Mengapa Hidung Terasa Gatal Sebelum Bersin?

Oleh

Hidung gatal mungkin bukanlah kondisi yang serius. Namun sepertinya butuh kesabaran ekstra untuk menghilangkan rasa gatalnya. Rasa gatal pada hidung dapat diikuti dengan bersin maupun tidak. Hidung gatal yang tidak diikuti dengan keinginan untuk bersin setelahnya, biasanya terjadi karena kulit hidung Anda yang sedang kering.

Lalu bagaimana dengan hidung gatal yang diikuti oleh bersin? Apa yang menyebabkan hidung gatal sebelum bersin?

Penyebab hidung gatal sebelum bersin

Histamin memiliki peran penting dalam sistem imun tubuh Anda. Histamin adalah komponen kimia yang akan dilepaskan, saat suatu benda asing atau penyebab alergi masuk ke dalam tubuh Anda.

Namun pada sebagian besar orang, lepasnya histamin akan merasangan timbulnya rasa gatal, mata memerah, beberapa perubahan pada kulit, dan hidung tersumbat. Dengan kata lain, saat hidung gatal yang Anda rasakan diikuti dengan bersin, bisa jadi ada pemicu alergi yang masuk ke dalam hidung Anda, atau jangan-jangan Anda mengalami rhinitis alergi.

Apa itu rhinitis alergi?

Saluran pernapasan adalah salah satu jalur masuk alergen ke tubuh Anda. Rhinitis alergi atau yang dikenal juga dengan sebutan hay fever adalah respon tubuh terhadap alergen tertentu yang masuk ke tubuh melalui hidung Anda. Pada sebagian besar kasus, alergen yang masuk melalui hidung ini adalah debu. Namun substansi lain juga bisa saja memicu alergi Anda, seperti serbuk sari, bulu binatang, asap rokok dan suatu aroma menyengat.

Saat suatu alergen masuk ke hidung Anda, selain hidung gatal dan bersin, Anda mungkin akan mengalami hidung tersumbat, batuk, dan mata yang gatal atau berair. Namun gejala-gejala pendukung ini mungkin baru akan Anda rasakan, bila alergen yang masuk ke hidung Anda dalam volume yang banyak atau dalam durasi waktu yang lama.

Rhinitis alergi yang dapat terjadi pada siapa saja, akan lebih besar peluang kejadiannya terhadap Anda, bila salah seorang anggota keluarga Anda memiliki riwayat alergi yang sama.

Bagaimana cara mengatasi rhinitis alergi?

Perawatan rumah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rhinitis alergi Anda, akan tergantung dari alergen tubuh Anda. Jika Anda alergi dengan serbuk sari, Anda dapat menggunakan pendingin ruangan daripada membuka jendela kamar Anda. Bila Anda alergi terhadap debu, merendam selimut dan sprei Anda dalam air bersuhu 54° C, dapat menghilangkan debu pada kain-kain tersebut. Mengetahui apa yang memicu alergi Anda timbul akan sangat membantu menghindarkan alergen sebelum terdeteksi sistem imun tubuh.

Mengkonsumsi beberapa anti-histamin dari apotek, yang akan menghalangi pelepasan histamin dalam tubuh Anda, dan melakukan imunoterapi juga dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Namun sebaiknya, konsultasikan lebih dulu dengan dokter Anda sebelum Anda menggunakannya. Komplikasi dari alergi rhinitis dapat berupa sinusitis akut maupun kronis hingga sleep apnea. Sebaiknya sebisa mungkin, hindari pemicu alergi Anda.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca