Tips Mempelajari dan Menguasai Pose Headstand

Setelah sekian lama berlatih yoga atau bahkan awal mula tertarik dengan yoga, apa sih pose yoga yang ingin Anda kuasai? Atau pose apa yang sering membuat Anda takjub pada praktisi yoga dan dalam benak Anda terpikir, “Sangat mustahil saya akan bisa melakukannya.” Kalau buat saya, pose itu adalah Headstand atau Salamba Sirsasana I.

Apa itu headstand?

Headstand adalah pose di mana Anda berada dalam posisi terbalik, berdiri dengan ubun-ubun kepala Anda, dan kaki lurus ke atas. Rasanya keseimbangan tubuh pasti sulit bertahan dalam posisi tersebut dalam waktu yang lama, tapi ternyata saya BISA! Dan pose ini bisa saya lakukan dalam waktu 8 bulan setelah berlatih yoga secara rutin. Tentunya karena latihan rutin tersebut, saya juga belajar menghilangkan rasa takut jatuh, karena saya berlajar teknik yang tepat, dan pose-pose yang bisa mempersiapkan saya menguasai headstand itu sendiri.

Kini, tak hanya saja bisa melakukan pose ini, tapi headstand juga menjadi pose favorit saya setiap kali berlatih yoga. Kali ini saya akan menjabarkan dari pengalaman saya bagaimana bisa mempersiapkan diri untuk menguasai pose headstand.

Apa manfaat pose headstand bagi kesehatan?

Sebelum kita mulai dengan pose dan teknik melakukan headstand, saya ingin jelaskan apa sih manfaat dari headstand? Karena posisi kepala Anda ada di bawah, headstand membantu mengalirkan oksigen dan darah ke area kepala Anda, yang baik untuk otak Anda, sehingga bisa membantu meningkatkan kondisi mental dan meningkatkan fokus.

Tak hanya untuk otak, tapi juga baik untuk mata dan rambut. Bila Anda latih dengan baik, bernapas panjang dalam pose headstand bisa membantu melepaskan stress, rasa gelisah, dan rasa takut.

Sebelum memulai headstand…

Bila Anda memiliki penyakit darah tinggi, sebaiknya Anda menghindari untuk melatih pose ini karena bisa berbahaya akibat derasnya aliran darah di kepala Anda. Tanyakan pada dokter pribadi Anda sebelum memulai berlatih headstand. Dan bagi Anda yang baru mencoba pertama kali, pastikan Anda melakukan headstand secara aman dengan pengawasan guru yoga bersertifikasi, dan menghindari injury.

Tips berlatih pose headstand

OK, setelah Anda pastikan bahwa Anda memperhatikan hal-hal di atas, berikut adalah beberapa cara untuk bisa lihai melakukan headstand.

Berlatih dolphin pose

Pose ini sangat baik untuk menguatkan lengan dan otot perut yang sangat dibutuhkan untuk menopang kepala dan seluruh tubuh Anda saat kaki naik ke atas dan pada saat yang sama juga melatih Anda terbiasa dengan posisi kepala terbalik (upsidedown) jadi lebih siap bila memulai berlatih headstand.

Menggunakan tembok sebagai penyangga

Ada dua cara untuk menggunakan tembok sebagai alat bantu headstand. Yang paling sering dilakukan praktisi yoga adalah dengan memunggungi tembok untuk membantu menopang telapak kaki, sehingga memudahkan posisi saat Anda ingin membawa kaki ke atas. Pastikan bahwa kepala bertumpu pada ubun-ubun dan bukan kening, pastikan pula siku Anda selalu menempel di lantai/mat dan selalu buka bahu untuk menopang tubuh.

Cara kedua untuk menggunakan tembok, yang lebih saya gemari karena bisa membuat Anda menguasai keseimbangan saat melakukan headstand, adalah dengan menghadap tembok dan posisi kaki diletakkan 90 derajat, sehingga otot perut juga dilatih untuk bisa lebih kuat dan membantu keseimbangan lebih baik. Pastikan bahwa kepala bertumpu pada ubun-ubun dan bukan kening, pastikan pula siku Anda selalu menempel di lantai/mat dan selalu buka bahu untuk menopang tubuh.

Pastikan selalu bernapas panjang saat Anda berada dalam posisi headstandBernapas dalam-dalam baik untuk menghilangkan rasa takut jatuh dan rasa gugup, napas panjang bisa menenangkan pikiran dan Anda jadi lebih fokus.

Jangan lupa juga, pastikan setiap kali selesai melakukan headstand, lakukan pose childpose untuk mengistirahatkan diri sejenak dari posisi upsidedown, sehingga Anda tidak merasa pusing.

child pose

Bila Anda sudah cukup rutin melatih beberapa tips di atas, dan juga sering mencobanya dengan pengawasan guru yoga Anda, cobalah sekali-sekali melakukan headstand tanpa penyangga, seperti di bawah ini.

Jadi, tunggu apalagi? Langsung saja coba teknik-teknik di atas, dan share pengalaman Anda. Bila Anda berhasil melakukan headstand pertama kalinya, tag saya via Instagram @diansonnerstedt. Saya tunggu, ya!

Baca Juga:

Dian Sonnerstedt Spesialis Yoga dan Yoga Hamil
Dian Sonnerstedt adalah praktisi Yoga sejak tahun 2010. Kecintaannya terhadap Yoga membuat ia beralih dari dunia korporasi di bidang Marketing, dan memutuskan ...
Selengkapnya
Dian Sonnerstedt Spesialis Yoga dan Yoga Hamil

Dian Sonnerstedt adalah praktisi Yoga sejak tahun 2010. Kecintaannya terhadap Yoga membuat ia beralih dari dunia korporasi di bidang Marketing, dan memutuskan untuk memperdalam Yoga dengan mengambil sertifikasi Yoga Teacher Training 200Jam dari One Song Yoga School di tahun 2014, yang kemudian dilengkapi dengan sertifikasi Prenatal/Postnatal Yoga, Sunshine Network for Thai Yoga Massage, dan Yin Mindful Immersion Yoga di tahun 2015. Dian saat ini terdaftar resmi YogaAlliance.org dan aktif mengajar yoga di Ubud Yoga Centre, Bali

Selengkapnya
Artikel Terbaru