Dalam Sebulan, Berapa Hari Normalnya Menstruasi Berlangsung?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Anda mungkin pernah merasa cemas saat menyadari siklus haid Anda bulan ini tampak berubah. Entah tiba-tiba berlangsung lebih lama hingga lebih dari seminggu, atau justru lebih pendek hanya beberapa hari. Anda pun jadi bertanya-tanya, memangnya berapa hari, sih, lama menstruasi yang normal itu? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Berapa lama menstruasi yang normal dalam sebulan?

Bila diperhatikan, panjang siklus dan lama menstruasi antara Anda dan teman Anda, atau bahkan dengan saudara kandung perempuan Anda sekalipun, bisa jadi berbeda. Anda mungkin biasanya mengalami haid selama 4-5 hari, namun teman Anda bisa sampai lebih dari 7 hari.

Hal ini dikarenakan banyaknya darah yang keluar selama menstruasi berbeda-beda pada setiap wanita. Semakin banyak darah yang keluar, maka kemungkinan haid Anda akan berlangsung lebih lama.

Dilansir dari Very Well Health, lama menstruasi yang normal berlangsung antara 3-7 hari. Sementara itu, siklus menstruasi normal rata-rata terjadi setiap 21-35 hari.

cara menunda haid

Haruskah khawatir bila haid saya terjadi lebih dari 7 hari?

Kembali lagi, hal ini tergantung dari volume darah yang keluar saat haid. Semakin banyak darah yang keluar saat menstruasi, maka biasanya haid akan berlangsung lebih lama.

Namun, ada juga wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur, baik dari panjang siklus maupun lama menstruasinya. Misalnya saja, bulan lalu Anda baru selesai menstruasi setelah 7 hari, sedangkan bulan ini haid Anda hanya berlangsung sekitar 3 hari saja.

Jangan buru-buru cemas dulu bila hal ini terjadi pada Anda. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita yang baru saja memasuki masa pubertas atau menopause.

Selain itu, ada banyak faktor lainnya yang juga memengaruhi panjang atau pendeknya menstruasi Anda setiap bulan. Di antaranya:

  • Penggunaan pil KB
  • Faktor gaya hidup, mulai dari pola makan yang salah atau jarang olahraga
  • Berat badan berlebih
  • Stres
  • Penyakit tertentu, seperti PCOS, penyakit tiroid, endometriosis, dan radang panggul.

Untuk mengetahui normal atau tidaknya lama menstruasi Anda selama ini, sebaiknya selalu catat jumlah hari setiap kali Anda haid. Kemudian, hitung rata-ratanya. Jika lama menstruasi berlangsung lebih dari 10 hari dan terjadi selama berbulan-bulan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca