Jangan Larut Dalam Kesepian, Itu Berbahaya Bagi Jantung Anda!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pernah merasa sendirian dan kesepian? Jangan biarkan rasa itu berlarut-larut ada di dalam diri Anda. Pasalnya, banyak yang menyatakan bahwa perasaan ini justru akan menimbulkan berbagai masalah mental, seperti depresi. Bahkan, baru-baru ini diketahui bahwa rasa kesepian juga bisa memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung, lho. Bagaimana bisa, ya?

Rasa kesepian dapat merusak fungsi jantung

Tak banyak yang tahu bahwa rasa kesepian yang dialami bisa menimbulkan masalah kesehatan lain yang cukup besar. Tak main-main, bahkan kondisi ini mungkin memicu gangguan fungsi jantung.

Kesehatan menurun

Tak heran jika saat Anda uring-uringan sendiri dan merasa sepi, Anda jadi tidak bersemangat. Bahkan saat kesepian Anda akan cenderung melakukan kebiasaan yang tidak sehat. Misalnya saja jadi malas berolahraga rutin, padahal sebelumnya Anda tidak pernah absen melakukannya.

Atau bisa juga Anda mencari pelarian dari rasa kesepian yang sedang dihadapi. Banyak orang yang menjadikan makanan sebagai pelariannya. Jika sudah begini, apa pun makanan yang diinginkan pasti dibeli dan dimakan.

Belum lagi makanan yang disuka adalah makanan yang berkolesterol serta gula tinggi. Tentu saja hal ini akan memengaruhi asupan kalori harian dan meningkatkan berat badan. Bila terus-terusan seperti ini, tekanan darah akan meningkat dan akhirnya berisiko alami penyakit jantung.

Beberapa studi juga menunjukkan tingginya angka konsumsi rokok pada orang-orang yang kesepian. Rokok mengandung beberapa jenis bahan berbahaya yang apabila dikonsumsi dapat mengganggu fungsi jantung.

Gangguan biokimia dalam tubuh

Kesepian dan isolasi sosial dapat memicu timbulnya “stres”, di mana keadaan stres ini merupakan awal dari pembentukan zat-zat peradangan dalam tubuh. Peradangan ini dapat menimbulkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, stres juga mengakibatkan peningkatkan tekanan darah yang nantinya berdampak kurang baik terhadap jantung.

Cara menghiangkan rasa kesepian

Supaya tidak berlarut-larut dalam rasa kesepian, Anda bisa mencoba beberapa hal berikut ini:

Seimbangkan kehidupan sosial dengan media sosial

Cara terbaik untuk mengurangi rasa kesepian adalah dengan “kembali” ke kehidupan beberapa tahun lalu di mana gadget belum sedominan saat ini.

Sediakan waktu untuk berkumpul dan berbincang tatap muka dengan keluarga (misalnya saat makan bersama), relasi, ataupun komunitas yang memiliki hobi sama. Gadget pun sebenarnya baik apabila digunakan sebagaimana mestinya. Melalui gadget, seseorang dapat berinteraksi dan bertukar informasi dalam kelompok.

Rencanakan aktivitas bersama-sama

Aktivitas bersama-sama mempunyai efek positif, salah satunya dapat menciptakan bonding antarindividu. Aktivitas bersama ini tidak hanya dapat dilakukan dengan keluarga saja, tetapi juga dengan saudara, kerabat, atau teman yang memiliki kesamaan hobi.

Berbagai jenis kegiatan dapat dilakukan bersama, misalnya berolahraga, rekreasi, hingga diskusi pekerjaan. Dengan terbiasa melakukan kegiatan bersama, waktu untuk merasa “sendiri” diharapkan akan berkurang.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca