Setiap hari Anda kehilangan banyak cairan tubuh lewat keringat, urusan kamar mandi, dan bahkan setiap kali Anda bernapas. Kekurangan air dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, yang membuat Anda cepat lesu dan lemas. Agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, Anda harus mengisi ulang persediaan air dalam tubuh dengan banyak minum air putih.

Tapi bagi banyak orang, mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk seharian menjadi sebuah tantangan tersendiri. Mungkin Anda jarang bangkit dari meja kantor karena tenggelam oleh kesibukan. Atau mungkin, Anda tidak suka dengan rasa air putih yang hambar membosankan. Padahal, air putih mendatangkan seribu satu kebaikan berbeda untuk tubuh, termasuk melancarkan pencernaan dan memberikan tampilan kulit yang bersih, mulus, dan kenyal.

Ingin lebih banyak minum air putih? Begini caranya

Jika Anda termasuk tipe orang yang jarang minum air putih, Anda tidak sendirian. Itu sebabnya kami telah merangkum 11 tips jitu tapi menyenangkan agar Anda bisa lebih banyak minum air putih setiap hari.

1. Taruh segelas air di meja tidur

Triknya, tuang air dalam segelas besar sebelum Anda beranjak tidur dan taruh di meja kamar atau dekat Anda menaruh handphone. Dan begitu terbangun oleh suara alarm, Anda bisa segera meneguk air sambil cek timeline Facebook. Tidak percaya trik ini ampuh? Coba dulu lakukan ini selama empat hari, dan Anda akan mulai menyadari bahwa tangan Anda mulai otomatis meraih gelas setelahnya.

2. Bikin alarm minum

Ada banyak aplikasi pintar di luaran sana yang bisa membantu untuk melacak asupan air Anda, jika Anda orang yang butuh untuk selalu diingatkan. Coba unduh Daily Water Free (untuk iPhone dan Android), Waterlogged (untuk Android dan iPhone), atau Water Alert (untuk iPhone).

Pilihan lainnya, Anda bisa mengatur alarm ponsel per dua jam sekali (atau lebih) guna mengingatkan Anda untuk lebih banyak minum air putih.

3. Simpan botol minum di dekat Anda

Akan lebih mudah untuk mengingat agar banyak minum air putih jika sumber airnya dekat. Ketika Anda terjebak oleh tumpukan pekerjaan di kantor, barang berjalan sepuluh meter ke pantry belakang untuk isi gelas seperti ribuan kilometer jauhnya. Begitu sampai kantor pagi-pagi, isi botol air besar hingga penuh dan taruh di atas meja, di depan mata, sehingga Anda bisa dengan mudah melihat dan meraihnya.

4. Minum air sebelum makan

Minum segelas air putih sebelum makan dapat memangkas asupan kalori dengan membuat Anda lebih cepat kenyang. Hanya dengan mengetahui bahwa lebih banyak minum air putih dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, harusnya ini lebih cukup untuk memotivasi Anda minum air putih.

5. Campur minuman manis dengan air putih dan es batu

Jika kebiasaan minum jus, soda, atau es teh manis tidak bisa dipisahkan dari Anda, cairkan minuman manis favorit Anda dengan air putih dan es batu yang banyak. Anda masih dapat tetap mendapatkan rasa manis segarnya, namun juga sekaligus minum lebih banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

6. Minum air setelah sikat gigi

Bagaimana, sih, rutinitas sikat gigi Anda? Banyak orang yang langsung angkat kaki dari kamar mandi setelah menggosok gigi. Nah, untuk memperbanyak porsi asupan air Anda, siapkan dulu segelas air putih di wastafel, dan teguk habis setelah menyikat gigi dan berkumur. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan asupan air putih yang cukup sebelum tidur, dan setelah bangun tidur.

7. Tandai botol minum Anda

Menandai botol minum Anda dengan jarak per jam hingga ke dasar botol, misalnya dari 7 pagi – 9 pagi – 11 siang – 1 siang – dst, dapat membantu Anda mencapai tujuan pribadi Anda untuk lebih banyak minum air putih dalam seharian. Ditambah lagi, Anda bisa tahu persis harus berapa kali mengisi ulang botol Anda.

8. Minum air setelah dari kamar mandi

Mulai satu kebiasaan baru dengan menghubungkan air dengan sejumlah kegiatan sehari-hari Anda yang paling umum. Kalau minum sebelum makan dan sesudah bangun tidur sudah kami bahas di atas, ada satu lagi rutinitas hidup yang bisa Anda tambahkan demi gol harian Anda minum banyak air putih — urusan kamar mandi. Akhirnya beranjak untuk buang air kecil, setelah berjam-jam menempel di kubikel kantor? Sekembalinya dari kamar mandi, mampir dulu ke pantry untuk menenggak segelas air. Setiap kali Anda melewati dispenser air, isi gelas Anda.

9. Makan makanan pedas

Makan makanan pedas dapat menjadi pemicu Anda untuk lebih banyak minum air putih tanpa Anda sadari. Selain itu, studi menunjukkan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme.

10. Tambahkan perasa yang sehat

Jika segala cara sudah dicoba tapi Anda tetap malas minum air putih karena rasanya yang hambar, kenapa tidak tambahkan saja beberapa irisan buah segar untuk sedikit memberikan “tendangan” rasa. Ya, mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan yang namanya infused water. Dan selain menambah asupan cairan tubuh, infused water juga memberikan Anda asupan gizi dan nutrisi dari buah-buahan yang Anda gunakan. Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati, bukan?

Tambahkan sedikit kegembiraan dalam air putih Anda dengan mencelupkan irisan buah segar (jeruk, stroberi, lemon, kiwi, semangka), rempah (basil, mint, lavender, jahe), atau sayuran (mentimun, seledri). Yang lebih menyenangkannya lagi, Anda bisa berkreasi menciptakan resep favorit Anda sendiri. Untuk lebih meningkatkan rasanya, simpan infused water Anda di dalam kulkas selama beberapa jam sebelum menenggaknya.

11. Minum kopi atau teh

Kami yakin tidak ada yang merasa keberatan dengan cara yang satu ini. Lho, tapi bukannya artikel ini membahas tentang minum air? Jangan protes dulu. Minuman berkafein favorit Anda juga mengandung banyak air, jadi Anda bisa memasukkan ritual nge-teh atau ngopi sebagai cara darurat mendapatkan asupan cairan saat bosan minum air putih.

Banyak yang percaya bahwa teh dan kopi bikin cepat haus dan bolak-balik ke kamar mandi, membuat tubuh dehidrasi. Tapi mitos ini telah dipatahkan. Efek diuretik teh dan kopi tidak merugikan cairan tubuh.

Tapi ingat, jangan dicampur gula, ya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca