh Diberikan Madu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 7 menit