10 Trik Jitu Menghilangkan Rasa Canggung di Depan Orang Lain

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan

Seringkali kita “terperangkap” dalam situasi yang kurang menyenangkan sehingga membuat kita merasa canggung untuk bersosialisasi dengan orang lain. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa canggung tersebut?

Cara menghilangkan rasa canggung di depan orang lain

Merasa canggung, atau istilah bekennya socially awkward, sebetulnya cukup umum dialami banyak orang. Tidak perlu cemas Anda merasa sendirian, karena orang lain yang tampaknya sangat percaya diri pun sesekali pernah merasa canggung. 

Jika Anda sering merasa awkward di hadapan orang lain, tidak perlu jadi malu atau bahkan malah minder. Jangan pula biarkan rasa canggung memengaruhi perilaku Anda dan mendominasi pikiran sehingga membuat Anda tambah stres.

Canggung itu bukan karakter yang permanen dan sangat bisa dihilangkan. Dengan kata lain, orang yang tadinya sangat canggung bisa menjadi lebih percaya diri dan luwes saat bergaul dengan orang-orang di sekitar; asal tahu caranya.

Berikut beberapa cara paling manjur untuk menghilangkan rasa canggung yang bisa Anda praktekkan:

1. Bawa teman

Membawa teman untuk menghadiri satu acara bersama bisa jadi cara yang jitu untuk menghilangkan rasa canggung di hadapan orang banyak. Mengenalkan teman dapat membuat Anda merasa lebih nyaman untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Setidaknya dengan membawa teman, Anda bisa memulai pembicaraan dengan mengenalkan teman Anda tersebut ke tamu-tamu di acara tersebut. Saat suasananya juga terasa “basi”, Anda pun masih punya teman yang sudah dikenal dekat untuk sekadar mengobrol. 

2. Coba menjadi pendengar yang baik

Jika Anda tidak tahu harus basa-basi seperti apa, cobalah menjadi pendengar saja. Kebanyakan orang senang berbicara dan didengarkan, maka gunakanlah kesempatan ini untuk mendengarkan mereka.

Jadi ketika Anda diajak ngobrol oleh orang lain, dengarkan baik-baik apa yang ia sampaikan dan sesekali berikan komentar untuk membuat obrolan terus berjalan. Kalau Anda masih agak malu, cobalah bertanya dengan pertanyaan follow-up yang baik. Lambat laun, obrolan akan jadi terasa lebih luwes.

3. Selalu ingat nama!

Rasa canggung mungkin cenderung membuat Anda grogi dan malu saat harus berhadapan dengan orang lain. Merasa grogi juga mungkin membuat Anda justru tidak fokus pada inti obrolan dan apa yang akan Anda katakan setelahnya.

Namun di saat ini, tetap penting untuk fokus pada satu hal, yaitu setiap nama orang yang bercengkerama dengan Anda. Mengingat nama orang adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa canggung karena dengan begini, Anda akan lebih mudah untuk membuat interaksi tetap “hidup”.

Mengingat nama orang juga menandakan Anda berusaha terlibat dan menghormati orang-orang tersebut.

4. Selalu bersikap ramah 

Ketika Anda merasa canggung, kadang Anda mungkin akan tampak seperti orang yang “dingin”, agresif, atau malah justru banyak bicara karena grogi. Untuk itu, cobalah selalu tunjukkan etika dan manner yang baik.

Ingat bahwa di mana pun Anda berpijak, di situ langit dijunjung. Etika selalu penting untuk dijunjung di mana pun Anda berada, dan dengan siapa pun Anda berinteraksi. 

Ketika Anda menunjukkan sikap yang ramah dan etika yang baik, Anda akan lebih mudah bersosialisasi. 

5. Tidak semua orang memerhatikan Anda seperti Anda memerhatikan orang lain

Saat Anda merasa canggung dan grogi, tanpa sadar Anda jadi merasa “parno” seperti sedang diperhatikan oleh orang banyak. Namun, percayalah bahwa tidak semua orang begitu, dan tidak seburuk apa yang Anda pikirkan.

6. Tertawakan diri Anda sendiri

Ketika ada hal buruk terjadi, ini bukan kiamat. Banyak hal yang Anda khawatirkan sebenarnya tidak akan benar-benar terjadi.

Namun jika benar terjadi, itu bukan akhir dari dunia. Tertawakan saja! Humor adalah komponen yang vital dalam hidup. Semua orang melakukan hal aneh, dan Anda juga bisa membuat hidup Anda menjadi lucu. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik. Belajar menertawakan diri sendiri bisa menjadi hal yang melegakan.

7. Selalu ada kesempatan kedua untuk membuat first impression

Cara menghilangkan rasa canggung berikutnya adalah dengan selalu menanamkan pada diri sendiri bahwa setiap hari adalah hari yang baru.

Cobalah untuk melupakan kesalahan Anda di hari kemarin dan jangan menghukum diri Anda sendiri. Selanjutnya, Anda bisa belajar dari kesalahan dan move on.

8. Jangan terpengaruh oleh media sosial

Kehidupan orang tidak seindah foto yang diunggah di media sosial. Maka, baiknya Anda jangan terlalu sibuk berpikiran bahwa hidup orang lain lebih baik dari Anda; sebab belum tentu begitu pada kenyataannya.

Meski begitu, menghabiskan waktu melihat media sosial Anda dapat membantu Anda membangun kemampuan sosial yang baik.

9. Cari pengalaman baru

Mencari pengalaman baru juga bisa melepaskan Anda dari rasa canggung. Bahkan ketika Anda merasa kurang nyaman, Anda bisa belajar banyak mengenai diri Anda dari pengalaman baru tersebut.

10. Jadilah diri sendiri

Membangun rasa percaya diri membutuhkan latihan. Namun, untuk tips yang terakhir: ingatlah untuk selalu jadi diri Anda sendiri. Apabila Anda berusaha terlalu keras untuk menjadi orang lain agar diterima di lingkungan baru, orang lain tidak akan tahu diri Anda yang sebenarnya. Tidak menutup kemungkinan orang lain mungkin justru lebih menyukai sifat dan kepribadian Anda yang asli; tanpa dibuat-buat.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca