Makin Dewasa, Makin Susah Cari Teman? 3 Trik Ini Bisa Bantu Anda!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Usia 20-an adalah masa peralihan dari remaja menjadi orang dewasa. Pada usia ini, sebagian besar dari Anda pasti mengalami perubahan besar. Misalnya dari sekolah atau kuliah menjadi karyawan kantoran yang lebih serius dan tanggung jawabnya lebih besar. Sayangnya, manusia yang dikenal sebagai makhluk sosial di usia dewasa jadi lebih sulit untuk mendapatkan teman baru.

Sebuah penelitian untuk acara amal “Relate” di Inggris menemukan bahwa satu dari delapan orang dewasa tidak memiliki teman dekat sama sekali. Nah, bagaimana cara mendapatkan teman baru di usia yang tidak lagi remaja? Apakah masih ada kesempatan?

Kenapa menjalin pertemanan di usia dewasa lebih susah?

Dibanding anak-anak, orang dewasa cenderung lebih sulit untuk menjalin pertemanan dengan orang baru. Padahal, punya teman bukan saja memperluas jaringan kerja, tapi jadi tempat untuk mencurahkan suka dan duka. Bukan hanya itu, menjalin pertemanan juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada British Medical Journal menemukan bahwa pria dan wanita usia 45 tahun yang memiliki lebih dari 10 teman, kesehatan psikologisnya lebih baik saat menginjak usia 50 tahun dibanding orang yang memiliki sedikit teman.

Dilansir dari laman Huffington Post, Martin Burrow, konselor dari penelitian untuk acara amal “Relate” mengatakan, “Orang dewasa cenderung terjebak dengan karier, mengurus keluarga, dan perlu istirahat juga. Kondisi ini membuat mereka tidak memprioritaskan pertemanan.”

Kemudian, Dr. Kate Cummins, seorang psikolog di California, Amerika Serikat juga berpendapat bahwa saat dewasa pola pikir akan berubah karena otak sudah berkembang secara sempurna. Kondisi ini menyebabkan orang dewasa berpikir dua-tiga kali untuk menjalin pertemanan karena khawatir tidak cocok, tidak diterima, malu, dan sebagainya. Pola pikir ini berbeda dengan anak-anak yang melakukan sesuatu tanpa pikir panjang dan lebih tidak pilih-pilih teman.

Cara mendapatkan teman baru saat sudah dewasa

punya banyak teman

Jika Anda merasa kesepian dan ingin punya teman baru, jangan khawatir. Anda bisa mencoba banyak cara mendapatkan teman baru untuk mengusir rasa kesepian sekaligus meningkatkan kualitas hidup. Simak tips-tipsnya di bawah ini, ya.

1. Ikut komunitas

Jadwal kerja yang padat dan rasa lelah pasti membuat Anda jadi malas untuk berinteraksi dengan orang lain. Jangan salah, hal tersebut sebaiknya Anda jadikan sebagai tantangan, bukan halangan.

Berpatisipasi dalam sebuah komunitas memperbesar peluang Anda untuk memperluas pertemanan. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga bisa menambah pengalaman dan mengasah kemampuan Anda dalam bersosialisasi. Selain itu, Anda juga dijamin bertemu dengan orang-orang dengan minat dan passion yang sama.

2. Jangan menutup diri

Sudah bergabung dalam sebuah komunitas? Langkah selanjutnya adalah jangan menutup diri Anda. Selain kesibukan, “overthinking” atau kebanyakan pertimbangan juga membuat Anda menutup diri dan memperkecil peluang Anda untuk mendapatkan teman.

Terlalu sibuk memikirkan kecocokan atau khawatir tidak diterima, bisa membuat Anda enggan untuk menjalin pertemanan. Jika Anda pernah merasakan pengalaman berteman yang buruk di masa lalu, bukan berarti bahwa hal yang sama akan terulang kembali.

3. Menjaga silaturahmi

Setelah Anda punya banyak kenalan, tentukan mana saja yang cocok untuk benar-benar dijadikan teman. Mulailah perdalam hubungan Anda dengan orang tersebut lewat media sosial, bisa diawali dengan obrolan basa-basi atau sempatkan bertemu langsung di waktu luang Anda.

Semakin sering Anda berinteraksi, semakin terjalin pula hubungan pertemanan yang Anda inginkan. Yang terpenting adalah jaga komunikasi dan tali silaturahmi dengan satu sama lain.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sahabat dan Pacar Tidak Akur? Coba Hadapi Dengan 4 Cara Bijak Ini

Anda tentu ingin memiliki pasangan yang mudah berbaur dengan teman-teman Anda. Tapi apa jadinya kalau sahabat dan pacar justru tidak akur? Harus bagaimana?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 14 Maret 2019 . Waktu baca 5 menit

Belum Tentu Tulus, Cermati 3 Tanda Anda Hanya Dimanfatkan Orang Lain

Memiliki teman yang tulus tentu sebuah anugerah. Namun, bagaimana jika Anda ternyata hanya dimanfaatkan orang lain yang selama ini dianggap sebagai teman?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Psikologi 2 September 2018 . Waktu baca 3 menit

Menurut Penelitian, Punya Sahabat Sejati Sangat Penting Bagi Kesehatan Mental

Persahabatan sejak usia remaja bisa memengaruhi kesehatan mental Anda di usia dewasa. Ya, siapa sangka sahabat sejati Anda bisa jadi kunci bagi masa depan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 19 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit

Psst, Banyak Teman Belum Tentu Lebih Bahagia Daripada Punya Teman Sedikit

Banyak yang bilang punya banyak teman itu baik, sebab artinya relasi Anda luas dan Anda lebih bahagia. Eits, tunggu dulu. Apakah dugaan tersebut benar?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Juni 2018 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kesehatan sosial

Pengertian Kesehatan Sosial yang Ternyata Penting untuk Jiwa dan Raga

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 24 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
semakin tua teman semakin sedikit

Mengapa Semakin Tua Jumlah Teman Semakin Sedikit?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat olahraga bersama teman

Tak Hanya Membuat Suasana Lebih Asyik, Ini Manfaat Lain Olahraga Bareng Teman

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 1 September 2019 . Waktu baca 4 menit
menjaga silaturahmi bagi orang yang introvert

Jaga Pertemanan Tetap Hangat, Ini Tips yang Harus Dilakukan Si Introvert

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 29 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit