5 Produk Perawatan Pria untuk Mencegah Penuaan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Menjaga kesehatan kulit dengan melakukan berbagai perawatan itu penting. Bukan hanya wanita, pria juga harus rutin menjaga kulit dari paparan zat-zat yang bisa memicu penuaan dini pada kulit. Nah, bila Anda sedang mencari produk perawatan pria untuk mencegah penuaan dini, simak pilihan produknya di bawah ini.

Pentingnya produk perawatan pria untuk cegah penuaan

Tanda-tanda penuaan biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia lebih dari 30 tahun. Namun, pada beberapa kasus, penuaan terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 20 tahun. Salah satu tanda penuaan yang sering membuat banyak orang khawatir adalah penuaan pada kulit. Bukan hanya pada wanita, pria juga merasakan hal yang sama. Penuaan kulit ini bisa mengurangi penampilan dan tingkat kepercayaan diri Anda.

Meski penelitian membuktikan bahwa kulit wanita mengalami penuaan lebih dulu, sebagai pria, Anda tetap harus waspada. Penuaan kulit bisa terjadi kapan saja. Apalagi jika Anda terbiasa dengan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, jarang minum air putih, kurang tidur, dan sering minum alkohol. Selain itu, terlalu sering terpapar sinar matahari setiap hari juga bisa berdampak buruk pada kulit.

Tanpa perawatan dan gaya hidup yang sehat, risiko penuaan pada kulit jadi lebih besar. Anda tidak mau kulit tampak lebih tua daripada usia Anda seharusnya, kan? Untuk itu, coba beberapa produk perawatan pria khusus antiaging berikut ini agar kulit Anda tetap terlihat muda dan fresh.

Berbagai produk perawatan pria untuk mencegah penuaan

1. Krim malam dengan retinol

pelembap untuk kulit kering

Untuk mencegah penuaan pada kulit, krim malam dengan kandungan retinol menjadi pilihan terbaik. Dilansir dari Reader’s Digest, dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, MS, seorang ahli kesehatan dan penyakit dalam di New York mengatakan bahwa retinol merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit. Kolagen dan elastin adalah protein yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan cerah.

Seiring bertambahnya umur, produksi kolagen dan elastin cenderung melambat. Memakai krim malam yang mengandung retinol bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga bisa memperlambat penuaan kulit.

2. Serum vitamin C dan krim vitamin A

Dr. Antoni Calmon dari Dr. Dray Clinic di Paris mengungkapkan rutinitas pagi yang biasanya dilakukan untuk menjaga kulit tetap muda. Yaitu rutin menggunakan serum vitamin C pada wajahnya setiap pagi hari.

Dalam dua kali seminggu, serum vitamin C dapat diganti dengan krim vitamin A. Kedua vitamin ini diketahui dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit Anda menjadi lebih kencang.

3. Minyak esensial

manfaat minyak esensial

Bukan hanya sebagai aromaterapi, minyak esensial juga bisa digunakan sebagai produk perawatan pria. Dilansir dari Dr. Axe, ada beberapa minyak bisa Anda gunakan untuk mencegah penuaan. Misalnya jojoba oil, lavender oil, argan oil dan pomegranate seed oil.

Jojoba mengandung vitamin E, vitamin B kompleks, tembaga, dan zink. Kandungan jojoba oil tersebut bersifat antiradang yang dapat mengatasi kulit kering, keriput, garis-garia halus pada kulit, serta menjaga kelembapan kulit. Sementara, pomegranate seed oil, argan oil, dan lavender oil mengandung antioksidan yang kuat, seperti glutathione, katalase dan superoksida dismutase. Antioksidan tersebut dapat menjaga kulit dari radikal bebas, terutama sinar UV.

4. Krim tabir surya

Agar Anda aman dari paparan sinar UV, sebelum keluar rumah sebaiknya gunakan krim tabir surya. Krim ini melindungi sel kulit dari  kerusakan akibat paparan sinar UV. Rusaknya sel kulit dapat menyebabkan kerutan dan bintik hitam pada kulit. Anda bisa menggunakan krim tabir surya sebagai produk perawatan pria bersamaan dengan serum di pagi hari.

5. Krim mata dan tangan

perawatan kulit pria

Kulit tangan dan area bawah mata menjadi area kulit yang paling cepat mengalami kerutan dan kering. Untuk itu, gunakan hand cream dan eye cream sebagai pelembap kulit. Anda bisa menggunakan hand cream sesering mungkin sesuai kebutuhan. Sementara eye cream digunakan pada pagi dan malam hari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Agustus 14, 2018 | Terakhir Diedit: Juli 25, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca