5 Kiat Mujarab untuk Membantu Mengatasi Jerawat di Bibir

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Jerawat bisa muncul di mana saja termasuk di bibir. Selain mengganggu penampilan, jerawat di bibir juga cenderung perih dan terasa nyeri. Untuk mengatasi jerawat di bibir ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ulasannya.

Cara mengatasi jerawat di bibir

Berikut berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi jerawat yang muncul di sekitar garis bibir, yaitu:

1. Mengompres hangat dan dingin

kompres es dingin
Sumber: Health Ambition

Kompres hangat dua kali sehari membantu mengeluarkan minyak atau kotoran yang menyumbat pori-pori. Selain itu, kompres hangat juga bisa membantu mengeringkan nanah dan mengurangi rasa sakit serta kemerahan jika jerawat Anda sudah terinfeksi.

Sementara itu ,kompres dingin membantu meringankan pembengkakan dan kemerahan pada jerawat. Kompres dingin juga membantu menghilangkan rasa sakit. Anda bisa mengompres jerawat dengan air es selama satu menit sebanyak dua kali sehari untuk mengurangi peradangan.

2. Gunakan benzoil peroksida

krim racikan dokter

Benzoil peroksida membantu membunuh bakteri penyebab jerawat di bibir Anda. Biasanya, benzoil peroksida tersedia dalam berbagai produk dari mulai pembersih wajah hingga krim. Anda juga bisa membeli produk ini secara bebas di apotek tanpa resep dokter. Gunakan produk sesuai petunjuk untuk membantu mengempeskan dan mencegah kemunculannya di lain waktu.

3. Mengoleskan minyak jarak

minyak jarak adalah

Dikutip dari Healthline, minyak jarak bisa membantu menghilangkan jerawat di bibir. Minyak jarak termasuk pelembap alami yang mengandung asam risinoleat yang memiliki sifat antiradang. Penelitian di tahun 2015 menemukan fakta bahwa gel yang mengandung asam risinoleat dan dioleskan ke kulit bisa membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

4. Buat ramuan pasta kunyit

manfaat kunyit untuk pencernaan kunyit putih, manfaat kunyit asam, manfaat jamu kunyit, masker kunyit, manfaat kunyit untuk wajah

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat pasta kunyit dengan menambahkan air ke dalam 1 sendok teh bubuk kunyit. Kemudian, oleskan pasta kunyit ke bagian kulit yang berjerawat hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari.

5. Mengandalkan madu

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dari berbagai sumber, madu mengandung sifat antimikroba yang bisa mengatasi masalah kulit termasuk jerawat. Untuk itu, Anda bisa mengoleskan madu murni atau Manuka ke bagian kulit yang berjerawat dan mendiamkannya semalaman.

Berbagai cara rumahan dapat dilakukan untuk mengatasi gejala jerawat di bibir. Namun Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter jika jerawat Anda tidak kunjung sembuh.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca