Kebiasaan Sehat untuk Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto

Hilangnya jerawat bukan berarti masalah selesai. Bisa jadi, jerawat menyisakan bekas kemerahan atau membuat kulit menghitam. Kalau sudah begini, Anda tentu mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Tanpa Anda sadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu Anda menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat. Ini dia beberapa kebiasaan baik untuk menuntaskan masalah noda jerawat.

Kebiasaan yang dapat menghilangkan bekas jerawat

Tak dipungkiri, adanya bekas jerawat dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Itu sebabnya, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tak perlu dengan cara yang rumit, beberapa kebiasaan berikut ternyata dapat berguna untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Mencuci wajah secara rutin

Memiliki kebiasaan mencuci wajah secara rutin adalah salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Rutinitas ini dapat membantu Anda menjaga kebersihan wajah.

Dengan cuci muka secara rutin, Anda dapat mengangkat kulit mati. Anda juga terhindar dari perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi pada bekas jerawat. Dengan begitu, bekas jerawat Anda tidak semakin memburuk dan akan lebih mudah hilang.

2. Tidak menyentuh wajah langsung dengan tangan

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang mudah terpapar bakteri. Tidak menyentuh wajah dengan tangan dapat meminimalkan terjadi peradangan kembali pada bekas jerawat dan mencegahnya terhadap infeksi.

Dengan begitu, bekas jerawat yang sudah ada tidak akan memburuk dan dapat berangsur membaik.

3. Cukupi asupan air

Kebiasaan ini mungkin tidak dapat menghilangkan bekas jerawat secara langsung. Namun, kebiasaan baik ini sangat berperan untuk kesehatan kulit Anda.

Biasanya, setelah jerawat hilang, muncul beberapa masalah, seperti kulit kering akibat pengobatan jerawat yang dilakukan sebelumnya atau munculnya bekas jerawat. Minum air dapat jadi salah satu cara merawat wajah setelah jerawat sembuh.

Bekas jerawat yang tertinggal pada wajah terkadang menimbulkan peradangan. Kulit yang kering atau tidak terhidrasi lebih rentan mengalami inflamasi.

Itu sebabnya, pastikan Anda meminum 8 gelas air setiap hari agar kulit tetap terjaga kelembapannya. 

4. Rutin makan buah dan sayur

Selain baik untuk tubuh, makan buah dan sayur setiap hari juga merupakan kebiasaan yang turut bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Sayur dan buah, seperti alpukat, brokoli, lemon, dan tomat, diketahui sebagai salah satu tips alami penyembuhan bekas jerawat.

Vitamin C yang terkandung dalam alpukat dan brokoli mengandung antioksidan penting yang mampu memproteksi kulit dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mencegah kulit kering dan kasar pada bekas jerawat.

5. Menggunakan gel penghilang bekas jerawat

Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Umumnya, bekas jerawat menimbulkan hiperpigmentasi dan meninggalkan warna yang lebih gelap setelah jerawat sembuh.

Hiperpigmentasi pada bekas jerawat bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan membuat kulit wajah jadi tidak rata. Dalam beberapa kondisi, bila teriritasi, bekas jerawat ini bisa mengalami peradangan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73).

Ketiganya memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang memiliki tiga kandungan ini juga punya kemampuan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan gel, pastikan Anda memiliki kebiasaan untuk mengoleskannya 2-3 kali sehari. Hal itu dapat mempercepat pudarnya bekas jerawat.

Jangan lupa, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh muka Anda untuk mengoleskan gel penghilang bekas jerawat ini.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca