6 Cara Oral Seks yang Sehat dan Aman

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagaimana cara oral seks yang sehat dan aman? Oral seks memang menjadi kenikmatan sendiri dalam variasi bercinta Anda dengan pasangan. Tapi tahukah Anda jika oral seks itu sering menajadi suatu penyakit?  

Mungkin beberapa dari Anda banyak yang belum tahu risiko kesehatan yang paling sering terjadi terkait dengan melakukan oral seks adalah penyebaran virus HPV (human papillomavirus) dan sarana langsung penularan penyakit menular seksual. Oral seks telah lama menyebabkan munculnya kanker leher rahim, kanker mulut, dan kanker tenggorokan. Untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai seks oral, silakan Anda simak penjelasan di bawah ini.

Risiko oral seks

Apa sih yang dimaksud dengan oral seks? Bagi yang belum tahu istilahnya, oral seks adalah aktivitas seks yang memberikan stimulan ke alat kelamin menggunakan mulut, lidah, gigi, atau bahkan tenggorokan. Sebuah studi di New England Journal of Medicine tahun 2007 baru-baru ini menyatakan, kanker tenggorokan dapat disebabkan oleh kegiatan oral seks seks, khususnya laki-laki yang tertular virus HPV dari wanita, yang sering kali tanpa sadar ditularkan melalui oral seks.

Risiko di atas bisa didapat tergantung seberapa banyak Anda bergonta-ganti pasangan, seberapa banyak benda dan hal yang menyentuh atau masuk kelamin Anda, dan juga seberapa kebal sistem imun tubuh Anda menghadapi virus-virus akibat kenikmatan oral seks tersebut.

Cara oral seks yang sehat dan aman

Menggunakan alat atau sesuatu yang mencegah masuknya kuman, dapat mengurangi risiko terkena penyakit menular seksual. Alat pengaman tersebut, contohnya antara lain kondom atau plastik lateks dental dam ditempatkan di atas vulva atau anus (untuk pria). Namun ingat, seberapa hebat pengamanan Anda terhada virus dan penyakit, tetap saja di dalam mulut manusia dan kelamin Anda atau pasangan, hidup miliaran bakteri. Untuk itu, ada sejumlah tips  dan cara oral seks ini bisa berlangsung aman dan tetap bisa dinikmati.

1. Mandi dan bersihkan kelamin Anda sebelum dan sesudah melakukan oral seks

Mandi bisa menimbulkan rasa segar. Mandilah pakai sabun dan bersihkan organ vital Anda sebersih mungkin, apalagi jika Anda memang menginginkan ada kegiatan seks lagi (penetrasi venis dan vagina) setelah itu.

2. Gunakan kondom

Oral seks dengan menggunakan kondom memang mengurangi sensasi nikmatnya menyentuh kulit kelamin langsung. Tetapi, cara seks oral yang sehat dan aman salah satunya adalah dengan menggunakan kondom. Apalagi bila Anda melakukanya bukan dengan pasangan tetap. Selain itu, saat oral seks menggunakan kondom, Anda juga bisa memanfaatkan variasi tekstur dan rasa yang dapat menambah nikmat kuluman Anda pada lawan jenis.

3. Gunakan pelumas

Untuk menghindari gesekan berlebih pada gigi, cobalah menggunakan pelumas saat melakukan seks oral. Pastikan Anda membaca bahan-bahan yang tertera di kemasannya. Jangan menggunakan pelumas atau kondom lateks berbasis minyak. Sebaliknya, pilihlah pelumas berbasis air. Atau silikon yang sekiranya aman jika berkontak langsung denga mulut dan kelamin. Anda juga dapat menggunakan pelumas untuk membuat dental dam lebih lentur dan tidak cepat rusak.

4. Jangan memaksa

Cara oral seks yang dilakukan wanita terhadap pria adalah dengan mengulum penis, biasanya dilakukan dengan memaksa penis masuk hingga wanita tersedak. Baiknya jangan paksakan hal itu, karena selain membuat tenggorokan wanita tidak nyaman, hal ini menjadi salah satu sumber virus atau bakteri menyerang langsung ke tenggorokan.

5. Lihat dan perhatikan luka atau kotoran sekecil apapun

Tubuh pasangan seks yang terlihat sehat dan bugar bukan jaminan alat vitalnya juga sehat dan bersih. Untuk pria dan wanita, sebelum melakukan seks oral baiknya lihat dulu secara jelas, apakah ada luka atau cairan lain, selain sperma dan cairan vagina, yang terdapat pada penis pasangan.

6. Sikat gigi dan kumur antiseptik

Setelah selesai melakukan oral seks, baiknya Anda maupun pasangan segera membersihkan area mulut dengan menggosok gigi dan berkumur menggunakan cairan antiseptik. Yang paling penting, perhatikan kondisi kesehatan Anda apakah bermasalah atau tidak setelah melakukan seks oral, dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke dokter perihal kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit