Sebelum Membesarkan Otot, Simak Dulu Ukuran Tubuh Ideal Pria Berikut Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bukan hanya wanita saja yang ingin memiliki ukuran tubuh yang ideal. Laki-laki pun juga mendambakan bentuk tubuh yang ideal. Tapi, tidak seperti wanita yang ingin tubuhnya langsing, pria lebih cenderung ingin mempunyai tubuh yang berotot. Lalu bagaimana ukuran tubuh ideal yang paling diinginkan semua pria?

Berapa ukuran tubuh ideal bagi laki-laki?

Ukuran tubuh ideal bisa dilihat dari berbagai ukuran tubuh. Berikut adalah bagian-bagian tubuh beserta ukuran idealnya.

Ukuran dada

Banyak yang menganggap, ukuran tubuh ideal seorang pria dilihat dari bagian dadanya, apakah bidang atau tidak dan lebar atau tidak. Bagian dada pria terdiri dari berbagai jenis otot, salah satunya adalah otot pektoralis, yang menentukan seberapa besar dada Anda. Semakin sering Anda melatih otot pektoralis Anda maka semakin terbentuk dada Anda. 

Menurut bodybuilder profesional, Steeve Reeves, ukuran dada yang ideal adalah dua kali ukuran lingkar paha, dan tiap paha sebaiknya 1,75 kali lebih besar dari lutut pada sisi kaki tersebut.

Ukuran bahu

Bentuk dan ukuran bahu juga akan memengaruhi bentuk tubuh dari seorang pria. Pada bahu, terdapat banyak otot yang membentuk tubuh pria agar terlihat bidang dan lebar. Bahu yang lebar memang mengesankan pria tersebut memiliki ukuran tubuh yang ideal dan simetris. Sebuah survei yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Groningen menyatakan jika kaum wanita cenderung memilih pria yang memiliki ukuran bahunya lebih lebar dari pada pinggang.

Ukuran pinggang

Bagaimana dengan pinggang? Bila Anda ingin terlihat menarik di depan lawan jenis, maka Anda harus mengencangkan ikat pinggang dan menahannya agar tidak melebar. Tidak sedikit pria yang memiliki lingkar pinggang yang lebar dan besar, hal ini sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang diterapkannya. Tetapi tak hanya itu, pria memang lebih cenderung memilih lingkar panggul besar dan perut yang buncit. Ukuran lingkar pinggang yang ideal dan sehat bagi pria adalah kurang dari 94 cm.

Ukuran pinggul

Biasanya, lingkar pinggul yang besar lebih banyak dimiliki oleh kaum wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan jika Anda memilikinya – salahkan timbunan lemak Anda bila hal ini terjadi. Namun, idealnya panggul pria lebih kecil dibandingkan wanita. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan apabila pria yang disukai oleh banyak wanita adalah pria yang ukuran lingkar pinggulnya sama dengan lingkar panggul. Artinya, tidak jauh berbeda.  

Ukuran tinggi

Kalau soal tinggi, rata-rata pria memiliki tubuh yang lebih tinggi dari pada kebanyakan wanita – meskipun hal tersebut tidak selalu. Tinggi badan juga sering menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang wanita dalam memilih pasangannya. Sebagian besar wanita menginginkan pasangannya memiliki tubuh lebih tinggi darinya.

Bagaimana saya bisa mendapatkan semua ukuran tubuh ideal tersebut?

Hal pertama yang perlu diingat adalah tetap menjaga kesehatan Anda. Ukuran tubuh ideal berbeda-beda tergantung dengan persepsi masing-masing orang. Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah menjaga berat badan ideal. Sebab, dengan menjaga berat badan ideal, Anda sangat dengan ukuran tubuh ideal yang Anda idam-idamkan itu. Hanya tinggal tergantung seberapa keras dan kuat Anda dalam berolahraga agar massa otot terbentuk. Jangan sampai Anda terjebak dalam impian untuk memiliki ukuran tubuh tidak normal dan justru membahayakan kesehatan fisik dan jiwa Anda.

Untungnya, tubuh pria dirancang untuk memiliki otot-otot yang lebih banyak ketimbang wanita. Dan hal tersebut membantu Anda dalam membentuk dan mengencangkan otot Anda. Cari tahu cara membentuk otot tubuh di sini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit