5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan (Bisa Mencegah Jerawatan, Loh!)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 September 2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Siapa bilang olahraga hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, atau hanya berguna untuk menurunkan berat badan? Tahukah Anda, olahraga ternyata juga bermanfaat untuk mempercantik kulit? Kok bisa? Memangnya, apa saja manfaat olahraga untuk kecantikan? Baca terus artikel ini dan Anda akan terus semangat olahraga.

Manfaat olahraga untuk kecantikan

Menurut Ellen Marmur, MD, profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine, aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa mendorong sirkulasi darah tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan Anda, tapi juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Memiliki jerawat jenis apapun atau masalah kulit lainnya seperti psoriasis mungkin membuat Anda sangat berhati-hati untuk makan, minum atau melakukan aktivitas apa pun, namun jangan sampai masalah kulit menghalangi Anda untuk tidak aktif bergerak. Mengapa? Inilah alasannya.

1. Berkeringat saat berolahraga bisa bikin kulit jadi lebih bersih

Mungkin awalnya Anda akan merasa jijik ketika kulit Anda mengeluarkan banyak keringat. Tapi perlu Anda ketahui, keringat yang keluar saat berolahraga justru membuat kulit Anda jadi lebih sehat dan bersih.

Pada saat Anda berolahraga, kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang keluar dari pori-pori kulit. Dengan begitu, kotoran yang terkunci di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar oleh keringat, sehingga pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Tapi setelah selesai berolahraga, saat keringat sudah tidak lagi keluar dan suhu tubuh sudah mulai kembali normal, segeralah mandi dan bersihkan kulit agar kotoran tidak menumpuk kembali di kulit. 

2. Olahraga melancarkan sirkulasi oksigen dalam darah, sehingga kulit lebih cerah

Berolahraga sudah tentu membuat sirkulasi darah jadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang akan membawa banyak dampak positif pada kulit Anda. Bagaimana bisa?

Sederhananya, peredaran darah yang lancar dalam tubuh akan menyuplai oksigen dan nutrisi yang cukup bagi kulit. Apabila kulit menerima suplai oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit jadi terjaga kesehatannya. Kulit Anda akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata. Rutin melakukan olahraga ringan setiap hari akan membawa dampak positif bagi kesehatan kulit.

3. Olahraga membuat otak dan tubuh lebih rileks, sehingga mencegah munculnya jerawat

Munculnya jerawat pada wajah ataupun di bagian kulit tubuh lainnya bukan hanya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada kulit saja. Jerawat juga bisa jadi indikasi bahwa diri Anda sedang mengalami stres, sehingga produksi hormon dan juga minyak pada tubuh jadi tidak terkendali, dan pada akhirnya timbullah jerawat di kulit.

Percaya atau tidak, cara tercepat untuk menghilangkan stres adalah dengan berolahraga. Olahraga akan memberikan efek rileks pada otak maupun tubuh. Selain itu, berolahraga juga dapat memicu produksi hormon endorfin pada tubuh, di mana hormon ini bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih tenang. 

4. Olahraga meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan mencegah penuaan dini

Mau terlihat awet muda? Olahragalah secara rutin. Pengeriputan pada kulit seiring bertambahnya usia memang tak terelakkan. Semua orang pasti akan mengalaminya. Tapi Anda masih bisa menunda terjadinya penuaan pada kulit dengan cara olahraga.

Kulit yang keriput disebabkan produksi kolagen pada kulit menurun. Fungsi kolagen sendiri adalah untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit. Nah, berolahraga secara rutin dan benar bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga proses penuaan dini pada kulit bisa dicegah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berselancar di Laut Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Lho!

Selain baik untuk kebugaran, surfing alias berselancar di laut ternyata juga menawarkan manfaat untuk kesehatan mental Anda. Yuk, kenali apa saja manfaatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Psikologi 23 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif?

Berapa lama olahraga juga menentukan kesuksesan tujuan Anda. Terlalu sebentar tak akan efektif, tapi terlalu lama juga tak baik.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kebugaran, Hidup Sehat 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kebugaran, Hidup Sehat 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kebugaran jantung

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
memaksa anak jago olahraga

Bagaimana Cara Mendorong Anak Menjadi Atlet?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rina Nurjanah
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit
oleharaga untuk anak

Menjadi Atlet di Mata Atlet Muda Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 7 menit
Olahraga di luar rumah pandemi

Olahraga di Luar Rumah Saat Pandemi? Perhatikan Hal-hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit