Rata-rata, Anda bekerja selama 8-10 jam sehari dalam 5 hari seminggu, atau bahkan lebih. Dengan kata lain, Anda diharapkan untuk menampilkan performa terbaik sekitar 40 sampai 50 jam seminggu! Akibatnya, sebagian besar pekerja kantor lebih suka makan “makanan yang cepat dan gampang” untuk menghemat waktu. Hal inilah yang cenderung menyebabkan kebiasaan makan tidak sehat di tempat kerja.

Anda harus tahu bahwa apa yang Anda konsumsi memiliki pengaruh besar pada kerja fungsi otak Anda. Berbagai jenis makanan dapat mempengaruhi ingatan, konsentrasi, dan bahkan suasana hati Anda.

Para peneliti menunjukkan bahwa unsur tertentu dari makanan bertanggung jawab pada produksi neurotransmitter yang memungkinkan otak untuk beroperasi dengan kinerja tinggi. Jika pola makan Anda tidak memiliki salah satu dari elemen-elemen ini, otak Anda mungkin akan menderita.

Apa saja makanan yang bisa memicu kinerja otak yang lebih baik?

Untuk mengoptimalkan produktivitas otak Anda, Anda harus memasukkan jenis makanan ini ke dalam menu Anda sehari-hari.

1. Air

Air adalah unsur kehidupan. Anda mungkin sudah tahu bahwa 70% dari tubuh kita terdiri dari air. Banyak orang mungkin sudah tahu rekomendasi untuk minum minimal 2 liter air sehari, tapi tidak semua orang melakukannya.

Semua fungsi tubuh tergantung pada air agar bisa berfungsi dengan baik. Air pada tubuh berfungsi bak minyak bagi mesin. Jika Anda tidak minum cukup air sepanjang hari untuk mengisi cairan yang hilang, otak Anda akan menanggung konsekuensinya.

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Ini adalah hal terakhir yang Anda inginkan saat bekerja. Sebaliknya, pastikan untuk mendapatkan banyak air sehingga Anda dapat bekerja dengan pikiran yang jernih dan tetap produktif.

2. Salmon

Salmon mengandung omega-3, yang terbuat dari asam eicosapentaenoic (EPA) docosahexaenoic acid (DHA). Ini adalah asam lemak yang juga ditemukan dalam otak kita. Penelitian telah menunjukkan omega-3 memiliki banyak manfaat yang dapat membantu meningkatkan otak Anda.

Omega-3 melindungi otak dan mencegah peradangan. Tingkat DHA yang rendah telah dikaitkan dengan risiko tinggi terkena penyakit Alzheimer dan kehilangan ingatan. Dalam studi terbaru, omega-3 juga dapat membantu mengatur gangguan suasana hati. Makan salmon mungkin tidak hanya membuat Anda bekerja lebih baik tetapi membuat Anda lebih bahagia juga.

3. Buah dari keluarga berry

Buah berry kaya akan anti-oksidan, yang dapat melindungi otak Anda dan meningkatkan memori Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan kinerja otak Anda. Yang termasuk buah-buahan berry di antaranya stroberi, blueberry, mulberry, dan ceri.

Buah-buahan ini dapat membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson di masa depan. Secara umum, semakin gelap buah berri, semakin tinggi kandungan anti-oksidannya. Ini berarti produktivitas akan lebih meningkat.

4. Alpukat

Apakah sudah musim alpukat? Lain kali Anda berpikir untuk ngemil, cobalah buat smoothie dari alpukat. Alpukat kaya akan asam lemak yang disebut asam oleat, membantu meningkatkan otak Anda dengan menciptakan sebuah mantel isolasi di sekitar otak yang dikenal sebagai mielin.

Mielin membantu perjalanan dan proses informasi pada kecepatan hingga 200 mil per jam. Saraf tanpa mielin dapat memperlambat kemampuan otak Anda.

Makanan lain yang mengandung asam oleat yaitu kacang almond, kacang pecan, dan kacang mete. Makanan ini mengandung lemak baik yang membantu Anda berpikir lebih cepat.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang baik akan vitamin E dan asam lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan otak dan juga dapat menyeimbangkan mood Anda.

Tambahkan satu ons walnut, hazelnut, kacang Brasil, filberts, almond, kacang mete, kacang, biji bunga matahari, biji wijen, biji rami, dan mentega kacang unhydrogenated seperti selai kacang, mentega almond, dan tahini setiap harinya. Dipanggang atau dalam bentuk mentah tidak masalah. Jika Anda melakukan diet rendah sodium, Anda harus memilih kacang tanpa garam.

6. Pisang

Anda membutuhkan energi untuk tetap produktif dan pisang adalah camilan termurah dan paling efektif untuk Anda. Meskipun pisang tidak termasuk buah-buahan yang besar, pisang memiliki cukup kalori untuk memberikan energi bagi mereka yang telah bekerja selama berjam-jam.

Satu buah pisang mengandung sumber terbaik glukosa, yang digunakan tubuh untuk energi. Satu buah pisang juga mengandung jumlah harian glukosa yang dibutuhkan tubuh Anda. Ini adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada jajanan di luar, yang biasanya dikemas dengan karbohidrat dan gula olahan.

7. Cokelat hitam

Jika Anda menyukai cokelat, Anda akan senang mengetahui bahwa cokelat hitam alias dark chocolate juga dapat meningkatkan kerja otak Anda. Satu studi menunjukkan bahwa setelah 5 hari mengonsumsi cokelat (cokelat asli, bukan olahan), ada peningkatan aliran darah ke otak.

Meningkatnya aliran darah memberikan lebih banyak oksigen ke otak Anda, yang mengarah pada peningkatkan produktivitas otak. Cokelat hitam tinggi akan flavonoid, yang merupakan antioksidan. Hal ini juga menunjukkan dapat meningkatkan mood. Lain kali, saat Anda makan cokelat hitam janganlah merasa bersalah. Anda membantu otak Anda.

8. Bayam

Bayam adalah cara yang bagus untuk meningkatkan otak Anda. Bayam memiliki folat tingkat tinggi dan vitamin K, yang nutrisinya penting bagi otak Anda. Folat, juga dikenal sebagai asam folat, adalah vitamin B yang membantu melindungi saraf Anda dari kerusakan. Hal ini mencegah keterlambatan ketika pesan dikirim ke otak Anda.

Vitamin K telah terbukti terkait dalam meningkatkan memori dan aktivitas otak. Hal ini dapat memperlambat proses penurunan kognitif yang didasari oleh faktor usia dan mencegah penyakit Alzheimer. Manfaat lain bayam yaitu membantu detoksifikasi liver Anda. Hal ini membuat darah Anda bersih dan otak Anda sehat.

Tidak hanya bayam yang memiliki nutrisi untuk meningkatkan kerja otak. Semua sayuran berdaun hijau juga memiliki nutrisi yang sama. Termasuk termasuk kale, swiss chard, dan sayuran berdaun merah dan hijau. Lain kali Anda berpikir tentang apa yang harus Anda makan untuk makan siang, pertimbangkan untuk mengonsumsi salad. Otak akan berterima kasih kepada Anda.

9. Buah bit

Bit adalah cara lain untuk meningkatkan kekuatan otak Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa nitrat alami dalam bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan kinerja mental. Para peneliti di Translational Science Center menemukan bahwa memberi dosis harian jus bit pada orang lanjut usia membantu untuk meningkatkan aliran darah ke area otak yang berhubungan dengan demensia.

Jika Anda tidak suka rasa jus bit, Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke makanan Anda. Anda dapat menambahkannya ke salad atau sup. Bit juga baik untuk dikonsumsi sendiri.

10. Gandum utuh (whole wheat)

Seperti segala sesuatu dalam tubuh Anda, otak tidak bisa bekerja tanpa energi. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus berasal dari pasokan energi yang memadai, dalam bentuk glukosa dalam darah kita ke otak.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, pilihlah gandum dengan indeks glikemik rendah. Pilih sereal gandum, beras merah, roti gandum, dan pasta berwarna cokelat. Otak Anda akan mendapatkan manfaat dari pilihan cerdas Anda.

Kesepuluh makanan ini dapat ditemukan di pasar setempat dan dapat dengan mudah disiapkan. Jika Anda adalah seorang profesional yang pekerjaannya membutuhkan dorongan produktivitas, maka Anda harus benar-benar membuat makanan ini menjadi kebiasaan dan menggabungkannya dalam diet Anda.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca