Apel, Pir, Jam Pasir: Mana Bentuk Tubuh Anda?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ada lima bentuk tubuh wanita yang paling umum, yaitu bentuk jam pasir, lurus, buah pir, apel, dan segitiga terbalik. Tentu saja ada beberapa wanita yang tidak termasuk ke dalam kategori ini.

Bisa jadi bentuk badan Anda mungil atau besar. Tulang kecil atau tulang besar. Berdada besar, sedang, atau kecil. Anda mungkin memiliki pinggul yang tinggi. Badan Anda langsing, berbentuk, atau gemuk atau bahkan kelebihan berat badan. Daftarnya masih akan terus bertambah. Nah, karena berbagai faktor tersebut, Anda sering kali bingung menentukan yang mana bentuk tubuh Anda. Tenang, artikel berikut ini mungkin akan membantu memahami bentuk tubuh Anda sendiri. Penasaran?

Cara menentukan bentuk tubuh wanita

Jika Anda masih kebingungan menentukan kategori tubuh Anda, coba lakukan hal-hal berikut:

Mundur beberapa langkah dari cermin, dan amati keseluruhan bentuk tubuh Anda. Lakukan ini saat telanjang. Pasalnya, memakai pakaian dalam pun bisa menutupi tubuh asli Anda. Misalnya saja mengenakan celana dalam model boy shorts bisa menekan bentuk pinggul dan membuat bokong Anda terlihat lebih berisi.

Sekarang, fokuslah pada bentuk torso badan Anda. Bentuk torso adalah apa yang Anda lihat dari sepanjang tulang rusuk Anda sampai turun ke pinggang. Inilah yang akan menentukan bentuk tubuh Anda secara keseluruhan.

Membedakan berbagai jenis dan tipe bentuk tubuh wanita

Banyak yang mengkategorikan tubuh ke dalam beberapa jenis seperti jam pasir, segitiga, apel, dan pir. Bentuk jam pasir (dada besar, pinggang kecil, dan pinggul besar) dianggap sebagai bentuk tubuh yang ideal bagi wanita. Tidak heran bila dari industri-industri kecantikan berusaha mencari wanita yang memiliki bentuk jam pasir.

Namun sayangnya tubuh berbentuk jam pasir tidaklah realistis. Dalam dunia medis, terdapat dua bentuk tubuh yang sudah diteliti lebih lanjut mengenai keterkaitannya dengan kesehatan, yaitu bentuk apel dan bentuk pir.

bentuk tubuh apel dan pir
Bentuk tubuh apel dan pir. (Sumber : Mayo Clinic)

1. Bentuk apel

Penampilan Anda bulat dari atas bokong hingga dada, namun kaki cenderung lebih kurus.. Lekukan pinggang Anda kurang terlihat atau bahkan tidak terlihat, karena pinggang cenderung lurus hampir sejajar dengan lebar pinggul. Ukuran lingkar dada, lingkar pinggang, dan lingkar pinggul biasanya hampir sama.

Efeknya pada kesehatan: Pemilik bentuk tubuh apel cenderung memiliki bagian atas tubuh (dada, lengan, perut) yang tebal berisi, sedangkan bagian bawah (bokong dan kaki) cenderung kecil. Penumpukan lemak di bagian tengah tubuh ini meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, dan sebagainya, jika Anda membiarkan perut Anda terus membuncit. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat dan aktif untuk menghindari risiko ini.

2. Bentuk pir

Anda memiliki ukuran pinggang yang kecil, namun pinggul lebar. Ukuran lingkar pinggul Anda lebih lebar dari lingkar dada dan bahkan lingkar bahu. Meski terlihat ramping di bagian atas tubuh (dada dan lengan), paha dan bokong Anda biasanya terlihat bulat dan padat, dan setiap berat badan bertambah, yang terlihat lebih gemuk biasanya adalah bagian bawah tubuh. Anda mungkin memiliki bentuk kaki yang pendek/padat/atau berotot.

Efeknya pada kesehatan: Sama seperti pemilik bentuk tubuh apel, wanita yang memiliki bentuk tubuh pear berisiko tinggi terkena berbagai jenis penyakit di kemudian hari jika tidak berusaha untuk mengontrol berat badannya. Studi terbaru menunjukkan bahwa lemak yang tersimpan di paha dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca