Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

6 Manfaat Alat Getar Seks (Vibrator) untuk Para Wanita

    6 Manfaat Alat Getar Seks (Vibrator) untuk Para Wanita

    Sebagian wanita mungkin masih merasa ragu untuk menggunakan alat bantu seks, seperti alat getar, saat berhubungan seksual. Padahal, ada segudang manfaat alat getar pada wanita yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

    Ragam manfaat alat getar seks bagi wanita

    Alat getar alias vibrator adalah alat bantu atau mainan seks (sex toys) yang umum digunakan. Perangkat ini dioperasikan dengan baterai dan biasanya berbentuk seperti penis.

    Tidak hanya membuat aktivitas seks lebih seru dan menyenangkan, penggunaan vibrator pada wanita juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental penggunanya.

    Berikut ini ialah beberapa fungsi vibrator pada wanita yang perlu Anda ketahui.

    1. Memahami tubuh sendiri

    masturbasi pada wanita

    Wanita bisa bereksperimen dengan alat getar selama masturbasi. Selain membuat aktivitas seks solo ini tidak monoton, vibrator membantu Anda memahami tubuh dengan lebih baik.

    Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cobalah memakai vibrator pada seluruh tubuh, bukan hanya pada bagian sensitif seperti vagina dan payudara. Mungkin saja, ada bagian sensitif lain yang belum Anda ketahui sebelumnya.

    Setelah tahu bagian tubuh mana yang sensitif, kemudian mintalah pasangan Anda untuk merangsang area tersebut agar hubungan seks jadi lebih menyenangkan.

    2. Mendukung hubungan yang sehat dengan pasangan

    Alat getar pada wanita juga punya manfaat dalam membuka hubungan yang sehat dengan pasangan.

    Sebuah survei pada 2.056 wanita berusia 18–60 tahun di Amerika Serikat yang diterbitkan pada Journal of Sex & Marital Therapy (2010) menyebutkan vibrator wanita menghilangkan tekanan pada pria untuk membuat pasangan mereka orgasme.

    Memang, salah satu fungsi vibrator ialah untuk membantu meningkatkan peluang orgasme wanita tanpa membuat pria kewalahan melakukan penetrasi penis-vagina.

    3. Menangani disfungsi seksual

    mengatasi disfungsi seksual

    Tidak bergairah, tidak merespons rangsangan seksual, nyeri saat berhubungan seks, dan sulit orgasme merupakan beberapa jenis disfungsi seksual pada wanita.

    Penggunaan vibrator juga punya manfaat untuk mengatasi gangguan seksual ini. Rangsangan getaran pada kelamin wanita bisa meningkatkan fungsi seksual secara keseluruhan.

    Meski begitu, ini mungkin tidak sepenuhnya mengatasi kondisi Anda. Penting untuk melakukan pengobatan sesuai dengan penyebab disfungsi seksual yang Anda alami.

    4. Membantu mencapai orgasme

    Sebagian besar wanita mungkin sulit mencapai orgasme hanya dengan penetrasi penis-vagina. Dalam kasus yang parah, kondisi ini bisa disebabkan anorgasmia.

    Anorgasmia atau disfungsi orgasme pada wanita merupakan suatu kondisi ketika seseorang sulit mengalami orgasme, terlepas dari rangsangan apa pun yang diterima oleh vagina.

    Dikutip dari Mayo Clinic, alat getar seks juga bisa bermanfaat dalam pengobatan anorgasmia.

    Alat ini bekerja dengan meningkatkan rangsangan seksual sekaligus aliran darah ke vagina. Selanjutnya, hal ini akan membantu Anda meraih orgasme.

    5. Menangani dispareunia dan vaginismus

    mitos vaginismus

    Manfaat alat getar bisa dirasakan pada wanita dengan genito-pelvic pain penetration disorder, yakni gangguan yang memicu ketidaknyaman dan rasa sakit saat berhubungan seksual.

    Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), kondisi ini terdiri dari dispareunia (nyeri panggul saat atau setelah hubungan seks) dan vaginismus (menegangnya otot vagina yang menyulitkan penetrasi).

    Sebuah studi dalam jurnal Sexual And Relationship Therapy (2018) menemukan vibrator bisa membantu wanita merasa lebih nyaman selama berhubungan seks.

    Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat penggunaan vibrator dalam mengobati disfungsi seksual pada wanita.

    6. Mendorong gairah seks saat menopause

    Dokter Anda bisa menyarankan penggunaan alat bantu seks seperti vibrator untuk mengatasi masalah vagina kering saat dan setelah menopause.

    Getaran pada bagian dalam dan luar vagina akan merangsang aliran darah. Kemudian, hal ini akan meningkatkan kelembapan vagina yang kering dan respons seksual.

    Wanita menopause mungkin bisa memakai vibrator beberapa kali seminggu. Jangan lupa juga untuk mengoleskan pelumas setiap kali menggunakannya.

    Secara umum, manfaat alat getar atau vibrator pada wanita bisa dirasakan bila Anda menggunakannya dengan bertanggung jawab dan selalu menjaga kebersihannya.

    Pastikan Anda membersihkan vibrator dengan air hangat dan sabun sebelum dan setelah menggunakannya. Hindari berbagi sex toy dengan orang lain untuk mencegah penyakit menular seksual.

    Jika memiliki pertanyaan seputar manfaat dan keamanaan dari penggunaan alat ini, silakan konsultasi lebih lanjut dengan dokter Anda.

    Kesimpulan

    • Alat getar atau vibrator untuk wanita merupakan alat bantu seks yang dioperasikan dengan baterai dan biasa berbentuk mirip penis.
    • Secara umum, alat getar bagi wanita ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan dan membantu menangani disfungsi seksual.


    Punya pertanyaan atau cerita kehamilan?

    Yuk, gabung komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan dapatkan info menarik seputar kehamilan.


    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Kalkulator Masa Subur

    Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

    Kalkulator Masa Subur

    Berapa lama siklus haid Anda?

    (hari)

    28

    Berapa lama Anda haid?

    (hari)

    7

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Female sexual dysfunction. Mayo Clinic. (2020). Retrieved 22 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/female-sexual-dysfunction/diagnosis-treatment/drc-20372556

    Anorgasmia in women. Mayo Clinic. (2022). Retrieved 22 August 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anorgasmia/diagnosis-treatment/drc-20369428

    Are sex toys safe?. NHS UK. (2019). Retrieved 22 August 2022, from https://www.nhs.uk/common-health-questions/sexual-health/are-sex-toys-safe/

    American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders DSM-5. American Psychiatric Association Publishing.

    Rullo, J., Lorenz, T., Ziegelmann, M., Meihofer, L., Herbenick, D., & Faubion, S. (2018). Genital vibration for sexual function and enhancement: a review of evidence. Sexual And Relationship Therapy, 33(3), 263-274. https://doi.org/10.1080/14681994.2017.1419557

    Rullo, J., Lorenz, T., Ziegelmann, M., Meihofer, L., Herbenick, D., & Faubion, S. (2018). Genital vibration for sexual function and enhancement: best practice recommendations for choosing and safely using a vibrator. Sexual And Relationship Therapy, 33(3), 275-285. https://doi.org/10.1080/14681994.2017.1419558

    Herbenick, D., Reece, M., Sanders, S. A., Dodge, B., Ghassemi, A., & Fortenberry, J. D. (2010). Women’s vibrator use in sexual partnerships: results from a nationally representative survey in the United States. Journal of sex & marital therapy, 36(1), 49–65. https://doi.org/10.1080/00926230903375677

    Herbenick, D., Reece, M., Sanders, S., Dodge, B., Ghassemi, A., & Fortenberry, J. (2009). Prevalence and Characteristics of Vibrator Use by Women in the United States: Results from a Nationally Representative Study. The Journal Of Sexual Medicine, 6(7), 1857-1866. https://doi.org/10.1111/j.1743-6109.2009.01318.x

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 4 weeks ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
    Next article: