Susu Kurma, Olahan Kurma yang Disebut Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Hampir semua masyarakat di Indonesia pasti mengenal kurma, buah yang dianggap mujarab untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan vitamin yang berlimpah. Bahkan, tidak sedikit orang yang mencampurkan buah yang memiliki banyak varian ini dengan susu. Lantas, adakah manfaat susu kurma untuk kesehatan tubuh?

Manfaat susu kurma untuk kesehatan

Sumber: Islam Pos

Sudah bukan rahasia umum lagi makan kurma sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama ketika dikonsumsi setiap hari. Sementara itu, susu pun mengandung khasiat yang sama.

Bayangkan, ketika susu dan kurma diolah, apakah khasiatnya akan bertambah atau justru tidak ada sama sekali?

Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.

Dengan campuran nutrisi dan vitamin yang ada pada keduanya, ini khasiat yang ditawarkan oleh susu kurma. 

1. Menjaga kesehatan jantung

fungsi otot jantung

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh susu kurma adalah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ternyata dapat menurunkan pemicu penyakit jantung

Mengonsumsi kurma salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan tekanan darah hingga menjadi stabil. Hal ini dikarenakan kurma kaya akan kalium, tetapi memiliki natrium yang cukup sedikit.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh mendorong natrium, sehingga pembuluh darah tidak begitu terganggu.

Selain itu, serat yang ada pada kurma pun juga membantu menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat. Normalnya, empat buah kurma mengandung 6 gram serat yang memenuhi lebih dari 30% nilai kebutuhan harian. 

Campuran antara susu yang menjadi sumber kalium untuk tubuh dengan kurma membuat keduanya bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membantu meringankan sembelit

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat susu kurma lainnya adalah membantu meringankan sembelit. Bagaimana bisa?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurma kaya akan serat. Apabila Anda mengalami sembelit, salah satu cara mengatasinya adalah makan makanan berserat.

Pasalnya, serat tidak sepenuhnya dapat dicerna, tetapi menahan air saat melewati usus Anda. Lalu, air tersebut akan melunakkan BAB dan membantu meringankan sembelit. 

Cobalah untuk mengambil 5-6 kurma dan tambahkan ke dalam susu Anda. Jangan lupa untuk mengolah susu ini dan biarkan hingga dingin. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam perut kosong pada pagi hari. 

Campuran susu dengan kurma akan memudahkan Anda untuk mendapatkan serat yang dapat membuat BAB lancar melewati usus. 

3. Susu kurma memperkuat tulang

menjaga kesehatan tulang

Seperti yang Anda ketahui bahwa konsumsi susu dapat memperkuat tulang. Namun, apakah susu kurma memiliki manfaat yang sama?

Jawabannya adalah iya. Baik susu dan kurma kaya akan kalsium. Bahkan, kurma juga mengandung selenium, tembaga, dan magnesium yang bersifat memperkuat tulang Anda. Tidak hanya tulang, kandungan nutrisi ini juga membuat gigi lebih kuat.

Kalsium dan magnesium bekerja sebagai pendorong agar tulang manusia lebih kuat. Selain itu, tubuh juga mengeluarkan kalsium setiap hari dan butuh membutuhkan yang baru untuk menggantikan kalsium yang hilang

Maka itu, susu kurma yang mengandung kalsium tinggi mungkin menjadi bisa Anda tambahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Baik untuk kesehatan kulit

vitamin untuk kulit agar selalu sehat

Siapa sangka konsumsi susu kurma ternyata bisa memberikan manfaat untuk kulit yang lebih cerah dan lembut. Menurut penelitian dari Scientific World Journal, kurma mengandung sifat anti penuaan, yaitu phytohormone.

Hormon ini dinilai dapat membantu mengurangi efek penuaan yang cukup berpengaruh. 

Sementara itu, ketika Anda akan memilih susu mungkin sering melihat label vitamin D pada kotaknya. Kenyataannya, hampir semua susu sapi UHT telah diperkaya oleh vitamin D. 

Kandungan vitamin D pada susu pun dapat membantu melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim. Maka itu, campuran susu dan kurma memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit. 

5. Menjaga kesehatan sistem saraf

gangguan otak dan sistem saraf

Kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium ternyata membuat manfaat susu kurma dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Ketiga nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya lewat sistem saraf. 

Terlebih lagi, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Oleh karena itu, konsumsi susu kurma menjadi alternatif yang baik untuk yang ingin sistem sarafnya tetap sehat. 

Manfaat susu kurma memang banyak dan sungguh berkhasiat bagi tubuh, terutama saat Anda menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kandungan nutrisi dan vitaminnya dapat Anda manfaatkan ketika sahur dan berbuka agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alasan Rasa Susu Sapi Organik Lebih Manis dan Khas

Selain lebih alami, susu sapi organik juga punya citra rasa yang lebih khas dibanding susu sapi biasa, lho! Bagaimana rasanya? Yuk, cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Konten Bersponsor
rasa susu organik lebih manis
Nutrisi, Hidup Sehat 28 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Tips Cerdas Memilih Susu Organik Terbaik Buat Anak

Susu organik aman dan sehat untuk anak. Namun, supaya anak mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan Anda tidak membeli produk organik sembarangan.

Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Konten Bersponsor
memilih susu organik untuk anak
Nutrisi, Hidup Sehat 27 Juli 2019 . Waktu baca 5 menit

Optimalkan Perkembangan dan Kesehatan Tulang Anak dengan Susu Organik

Selain lebih berkualitas dan alami, susu sapi organik ternyata baik untuk tulang anak. Yuk, ketahui apa saja manfaat susu organik untuk tulang di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Konten Bersponsor
manfaat susu organik untuk tulang anak
Nutrisi, Hidup Sehat 25 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Manfaat Susu Organik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

 Sejumlah penelitian bahkan menyebutkan bahwa susu organik memiliki potensi manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tak mudah sakit. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Konten Bersponsor
susu organik untuk daya tahan tubuh
Nutrisi, Hidup Sehat 24 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet susu risiko diabetes

Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
efek samping buah kurma

Makan Kurma Terlalu Banyak Ternyata Ada Efek Sampingnya, Lho!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 12 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan susu almond dan susu kedelai

Susu Almond vs Susu Kedelai, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
susu menetralkan alkohol dan narkoba

Bisakah Susu Menetralkan Alkohol dan Narkoba dalam Darah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 20 September 2019 . Waktu baca 4 menit