Yakin Sudah Kurangi Makan Gula? 5 Makanan Ini Diam-diam Mengandung Gula Tinggi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sekarang ini, banyak orang – mungkin termasuk Anda – yang berusaha untuk menghindari makanan yang manis dan mengandung gula tinggi. Tentu, hal ini bertujuan untuk mencegah risiko penyakit kronis, terutama penyakit diabetes mellitus.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa makanan yang mengandung banyak gula tanpa Anda sadari? Beberapa di antaranya malah ‘terlihat’ dan dianggap sebagai makanan sehat. Namun dari makanan tersebut, Anda justru jadi makan gula cukup banyak. Lalu apa saja yang diam-diam termasuk makanan tinggi gula?

Makanan tinggi gula yang mungkin tak Anda curigai

Menurut Kementerian Kesehatan Republik  Indonesia, konsumsi gula lebih dari 50 gram per hari akan meningkatkan risiko penyakit diabetes, stroke, penyakit jantung koroner, dan penyakit kronis lainnya. American Heart Association menganjurkan, makan gula lebih baik tak lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh untuk wanita per hari. sementara untuk laki-laki, anjuran makan gula hanya 38 gram atau setara dengan 9 sendok teh.

Selama ini mungkin Anda hanya berpikir jika gula hanya ada di dalam makanan manis seperti cokelat, kue kering, permen, dan makanan manis lainnya. Dan Anda sudah berusaha menahan diri dari semua makanan manis itu. Tetapi, tahukah Anda bahwa gula juga terdapat dalam makanan yang asin atau minuman yang sehat sekali pun?

Anda mungkin tidak menyangka bahwa makanan berikut malah membuat Anda berisiko untuk mengalami penyakit kronis. Apa saja makanan yang mengandung gula tersembunyi?

1. Yogurt yang tidak berlabel “plain”

Mungkin Anda berpikir jika yogurt adalah salah satu camilan yang sehat. Tidak salah, yogurt memang bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Tapi, hati-hati dengan kandungan gula di dalamnya. Di dalam yogurt yang berlabel rendah lemak saja terdapat gula sebanyak 17-33 gram.

Bila Anda ingin mengonsumsi yogurt, sebaiknya pilih yang rasanya plain karena kandungan gulanya cenderung lebih rendah.

2. Saus

Rasanya memang pedas, namun saus bisa jadi perusak diet Anda karena kandungan gulanya yang tinggi. Saat mengonsumsi ini mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda telah mengonsumsi banyak gula. Tidak percaya? Dalam satu sendok saus saja terdapat gula sebanyak 4 gram. Bayangkan berapa banyak saus yang Anda pakai sehari pada makanan Anda.

3. Salad dressing

Banyak yang mengandalkan salad sebagai menu makanannya ketika sedang melakukan diet sehat. Sehat sih, namun coba lihat nilai gizi pada kemasan salad dressing yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan dua sendok makan salad dressing sebagai campuran salad Anda, maka Anda telah mengonsumsi sekitar 7-10 gram gula. Coba hitung berapa banyak salad dressing yang Anda gunakan dan kandungan gula yang tanpa disadari telah dikonsumsi?

salad dressing yang paling sehat

4. Buah kaleng atau buah kering

Jika Anda sering mengonsumsi buah kering atau buah kalengan atau buah kering, Anda bisa saja memiliki risiko untuk terkena penyakit kronis lebih tinggi, kenapa? Di dalam satu buah kalengan saja terdapat gula sebanyak 39 gram. Sementara pada 400 gram buah kering terdapat 25 gram gula yang Anda tidak ketahui.

5. Jus buah kemasan

Siapa yang tak suka jus buah? Jus buah bisa jadi alternatif sumber serat harian Anda. Tetapi, hal itu tidak setara dengan kandungan gula yang ada di dalamnya. Dalam 35 ml jus apel, terdapat sedikitnya 39 gram gula atau sama dengan 10 sendok teh.

Bagaimana agar bisa menghindari makanan tinggi gula yang tak kita ketahui?

Tak hanya harus menghindari makanan manis saja, namun mulai sekarang, biasakan untuk membaca nilai gizi kemasan makanan atau minuman yang akan Anda beli. Lihat seberapa banyak gula yang terkandung di dalam makanan atau minuman tersebut. Anda juga bisa membandingkan kandungan gula pada beberapa produk yang sama.

 Terkadang, gula di dalam kemasan makanan tidak dituliskan sebagai ‘gula’. Gula juga ada nama lain seperti:

  • Sukrosa
  • Fruktosa
  • Sirup jagung
  • Dekstrosa
  • Maltosa

Bila melihat kandungan tersebut di dalam kemasan makanan, berarti makan tersebut mengandung gula dan bisa meningkatkan jumlah konsumsi gula harian Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit