Tanda-tanda yang Muncul Saat Anda Harus Segera Ganti Produk Skin Care

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Memilih produk skin care yang tepat untuk kulit wajah memang tidak semudah yang kita pikirkan. Dibutuhkan proses yang panjang dan lama untuk akhirnya bisa menemukan kombinasi skin care yang cocok untuk kulit Anda. Nah, apa saja tanda-tanda yang menunjukkan kalau kulit “menolak” dan Anda harus ganti produk skin care yang sedang digunakan?

Tanda-tanda Anda harus ganti produk skin care

Reaksi yang muncul ketika kulit Anda tidak membutuhkan atau tidak cocok dengan produk tertentu cukup beragam. Mulai dari timbul jerawat, kering, atau malah tidak ada perubahan sama sekali. Berikut penjelasannya.

1. Muncul jerawat dengan kondisi yang semakin memburuk

pustula jerawat bernanah
Sumber: Media Allure

Sebelumnya, perlu Anda ketahui kalau kulit berjerawat bukan selalu tanda bahwa Anda harus buru-buru ganti skin care.

Kalau kulit Anda berjerawat setelah memakai suatu produk, itu tandanya kulit sedang bereaksi terhadap bahan aktif yang terdapat di produk tersebut. Proses ini dikenal dengan purging.

Dikutip dari Healthline, proses purging mempercepat pergantian sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit yang baru akan terbentuk dan kondisi kulit terlihat lebih baik dari sebelumnya.

Anda mungkin akan mengalami proses ini ketika menggunakan produk dengan bahan aktif tertentu, seperti retinoid, AHA, atau BHA.

Akan tetapi, bagaimana jika ternyata jerawat yang muncul adalah reaksi akibat tidak cocok dengan produk tersebut?

Yang membedakan jerawat purging dan jerawatan biasa karena tidak cocok dengan skin care tertentu adalah lama munculnya jerawat, serta lokasinya.

Apabila jerawat muncul di area wajah di mana Anda sering mengalami breakout, dan jerawat lebih cepat hilang dari biasanya, itu berarti Anda mengalami purging.

Namun, jika jerawat tumbuh di area wajah yang tidak pernah mengalami breakout, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk matang hingga mengecil, itu tandanya Anda harus ganti produk skin care yang Anda gunakan.

2. Kulit mengalami iritasi

penyebab wajah merah

Tanda lain yang menunjukkan bahwa Anda sebaiknya segera ganti produk skin care adalah muncul iritasi pada kulit. Dalam dunia kesehatan, kondisi ini disebut dengan dermatitis kontak iritan.

Dermatitis kontak iritan terjadi ketika kulit mengalami iritasi akibat paparan zat kimia tertentu. Beberapa tanda yang harus Anda waspadai adalah kemerahan, kulit kering, sensasi terbakar, hingga kulit mengelupas.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Iritan atau zat kimia yang terdapat di produk skin care tertentu, bisa jadi bersifat terlalu keras, sehingga minyak alami yang terdapat di permukaan terluar kulit dapat menghilang.

Kondisi ini biasanya terjadi apabila Anda sudah menggunakan produk perawatan kulit tertentu dalam jangka waktu lama. Kalau hal ini terjadi pada Anda, jangan tunda lagi.

Ini bisa jadi tanda yang cukup jelas bahwa Anda perlu ganti skin care Anda dengan bahan-bahan yang lebih lembut.

3. Muncul reaksi alergi pada kulit

Bila dalam waktu 12-72 jam setelah pertama kali memakai skin care Anda merasakan tanda-tanda seperti gatal, bengkak, kulit terlalu kering, tertarik, serta mengelupas, bisa jadi itu reaksi alergi.

Kondisi ini juga dikenal dengan dermatitis kontak alergi.

Sedikit berbeda dengan dermatitis kontak iritan yang baru muncul dalam jangka panjang, tanda-tanda alergi biasanya membutuhkan waktu lebih singkat untuk timbul.

Nah, baik reaksi alergi maupun iritasi biasanya disebabkan oleh bahan-bahan tertentu yang terdapat di produk perawatan wajah. Zat-zat yang paling sering menyebabkan reaksi tersebut adalah:

  • Paraben
  • Imidazolidinyl urea
  • Quaternium-15
  • DMDM hydantoin
  • Phenoxyethanol
  • Methylchloroisothiazolinone
  • Formaldehyde

Jadi, kalau Anda mengalami tanda iritasi atau alergi dan menemukan bahan-bahan tersebut di produk yang Anda pakai, jangan ragu untuk ganti ke produk skin care lain, ya.

4. Sudah lama pakai produk skin care, tetapi tidak ada perubahan yang terjadi

kerutan di wajah

Pernahkah Anda memakai produk skin care yang justru tidak memberikan perubahan apapun pada kulit? Itu juga menjadi tanda Anda sebaiknya segera ganti produk skin care tersebut.

Misalnya, kandungan salicylic acid yang terdapat di produk khusus jerawat ternyata tidak selalu bekerja pada semua jenis jerawat.

Jika jerawat Anda tidak kunjung hilang setelah memakainya, cobalah alternatif lain dengan fungsi serupa seperti retinol, sulfur, atau tea tree oil.

Kemungkinan lainnya, produk skincare tersebut tidak mengandung bahan aktif yang cukup.

Beberapa produk skincare biasanya memiliki kadar bahan aktif yang tidak terlalu tinggi, sehingga kulit Anda tidak menunjukkan reaksi apapun selama pemakaiannya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 14, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 12, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca