7 Cara Mudah Merawat Jenggot

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Merawat jenggot tidaklah sulit bila Anda melakukannya dengan benar. Ketika jenggot Anda sudah tumbuh atau bahkan semakin lebat, cara merawatnya tetap sama.

Menumbuhkan jenggot bisa menjadi sebuah kebebasan berekspresi bagi Anda, tapi untuk merawatnya butuh komitmen. Jenggot hanya bisa terawat bila Anda menjaganya tetap sehat dan tentu saja rapi, seperti kata stylist selebritis Sandy Poirier kepada WebMD.

“Jika Anda tidak memperhatikan jenggot Anda, cepat atau lambat, Anda akan terlihat seperti pengembara dari alam liar,” tutur pemilik salon Shag, di Boston, Amerika Serikat ini.

Untuk merawat jenggot Anda dengan baik, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Lawan rasa gatal

Dikutip Mens Fitness, Kevin Kellet, tukang cukur dari Frank’s Cop Shop, tempat cukur terkenal di New York City, mengatakan bahwa kulit Anda mungkin akan “memberontak” di tengah lebatnya jenggot Anda. Anda akan merasakan gatal-gatal, tapi Anda harus bertahan. Mencuci jenggot dan memberinya pelembap akan membuat kulit Anda terasa lebih nyaman.

2. Biarkan tumbuh, jangan diganggu

Bila Anda ingin memanjangkan jenggot, biarkan ia tumbuh terus selama sebulan pertama. Tahanlah keinginan untuk cepat-cepat membentuknya atau memangkasnya jadi lebih rapi. Poirier menyarankan untuk menunggu beberapa bulan sebelum Anda membentuk jenggot Anda. Para pemula umumnya melakukan kesalahan dengan terburu-buru membentuknya. Bila sudah salah, Anda perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk membetulkannya.

“Biarkan jenggot Anda menjadi liar dulu pertama-tama. Saat jenggot Anda sudah tumbuh 1 cm atau 1,5 cm lebih, Anda baru bisa mulai membentuknya,” saran Poirier.

3. Gunakan shampo dan conditioner, serta pangkas secara teratur

Poirier mengatakan agar setiap pria yang berjenggot mencuci jenggot mereka dengan shampo, setidaknya dua kali seminggu. Selain itu, conditioner juga penting agar jenggot Anda tidak kasar. Memangkasnya secara teratur juga penting, agar tidak berantakan.

“Bahkan jika Anda menumbuhkan jenggot Anda sampai panjang, setidaknya rapikanlah setiap dua bulan sekali. Jika Anda memilih jenggot Anda tetap pendek, rapikan jenggot Anda sekali setiap beberapa minggu,” saran Poirier.

Poirier menambahkan, bila Anda mencukurnya sendiri, sebaiknya menggunakan alat pangkas elektronik. Untuk bagian yang lebih tebal sebaiknya menggunakan gunting rambut agar tidak mengalami kecelakaan dalam bentuk apapun.

4. Tetap buat jenggot Anda lembap

Kellen menegaskan agar pria tetap menjaga kelembapan jenggotnya. Meskipun ada banyak produk pelembap di pasaran, menurut Kellet salah satu yang terbaik adalah produk dengan minyak kelapa.

“Menurut saya, tidak ada yang lebih baik daripada minyak kelapa. Minyak ini alami, wanginya enak, mudah dibersihkan, dan memiliki tambahan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk merawat jenggot Anda,” ujar Kellet.

5. Makan makanan sehat

Seemal R. Desai, M.D., ahli penyakit kulit dari University of Texas Southwestern Medical Center, mengatakan tidak ada makanan khusus yang bisa meningkatkan pertumbuhan jenggot. Keseimbangan dalam mengonsumsi makanan sehat adalah kuncinya, menurut Desai, karena makanan sehat baik secara umum untuk rambut dan kulit.

Beberapa orang menyebutkan bahwa suplemen seperti biotin, vitamin B kompleks, bisa memperkuat rambut. Namun tetap saja tidak ada bukti kuat terkait suplemen tersebut. Anda harus selalu berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan suplemen harian apapun.

6. Tidur yang cukup

Agak aneh kedengarannya. Namun, ada satu studi yang mengungkapkan bahwa kurang tidur atau waktu tidur yang tidak cukup bisa memperlambat pertumbuhan jenggot. Jadi jika Anda ingin jenggot Anda sehat dan lebat, Anda harus tetap menjaga waktu tidur Anda.

7. Makan dengan hati-hati

Poirier menyarankan Anda agar makan dengan hati-hati agar makanan Anda tidak berceceran dan mengotori jenggot Anda. “Selalu minta serbet tambahan saat makan di restoran,” ujarnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Mengungkap Serba-serbi Micellar Water, Amankah Bagi Wajah?

Micellar water populer di kalangan makeup artist dan pencinta produk skincare. Namun, apakah produk ini aman dan bermanfaat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Cara Mencerahkan Kulit Siku dan Lutut yang Menghitam

Lutut hitam yang berbeda warna dengan bagian kaki lainnya bisa terasa mengganggu penampilan. Bagaimana cara mencerahkannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 20 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa Saja Skincare yang Dapat Membantu Mengecilkan Pori-Pori?

Pori-pori wajah yang besar memang bisa menganggu penampilan. Lantas, apa saja daftar skincare yang bisa membantu mengecilkan pori-pori besar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

setelah menangis

5 Cara Cepat Hilangkan Mata Sembap Setelah Menangis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
proses pasang behel

Bagaimana Proses Pemasangan Behel atau Kawat Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
jenis jerawat umum

Jenis Jerawat dan Berbagai Macam Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit
operasi memperbesar payudara

Operasi Memperbesar Payudara: Biaya, Risiko, dan Prosesnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit