Menggunakan sex toys (mainan seks) bersama pasangan atau seorang diri memang bisa menambah kenikmatan. Meski demikian, setelah memakai berbagai mainan seks, banyak orang yang lalai untuk menjaga kebersihannya. Padahal kebersihan sesudah atau bahkan sebelum menggunakan sex toys itu penting. Apa yang harus dilakukan setelah menggunakan alat pendukung ini? Yuk, simak baik-baik penjelasannya di sini.

Apa yang harus dilakukan setelah menggunakan sex toys?

1. Bersihkan sebelum ataupun sesudah dipakai

Seperti yang telah disinggung di atas tadi, wajib untuk membersihkan mainan seks, baik sebelum atau sesudah digunakan. 

Jika hendak digunakan, bersihkan sesuai petunjuk pemakaian dan sesuai bahan mainan seks tersebut. Setelah dicuci, ada baiknya dikeringkan dahulu menggunakan handuk atau diangin-anginkan. Menggunakan mainan seks yang basah dan lembab bisa menimbulkan risiko infeksi jamur dan bahaya lainnya pada organ intim Anda.

Nah, setelah menggunakan mainan seks tersebut, Anda harus kembali mencucinya. Mainan seks yang digunakan di mulut, anus, atau bagian tubuh lainnya juga harus tetap dibersihkan sampai tuntas. Gunakan air hangat atau air panas (di atas 70 derajat Celsius) untuk mencuci mainan Anda. Kemudian, keringkan sampai tuntas dan simpan kembali di tempat yang bersih. 

Perhatikan juga adanya goresan atau lecet pada mainan seks. Dikhawatirkan hal ini bisa menjadi tempat di mana bakteri dan kuman bermukim sehingga dapat meningkatkan risiko infeksi.

2. Taruh di tempat penyimpanan yang aman

Setelah digunakan dan dibersihkan, sekarang waktunya Anda menyimpan mainan seks tersebut di tempat yang aman dan higienis. Penting untuk tidak membuang kotak kemasan sex toys, karena biasanya ada tisu atau kain pembungkus produk. Anda bisa menyimpan mainan seks di kemasan atau dilapisi pembungkus tersebut untuk beberapa saat, sampai menemukan wadah yang aman dan bersih.

Anda juga bisa menyimpan mainan seks tersebut di dalam laci. Jika Anda memiki lebih dari satu mainan, upayakan tiap mainan dilapisi kain agar tidak saling bersentuhan atau bergesekan dengan satu sama lain. Jangan lupa juga untuk tidak menaruh berbagai alat penunjang seks ke dalam wadah plastik karena kandungan BPA pada plastik tertentu dikhawatirkan akan menempel pada mainan dan bisa berbahaya untuk kesehatan.

3. Copot baterai jika tidak sedang digunakan

Jika Anda menggunakan mainan seks yang menggunakan baterai, selalu lepas baterainya saat Anda tidak gunakan. Pasalnya jika tidak mencopot baterai, hal itu bisa menguras daya dari baterai itu sendiri meskipun tidak Anda pakai terus-terusan. Terlebih, hal tersebut bisa mengurangi keawetan produk.

4. Bersihkan alat kelamin

Sama seperti berhubungan seks, setelah menggunakan sex toys ada baiknya Anda tetap harus membersihkan alat kelamin masing-masing. Berpindahnya kuman dan bakteri dari mainan ke vagina atau penis Anda bisa meningkatkan risiko infeksi penularan jamur dan penyakit menular seksual.

Bersihkan organ intim Anda menggunakan air hangat, dan jangan lupa keringkan dengan tisu atau handuk yang lembut setelahnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca