4 Kelebihan Menstrual Cup Dibanding Pembalut

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Di Indonesia, menstrual cup masih jarang digunakan saat haid. Di samping penggunaannya yang tidak seringkas pemakaian pembalut, nyatanya masih banyak juga yang tidak mengetahui kegunaan silikon penampung cairan haid ini, yang mana telah teruji lebih baik daripada pakai pembalut. Baiknya, simak alasan mengapa menstrual cup lebih baik dari pembalut yang Anda biasa gunakan saat menstruasi.

Apa itu menstrual cup?

Menstrual cup adalah alat kesehatan yang bentuknya seperti corong minyak, dengan ukuran lebih kecil dan terbuat dari silikon berbahan aman untuk tubuh. Alat ini digunakan untuk “menadah” darah selama menstruasi, mirip dengan fungsi pembalut.

Biasanya, terdapat 2 ukuran menstrual cup: ukuran untuk yang sudah melahirkan dan ukuran untuk yang belum pernah melahirkan. Berbeda dengan pembalut dan tampon yang harus beli baru setiap kali haid, menstrual cup atau cangkir menstruasi ini cukup beli satu kali saja, karena satu buah menstrual cup bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, kira-kira sekitar 10 tahun, dan penggunaannya yang bisa dipakai berkali-kali.

Cara menggunakan menstrual cup hampir sama dengan penggunaan tampon. Anda perlu memposisikan diri senyaman mungkin, bisa dengan duduk, jongkok, atau salah satu kaki diangkat ke atas. Setelah itu, pegang ujung cangkir menstruasi ini dengan melipatnya seperti bentuk huruf U. Lalu, masukkan ke dalam vagina perlahan hingga ujungnya. Mudah, bukan?

shutterstock_214605787

Kenapa menstrual cup lebih baik daripada pembalut

1. Menstrual cup aman digunakan dan tidak menjadi sampah menumpuk

Berbeda dengan pembalut, menstrual cup nyatanya tidak mengandung bahan pemutih sepertii yang terdapat pada kandungan bahan pembalut. Selain itu, cangkir menstruasi ini juga bebas pewangi buatan yang mana terbuat dari bahan kimia. Area organ intim wanita yang sering terpapar bahan-bahan kimia, akan lebih rentan gatal atau bahkan iritasi pada permukaan vagina.

Selain bebas dari bahan kimia yang berbahaya bagi vagina, cangkir menstruasi ini terbuat dari bahan silikon yang aman. Nah, karena terbuat dari silikon, maka bisa digunakan lebih dari sekali. Pemakaian berulang ini tentunya bisa mengurangi produksi sampah rumah tangga tiap bulannya. Setidaknya, selain aman dan bisa digunakan berkali-kali, Anda juga turut membantu mengurangi bumi dari hasil sampah yang menggunung.

2. Anda bisa menyesuaikan ukuran sesuai kenyamanan

Banyak yang menganggap, pakai cangkir menstruasi bikin tidak nyaman karena harus melewati adegan menyelipkan silikon tersebut ke dalam vagina. Di awal pemakaian memang akan sedikit sulit, namun bukan berarti tidak bisa sama sekali jadinya. Anda hanya perlu melatih diri untuk memakai cangkir menstruasi tersebut.

Mengenai kenyamanan, Anda bisa mengubah ujung menstrual cup sesuai kenyaman. Pasalnya, ujung menstrual cup panjangnya ditentukan oleh kenyamanan pengguna. Fungsinya juga agar saat duduk, berjalan, berenang, atau beraktivitas, menstrual cup ini tetap akan terasa nyaman. Caranya, Anda bisa memotong ujung cangkir mentruasi sesuai ukuran dan rasa nyaman saat dikenakan.

3. Cuma butuh air untuk membersihkannya

Saat pakai pembalut, ketika membersihkannya Anda kadang butuh cairan pembersih serta air untuk membuat pembalut benar-benar bersih dan tidak meninggalkan noda darah sedikitpun. Dengan begitu, Anda akan membutuhkan sedikit usaha dan waktu untuk membersihkannya. Tapi berbeda jika pakai cangkir menstruasi, Anda hanya membutuhkan air untuk membersihkannya. Maka, pakai cangkir menstruasi nyatanya lebih ringkas dan mudah saat membersihkannya.

4. Tidak harus sering diganti

Keuntungan lain pakai menstrual cup yaitu tidak perlu cemas atau repot mengganti cup-nya seperti pakai pembalut atau pakai tampon.

Memang kadang wanita suka cemas, takut cairan keluar berlebih dan menimbulkan noda darah di area kelamin dan bokong. Tapi tenang, menstrual cup sifatnya adalah menampung, bukan menyerap. Masa menampung darah yang keluar juga terbilang cukup lama, sekitar 5-9 jam, tergantung seberapa banyak darah yang keluar. Setelah itu, Anda tak perlu menggantinya, melainkan cukup mengeluarkan cangkir menstruasi dari dalam vagina, mengosongkan isinya, membersihkannya dengan air, dan memasukkannya kembali ke dalam vagina.

Pada hari pertama Anda mungkin bisa membersihkan menstrual cup maksimal 4 jam sekali, dan akan berkurang semakin lamanya haid dan semakin sedikitnya darah yang keluar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca