4 Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Pelumas Seks

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Sebagian besar pelumas seks yang dijual di pasaran mengandung daftar bahan kimia yang memporakporandakan keseimbangan pH alami vagina sehingga meningkatkan risiko infeksi. Sulit untuk tahu mana pelumas seks yang aman untuk tubuh Anda.

Apapun yang Anda gunakan, prinsipnya adalah pastikan produk tersebut adalah produk yang mengandung bahan-bahan sehat dan berkadar kimia rendah, menurut Dr Madeleine M . Castellanos, seorang psikiater berlisensi sekaligus seorang profesor di New York Univeristy, dilansir dari Daily Dot. “Anda tidak ingin memasukan bahan-bahan sintetis ke dalam bagian tubuh Anda yang sangat sensitif, karena semua partikel asing dapat dengan mudah diserap lewat sana,” jelasnya. “Anda ingin pelumas sealami mungkin yang tidak menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan dalam tubuh Anda.”

Untungnya, ada beberapa produk alternatif yang dikenal sebagai pelumas seks alami terbaik. Apa saja, dan mana yang paling terbaik di antara yang terbaik?

Bahan dapur yang bisa Anda gunakan sebagai pelumas seks alami

1. Minyak

Minyak goreng adalah alternatif pelumas seks alami yang paling umum digunakan oleh wanita yang mengalami iritasi dengan pelumas berbahan kimia. Pemakaian minyak goreng juga sebagian besar didasari oleh rasa keamanan bahwa minyak ini juga aman tertelan ke dalam tubuh.

Tapi, tidak semua minyak goreng diciptakan sama. Proses penyulingan dan hidrogenasi minyak goreng cukup mengerikan dan efeknya bisa bertahan lama dalam tubuh, membuat Anda rentan terhadap pertumbuhan bakteri dalam prosesnya. Jika Anda ingin tetap menggunakan minyak goreng sebagai pelumas, pilih jenis minyak masak yang paling alami seperti minyak zaitun atau minyak almond manis. Meskipun berpotensi menodai kain seprai dan pakaian, minyak ini umumnya aman, melembabkan kulit, dan meninggalkan bau yang menyenangkan.

Ingat, jangan gunakan pelumas berbahan dasar minyak jika Anda menggunakan kondom lateks karena akan menurunkan dan melemahkan kualitas lateks; membuat kondom rentan rusak. Pelumas berbasis minyak (dan petroleum jelly) juga dapat melemahkan diafragma. Hati-hati juga terhadap risiko reaksi alergi, terutama dari minyak kacang-kacangan.

2. Putih telur

Melumasi vagina dengan putih telur tampak menjijikkan. Tapi menurut mitos yang beredar, menggunakan putih telur sebagai alternatif pelumas seks dapat meningkatkan kemungkinan hamil bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan.

Teori di balik anggapan ini adalah tekstur putih telur yang meniru konsistensi lendir serviks, yang membantu sperma menemukan jalan ke bukaan leher rahim untuk membuahi telur. Putih telur juga dipercaya membuat pH vagina lebih basa, sehingga sperma memiliki kesempatan bertahan hidup lebih lama.

Tidak ada cukup bukti data ilmiah untuk mendukung gagasan ini, tapi, yang banyak disetujui oleh para pakar adalah pemakaian putih telur sebagai pelumas seks alami terbilang cukup aman dan minim efek samping (namun mungkin dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam vagina, terutama jika Anda menggunakan telur yang tak lagi segar).

Putih telur dapat terasa lengket dan tak nyaman saat dioleskan, sehingga lebih baik gunakan semacam wadah seperti mangkuk atau penetes obat. Ingatlah untuk menjaganya tetap di suhu kamar. Selain itu, putih telur bukanlah alternatif yang baik bagi Anda yang vegan/vegetarian, atau yang memiliki alergi telur.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap yang baik, tidak hanya karena memijat minyak di atas tubuh Anda terasa sangat nyaman dan menghaluskan kulit, tetapi juga karena minyak ini dapat digunakan sebagai pelumas seks alami yang awet lebih lama daripada pelumas berbasis air.

Minyak kelapa dipercaya bagus untuk stimulasi klitoris dan pijat vulva, atau masturbasi. Minyak kelapa adalah bahan organik, bebas pengawet, dan minim — hampir tidak ada — efek samping (kecuali jika Anda alergi). Tidak seperti minyak alami lainnya, minyak kelapa terbukti dapat mencegah dan mengobati infeksi ragi karena minyak kelapa memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri yang membantu dalam menghindari perkembangan infeksi.

Minyak kelapa dapat memakan sedikit waktu untuk mencair, karena teksturnya yang cukup kental, tapi Anda dapat menyiasatinya dengan menghangatkannya dalam microwave selama beberapa detik sehingga hangat dan cair, atau hanya digosokkan di antara telapak tangan Anda sebelum digunakan. Pastikan untuk memilih minyak kelapa murni yang tidak mengandung bahan-bahan tambahan lainnya, seperti gula.

Dengan catatan, seperti pelumas berbahan dasar minyak pada umumnya, jangan gunakan minyak kelapa sebagai pelumas seks yang dibarengi dengan pemakaian kondom lateks, karena meningkatkan risiko kondom robek.

4. Lidah buaya

Banyak orang yang memelihara tanaman lidah buaya di rumah dan menggunakan gel kentalnya sebagai obat pereda luka bakar dan menyembuhkan luka. Apa yang banyak orang tidak tahu adalah bahwa lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelumas seks alami yang tidak menimbulkan masalah untuk tubuh Anda. Tanaman yang dikenal juga dengan nama aloe vera ini memiliki pH yang lebih rendah daripada air, sehingga pelumas berbasis lidah buaya dapat membantu menjaga kadar vagina Anda tetap sehat.

Lidah buaya juga dikenal sangat ringan, melembapkan, dan netral untuk semua jenis kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan tahun 2008 , dilansir dari Sexual Wellness News, menunjukkan bahwa lidah buaya terbukti secara efektif mengurangi peradangan kulit kelamin pada wanita dengan gejala kronis, berkat sifat antibakteri dan antiperadangannya.

Di samping itu, mengoleskan gel lidah buaya ke kulit secara teratur akan membantu untuk mengendalikan hilangnya elastisitas kulit. Hal ini disebabkan fakta sederhana bahwa lidah buaya mengandung tinggi vitamin C dan E, yang keduanya diketahui penting untuk kesehatan kulit dan juga membantu untuk meningkatkan kekencangan alami kulit, membuat kulit Anda lembut, kenyal, dan senantiasa lembap. Cukup pastikan gel lidah buaya Anda 100 persen aloe vera murni, dan tidak mengandung gula atau bahan tambahan buatan.

Ketika ragu saat dihadapi oleh beragam pilihan pelumas seks, alami maupun komersial, selalu lebih baik untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda atau terus bereksperimen dengan hati-hati. Hentikan penggunaan pelumas begitu Anda menunjukkan reaksi alergi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bukan Hanya Terasa Nikmat, Ini 3 Manfaat Orgasme untuk Kesehatan Kulit

Dibalik kenikmatannya yang sering dikaitkan dengan seks. Ternyata ada beragam manfaat orgasme yang baik untuk kesehatan kulit Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 17 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Hati-hati, Pelumas Seks Bisa Bikin Susah Hamil

Sedang mencoba hamil tapi belum berhasil juga? Hal ini kemungkinan disebabkan pelumas seks alias lubrikan yang membuat susah hamil.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesuburan, Kehamilan 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Banyak Pria Punya Fantasi Seks Bercinta Bertiga (Threesome)?

Pernah berkhayal bagaimana rasanya bercinta bertiga? Misalnya dengan dua wanita atau dua pria? Meski tabu, tak sedikit orang yang punya fantasi threesome.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Kena Infeksi Saluran Kemih?

Saat Anda atau pasangan memiliki infeksi saluran kemih, apakah artinya Anda berdua harus stop berhubungan seks? Cari tahu selengkapnya pada artikel ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Urologi Lainnya 7 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

masalah seks pada pria

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
cara masturbasi wanita

Panduan Masturbasi Aman untuk Perempuan, Bagaimana Caranya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
mengatasi patah hati

5 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
pasangan malu berhubungan intim

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit