Kenapa Sebaiknya Jangan Cabut Gigi Dulu Saat Menstruasi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Juni 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika dalam waktu dekat tamu bulanan akan datang, tapi Anda lupa sudah keburu menjadwalkan cabut gigi di akhir pekan ini — sebaiknya telepon dokter untuk minta jadwal ulang. Tahukah Anda kalau sebaiknya jangan cabut gigi, atau melakukan operasi gigi lainnya, saat sedang menstruasi? Ini dia penjelasan medisnya kenapa Anda tak boleh cabut gigi saat haid.

Cabut gigi saat haid akan memperlambat proses pemulihannya

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa cabut gigi saat haid ternyata berhubungan langsung dengan kemampuan tubuh untuk pulih lebih cepat. Menurut American Dental Association kesehatan gigi Anda dipengaruhi oleh berbagai perubahan pada tubuh, termasuk perubahan hormonal, menstruasi, kehamilan, menopause dan penggunaan alat kontrasepsi.

Menurut dokter gigi Dan Peterson di Gentle Dental Care, banyak wanita yang mengalami gusi bengkak sebelum dan selama menstruasi akibat kenaikan hormon progesteron menjelang menstruasi. Gusi yang bengkak dapat menyulitkan dokter gigi untuk mengukur kedalaman kantong gigi Anda (Kedalaman yang lebih besar dari 3 mm dapat menandakan adanya penyakit gusi.) Plus, gusi  yang bengkak cenderung sangat sensitif. Akibatnya, pembersihan gigi sebelum dan setelah dicabut bisa terasa lebih menyakitkan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, cabut gigi saat haid dapat menyebabkan perdarahan serius yang dapat memperlambat proses penyembuhan setelah cabut gigi. Khususnya pada orang-orang yang memiliki Penyakit Von Wildebrand, cabut gigi saat haid dapat memperburuk gejalanya. Von willebrand adalah kelainan genetik yang dapat ditandai dengan perdarahan menstruasi yang berat, perdarahan yang berlebihan setelah operasi gigi, dan perdarahan saat menyikat gigi.

Penting bagi Anda untuk bicara dengan dokter gigi sebelum operasi gigi, hal ini untuk memastikan pemulihan yang berjalan efektif dan nyaman setelah operasi. Jika menstruasi atau gusi Anda berdarah tampak berlebihan, segera konsultasikan hal ini pada dokter Anda.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk cabut gigi bagi perempuan?

Tak ada waktu yang tidak tepat untuk pergi ke dokter gigi. Namun begitu jika Anda ingin menjadwalkan pembersihan gigi rutin di dokter, sebaiknya lakukan seminggu setelah menstruasi Anda usai. Jika dokter menyarankan Anda untuk cabut gigi atau operasi gigi lainnya, Anda bisa menjadwalkannya 2-3 hari setelah haid Anda usai — ketika Anda yakin benar perdarahan menstruasi Anda berhenti total. Saat itulah tingkat hormon sudah lebih rendah dan gusi Anda tidak sensitif.

Perlu diperhatikan juga bahwa akan ada “gelombang” perubahan hormon lagi setelah menstruasi Anda usai, untuk mempersiapkan tubuh menghadapi ovulasi selanutnya. Ini biasanya terjadi di antara hari ke 11 sampai 21 dalam siklus menstruasi normal per 28 hari, di mana hari pertama adalah hari pertama menstruasi Anda. Perubahan hormon untuk mempersiapkan diri ovulasi ini juga dapat menyebabkan peradangan gusi, sehingga membuat prosedur operasi gigi menjadi lebih tidak nyaman.

Jadi. cobalah menjadwalkan operasi gigi Anda, apapun itu, sesegera mungkin setelah masa menstruasi Anda berakhir.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut demi Senyum yang Indah

Untuk senyuman yang indah dan sehat, kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik. Hindari sakit gigi, dimulai dengan kebiasaan baik.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Agina Naomi
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 14 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Normalkah Jika Darah Haid Saya Berwarna Cokelat?

Meski pada umumnya darah menstruasi berwarna merah pekat, ada beberapa warna darah haid yang perlu Anda waspadai. Ini mungkin berisiko pada kesehatan Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Fakta Unik 10 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Mencegah asam penyebab gigi berlubang di mulut dapat membantu menjaga kesehatan mulut selama pandemi. Simak tips mudahnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
asam penyebab gigi berlubang di mulut
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Jarang Mengganti Sikat Gigi Bisa Picu Gigi Sensitif

Jarang mengganti sikat gigi bisa picu gigi sensitif, lho. Kok bisa? Berikut alasannya sekaligus tips mengatasi gigi sensitif.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
sikat gigi baru dan bekas
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit gigi atau gigi sakit

Sakit Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
obat sakit gigi

Pilihan Obat Sakit Gigi Antibiotik dan Apotek yang Ampuh untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit
cara mengobati sakit gigi

Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit
anatomi gigi manusia

Gambar Anatomi Gigi, Jenis-Jenis Gigi, dan Fungsi Setiap Bagiannya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit