Yuk, Mulai Mencintai Diri Sendiri Dengan 5 Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 09/04/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Mencintai diri sendiri adalah tahapan awal untuk memulai kehidupan yang lebih bahagia. Sebelum Anda menyayangi orang lain dan lingkungan sekitar, mulailah terlebih dahulu menyukai diri sendiri. Tak perlu melakukan hal khusus yang merepotkan, Anda bisa mulai mencintai diri sendiri dengan berbagai cara dan kebiasaan sehat berikut ini.

Cara tepat mencintai diri sendiri 

Orang-orang biasanya menyebut “mencintai diri sendiri” dengan sebutan self-love. Nah, banyak dari kita yang belum mengetahui kalau terdapat beberapa rutinitas yang mampu membuat kita lebih bahagia dengan mengikuti apa saja tips mencintai diri sendiri.

1. Berolahraga

Bagaimana mau memulai mencintai diri sendiri jika tubuh kita saja diabaikan dan jauh dari kata sehat. Mulailah dengan cara meluangkan waktu untuk berolahraga, tidak usah lama-lama.

Entah itu mendaftar keanggotaan sebuah gym atau berolahraga di rumah, seperti yoga atau meditasi. Tubuh yang bugar pun dapat menjadi awal yang baik untuk mulai mencintai diri sendiri.

2. Meluangkan waktu tanpa gawai elektronik

Cara ini kemungkinan besar efektif agar Anda dapat mencari tahu apa yang dapat dilakukan tanpa harus melibatkan gawai Anda. Berikan waktu kepada diri Anda sendiri untuk beristirahat dari menatap layar ponsel atau laptop.

Hal ini dimaksudkan agar Anda berhenti sesaat dari aktivitas yang menguras pikiran, entah itu karena pekerjaan atau lingkungan sosial, sehingga dapat mengeksplor dan mencintai diri sendiri.

3. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Orang yang mencintai dirinya sendiri pasti tahu kapan meluangkan waktu dan mengembangkan dirinya sendiri. Walaupun sulit dilakukan di antara kesibukan yang bersinggungan satu sama lain, cobalah meluangkan waktu sekitar 5 menit, entah itu pada saat mandi, bepergian ke kantor, atau makan siang. Nah, berikut cara-cara yang dapat dilakukan ketika sedang sendirian untuk lebih mencintai diri sendiri.

  • Baca buku
  • Meneruskan hobi
  • Main teka teki silang atau sudoku
  • Menulis buku harian atau jurnal

4. Membereskan kamar

Membersihkan kamar yang jarang Anda bereskan mungkin bisa jadi salah satu cara untuk mencintai diri sendiri lewat penataan kamar. Biasanya, menata kamar dan isi lemari membuat suasana baru sehingga Anda lebih semangat.

Salah satunya adalah memilah barang yang jarang dipakai sehingga bisa didonasikan, seperti sepatu, pakaian, atau barang-barang yang memiliki aura negatif, misalnya barang dari mantan kekasih. Jangan terikat dengan masa lalu, kejarlah masa depan untuk kehidupan yang lebih baik.

5. Meluapkan isi hati

Jika Anda sedang mengalami sebuah kejadian yang memicu kesedihan, kemarahan, atau kebahagiaan. Jangan ditahan, meluapkan emosi menjadi salah satu cara untuk melepaskan penderitaan yang tertahan di diri Anda, entah itu dengan menulis atau media apapun yang membuat Anda nyaman.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak menahan untuk mengeluarkan isi hati, sehingga perasaan cinta terhadap diri sendiri pun bertambah karena terlepas dari perasaan bersalah yang tak mampu mengungkapkan sebuah emosi yang begitu mencekik diri Anda.

Sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencintai diri kita sendiri. Hanya saja, yang perlu diingat adalah membuat diri Anda menjadi prioritas utama bukanlah sikap egois, melainkan sebuah bentuk bahwa Anda mencintai diri sendiri, agar tahu bagaimana menyayangi orang lain dengan baik dan benar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Cara yang Patut Dicoba Saat Merasa Suntuk Dengan Rutinitas Saat Ini

Sering merasa tidak ada kemajuan dalam hidup dan tak tahu harus bagaimana? Coba simak tips jitu mengusir suntuk yang sedang terjadi di hidup Anda.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 04/04/2019 . 4 menit baca

Selain Perasaan Bahagia, Gali 8 Emosi Positif Ini di Diri Anda

Emosi positif bukan hanya bahagia. Ada banyak emosi positif yang perlu Anda tahu agar kualitas hidup meningkat. Apa saja emosi positif selain bahagia?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Psikologi 05/08/2018 . 4 menit baca

Jangan Biarkan Pikiran Negatif Mengganggu, Lakukan 4 Tips Ini Demi Menghilangkannya

Memang tidak mudah untuk bisa selalu berpikir positif, namun terlalu banyak dipenuhi oleh pikiran negatif juga bisa memengaruhi diri Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Psikologi 02/08/2018 . 4 menit baca

Ngotot Mengejar Kebahagiaan Justru Bikin Anda Tidak Bahagia

Tentu tidak ada salahnya untuk mencoba bahagia. Namun, jika terlalu memaksakan diri, Anda justru akan semakin menjauh dari kebahagiaan itu sendiri.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Psikologi, Fakta Unik 21/07/2018 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

rutinitas sehat agar produktif

Jalani 4 Rutinitas Sehat Ini di Pagi Hari Agar Lebih Produktif

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 03/06/2020 . 5 menit baca
eustress

Kebahagiaan Bisa Jadi Pereda Stres, Lho! Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020 . 6 menit baca
membenci diri sendiri

Mengapa Ada Orang yang Membenci Dirinya Sendiri? Plus Cara Menghentikannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 30/11/2019 . 6 menit baca
mengatur waktu punya bayi

Tak Lagi Repot, Ini 5 Cara Ampuh Mengatur Waktu Saat Punya Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 30/08/2019 . 4 menit baca