Daftar Makanan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Sering merasa nyeri di daerah persendian? Hati-hati mungkin itu merupakan tanda-tanda Anda menderita asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar uric acid atau asam urat.  

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan kemudian hilang melalui urin. Tetapi, kadang tubuh menghasilkan asam urat dalam darah terlalu banyak, sehingga  ginjal hanya mampu melepaskan asam urat ke dalam urin dalam jumlah sedikit. Asam urat yang menumpuk di persendian apabila jumlahnya berlebihan bisa membentuk kristal urat

Kristal urat ini akan menumpuka pada persendian lalu menyebabkan nyeri, peradangan, dan juga bengkak. Untuk mengobati sekaligus mengatasi nyeri sendi ini, umumnya Anda akan diperingati dokter untuk menghindari makan makanan penyebab asam urat. Apa saja makanan pantangan untuk orang asam urat?

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Asam urat merupakan hasil dari pecahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah ada dihasilkan dalam tubuh Anda. Namun kandungan purin tambahan di dalam tubuh bisa didapat dari konsumsi makanan tertentu. 

Nah, makanan mengandung purin tinggi inilah  yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Bagi Anda penderita asam urat, jangan coba-coba untuk makan makanan yang tinggi purin. Dikhawatirkan setelah Anda makan makanan tinggi purin, asam urat Anda akan kambuh. 

Namun, ada juga beberapa makanan yang hanya dibatasi oleh penderita asam urat. Artinya, Anda masih boleh makan makanan ini tetapi hanya dalam jumlah sedikit dan dalam frekuensi yang jarang.

Makanan mengandung purin tinggi benar dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung tinggi purin. Makanan tersebut busa dikatakan penyebab asam urat apabila kadar purin dalam 100 gram makanan ini berkisar antara 150-800 mg. 

Maka dari itu, berikut adalah beberapa makanan pantangan dan juga tinggi purin yang harus dihindari karena bisa menjadi penyebab Anda terkena asam urat. 

1. Jeroan

Jeroan termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru memang rasanya enak. Khususnya oleh masyarakat di Indonesia, jeroan menjadi makanan sehari-hari.  Namun sayang, jeroan adalah makanan yang mengandung tinggi purin. 

Jeroan mengandung protein yang jika dipecah oleh tubuh akan menghasilkan banyak purin di dalam aliran darah. Misalnya, pada hati ayam sebanyak 100 gram saja mengandung 243 mcg purin. 

Jadi jelas konsumsi makanan jeroan yang dikonsumsi secara berlebihan adalah pantangan yang harus dihindari orang dengan asam urat.

2. Daging merah

Daging sapi, domba, dan juga kambing merupakan salah satu makanan penyebab asam urat naik. Daging tersebut  umumnya berwarna merah sebelum dan sesudah dimasak dan mengandung banyak purin. Menurut penelitian dari Jepang dari Biological and Pharmaceutical daging mentah umumnya mengandung lebih dari 100 mg / 100 g. Jumlah ini jelas tidak baik dikonsumsi, karena masuk dalam kategori tinggi purin. 

Menurut Lona Sandon, MEd, RD, dosen di University of Texas Southwestern Medical School di Dallas dari Everyday Health, orang asam urat masih bisa makan daging lain yang lebih sehat. Misalnya daging putih seperti ayam. 

Daging olahan juga tidak baik

Tidak hanya makanan yang terbuat dari daging segar saja yang harus dihindari saat asam urat. Daging olahan seperti sosis, salami, ham, nugget, dan juga bacon, misalnya, adalah makanan pantangan untuk orang asam urat. 

Daging olahan ini mengandung lemak jenuh yang dan natrium (garam yang sangat tinggi harus dihindari sebisa mungkin. Kandungan natrium yang terlalu banyak dapat membuat ginjal cepat rusak. Alhasil, ginjal tidak berfungsi dengan baik saat mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. 

Selain itu, perlu diketahui bahwa kandungan purin dalam makanan olahan jug cukup tinggi, sekitar 45,5–138,3 mg per 100 gram. 

Bahkan menurut penelitian yang  dikutip dari Medscape dan diterbitkan dalam Circulation mengatakan bahwa mereka yang asupan garam tinggi dapat menyebabkan keluarnya serum asam urat serum yang lebih tinggi juga. Selain asam urat semakin gampang kambuh, makan daging olahan juga bisa menambah Anda berisiko terkena hipertensi atau darah tinggi. 

3. Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, ikan mackerel, kerang, udang dan juga merupakan makanan pantangan untuk penderita asam urat. Makanan penyebab asam urat ini harus dihindari karena memiliki tingkat purin yang sedang hingga tinggi. 

Menurut sebuah penelitian dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, pria yang banyak makan makanan laut lebih berisiko memiliki kadar asam urat yang tinggi. Hal ini berlaku saat dibandingkan dengan pria yang jarang makan makanan hasil olahan laut. Meski demikian, ikan bukanlah makanan benar harus dihindari saat sedang terkena asam urat. Anda masih bisa mengonsumsi ikan yang lebih sedikit kandungan purinnya seperti ikan cod dan salmon.

Jangan lupa, imbangi makan ikan dengan makan makan diimbangi dengan seporsi besar sayuran seperti tumis brokoli dan perasan lemon. ini  karena jus lemon punya efek yang dapat membantu menetralkan asam urat sedangkan brokoli adalah sayuran rendah purin.

4. Minuman manis 

Minuman manis umumnya mengandung gula fruktosa. Fruktosa adalah salah satu bahan dari daftar makanan dan minuman penyebab asam urat. Pada dasarnya, fruktosa atau minuman manis tidak mengandung purin. Namun, tubuh Anda memecah fruktosa dan menghasilkan  purin. 

Menurut sebuah penelitian dari BMJ Open, minum minuman bersoda yang dibuat dengan sirup jagung fruktosa berisiko tinggi mengalami asam urat. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa pria yang minum lebih dari 2  porsi soda per hari berisiko terkena asam urat 85%. Ini berlaku dibanding dengan pria yang hanya minum 1 gelas atau porsi minuman manis dalam sebulan. 

5. Alkohol 

Sama dengan minuman manis, alkohol adalah zat yang masuk dalam daftar makanan dan minuman pantangan untuk asam urat. Salah satu minuman beralkohol  yang dapat menjadi penyebab asam urat adalah bir. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2014 dari Boston University School of Medicine orang yang minum bir rentan punya kadar asam urat dalam darah yang tinggi. Semakin banyak alkohol yang diminum seseorang, semakin besar risikonya, kata para peneliti.

6. Makanan berlemak 

Makanan berlemak adalah salah satu pantangan karena bisa menjadi penyebab asam urat. Pasalnya, dikutip dari Arthritis Foundation, makanan berlemak bisa membuat berat badan bertambah dan serangan asam urat berisiko terjadi. 

Semakin berat tubuh Anda, semakin sulit tubuh Anda menghilangkan asam urat menurut Hyon Choi, MD, PhD, dosen kedokteran di Harvard Medical School di Boston.

Ini karena saat tubuh terlalu gemuk, pembuangan asam urat oleh ginjal akan melambat. Alhasil, peningkatan kadar asam urat ini akan memicu munculnya serangan karena krsital urat yang otomatis ikut menumpuk. 

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca