Kebiasaan Sehat untuk Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Hilangnya jerawat bukan berarti masalah selesai. Bisa jadi, jerawat menyisakan bekas kemerahan atau membuat kulit menghitam. Kalau sudah begini, Anda tentu mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Tanpa Anda sadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu Anda menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat. Ini dia beberapa kebiasaan baik untuk menuntaskan masalah noda jerawat.

Kebiasaan yang dapat menghilangkan bekas jerawat

Tak dipungkiri, adanya bekas jerawat dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Itu sebabnya, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tak perlu dengan cara yang rumit, beberapa kebiasaan berikut ternyata dapat berguna untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Mencuci wajah secara rutin

Memiliki kebiasaan mencuci wajah secara rutin adalah salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Rutinitas ini dapat membantu Anda menjaga kebersihan wajah.

Dengan cuci muka secara rutin, Anda dapat mengangkat kulit mati. Anda juga terhindar dari perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi pada bekas jerawat. Dengan begitu, bekas jerawat Anda tidak semakin memburuk dan akan lebih mudah hilang.

2. Tidak menyentuh wajah langsung dengan tangan

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang mudah terpapar bakteri. Tidak menyentuh wajah dengan tangan dapat meminimalkan terjadi peradangan kembali pada bekas jerawat dan mencegahnya terhadap infeksi.

Dengan begitu, bekas jerawat yang sudah ada tidak akan memburuk dan dapat berangsur membaik.

3. Cukupi asupan air

Kebiasaan ini mungkin tidak dapat menghilangkan bekas jerawat secara langsung. Namun, kebiasaan baik ini sangat berperan untuk kesehatan kulit Anda.

Biasanya, setelah jerawat hilang, muncul beberapa masalah, seperti kulit kering akibat pengobatan jerawat yang dilakukan sebelumnya atau munculnya bekas jerawat. Minum air dapat jadi salah satu cara merawat wajah setelah jerawat sembuh.

Bekas jerawat yang tertinggal pada wajah terkadang menimbulkan peradangan. Kulit yang kering atau tidak terhidrasi lebih rentan mengalami inflamasi.

Itu sebabnya, pastikan Anda meminum 8 gelas air setiap hari agar kulit tetap terjaga kelembapannya. 

4. Rutin makan buah dan sayur

Selain baik untuk tubuh, makan buah dan sayur setiap hari juga merupakan kebiasaan yang turut bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Sayur dan buah, seperti alpukat, brokoli, lemon, dan tomat, diketahui sebagai salah satu tips alami penyembuhan bekas jerawat.

Vitamin C yang terkandung dalam alpukat dan brokoli mengandung antioksidan penting yang mampu memproteksi kulit dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga mencegah kulit kering dan kasar pada bekas jerawat.

5. Menggunakan gel penghilang bekas jerawat

Ini adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda. Umumnya, bekas jerawat menimbulkan hiperpigmentasi dan meninggalkan warna yang lebih gelap setelah jerawat sembuh.

Hiperpigmentasi pada bekas jerawat bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan membuat kulit wajah jadi tidak rata. Dalam beberapa kondisi, bila teriritasi, bekas jerawat ini bisa mengalami peradangan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73).

Ketiganya memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang memiliki tiga kandungan ini juga punya kemampuan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan gel, pastikan Anda memiliki kebiasaan untuk mengoleskannya 2-3 kali sehari. Hal itu dapat mempercepat pudarnya bekas jerawat.

Jangan lupa, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum menyentuh muka Anda untuk mengoleskan gel penghilang bekas jerawat ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Stop Lakukan Ini Jika Ingin Bekas Jerawat Cepat Hilang

Ingin Bekas jerawat hilang, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari. Ternyata kebiasaan beriku tak disadari memicu masalah pada bekas jerawat,

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
muka berjerawat
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 14 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Tipe Bekas Jerawat seperti Apa yang Bisa Dihilangkan Tanpa Bantuan Dokter?

Bekas jerawat membandel bisa membuat Anda putus asa dan ingin segera diobati oleh dokter. Namun, ada jenis bekas jerawat yang bisa Anda sembuhkan sendiri.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
jenis bekas jerawat
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 13 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Life Hack Cara Menutupi Bekas Jerawat Membandel

Cara menutupi bekas jerawat dapat dilakukan secara mudah dengan post acne gel dan green color corrector. Ikuti cara mengaplikasikannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
cara menutupi bekas jerawat
Jerawat, Health Centers 13 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit

Kebiasaan Buruk Penyebab Semakin Parahnya Bekas Jerawat

Penyebab bekas jerawat biasanya timbul dari kebiasaan yang tidak kita sadari. Memencet jerawat atau membersihkannya terlalu sering bisa memperparah kondisi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
penyebab bekas jerawat
Jerawat, Health Centers 13 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
rosehip oil untuk jerawat

Khasiat Penting Niacinamide untuk Samarkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
cara menyamarkan bekas jerawat

Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
bekas jerawat hitam

Bekas Jerawat

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23 Januari 2020 . Waktu baca 7 menit
Konten Bersponsor
menghilangkan bekas jerawat remaja

Perawatan Bekas Jerawat yang Cocok untuk Remaja

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit