Tidak Semua Ambeien Itu Sama: Kenali 4 Jenisnya Berikut Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ambeien atau wasir sangat umum terjadi di masyarakat. Diperkirakan 3 dari 4 orang dewasa pernah mengalaminya. Ambeien menyebabkan munculnya benjolan kemerahan pada anus yang menimbulkan rasa perih, panas, dan gatal luar biasa. Untungnya kondisi ini dapat mudah diatasi di rumah ata lewat konsultasi dokter. Namun, ternyata tidak semua wasir itu sama. Ada beberapa jenis ambeien yang perlu Anda ketahui. Apa saja jenisnya?

Jenis ambeien yang mungkin pernah Anda alami

Ambeien dapat dibedakan berdasarkan lokasi dan gejala yang ditimbulkan. Jenis-jenis ambeien tersebut, antara lain:

1. Ambeien internal

Ambeien internal biasanya terbentuk di dalam rektum dan di atas garis pektinat, yaitu batas yang membagi dua per tiga saluran anus bagian atas dan bawah. Jenis ambeien ini bisasanya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Meskipun meradang dan dapat membengkak, benjolan jarang keluar dari anus. Selain itu, wasir ini jarang menimbulkan rasa nyeri parah. Jika semakin meradang, kejang otot akan lebih sering terjadi dan gejala ambeien lainnya akan bermunculan namun masih ringan.

Tahapan-tahapan terbentuknya ambeien internal, yaitu:

  • Tahap satu: Benjolan terjadi di dalam dan akan mengeluarkan darah saat Anda buang air besar.
  • Tahap dua: Benjolan dapat keluar dari anus karena gerakan usus dan masuk kembali ke dalam anus secara spontan.
  • Tahap tiga: Benjolan dapat keluar dari anus, namun tidak masuk dengan sendirinya. Anda perlu mendorongnya dengan tangan supaya benjolan kembali masuk ke dalam.
  • Tahap empat: Benjolan telah keluar dari anus dan tidak bisa di dorong masuk. Ini menjadi tanda bahwa ambeien internal telah berkembang menjadi ambeien jenis lainnya, yaitu ambeien prolaps.

2. Ambeien prolapse

Ambeien internal yang semakin parah atau terjadi secara berulang bisa berkembang menjadi ambeien prolapse. Benjolan pada ambeien ini sudah keluar dari anus dan benjolannya tidak bisa dikembalikan dengan pendorongan oleh tangan.

Gejala gatal pada anus, perih, dan sensasi panas di anus akan sering muncul. Bahkan, menyebabkan seseorang susah buang air besar.

Pada beberapa kasus, orang dengan kondisi ini perlu menjalani operasi untuk mengangkat ambeien supaya tidak menyebabkan komplikasi.

3. Ambeien eksternal

Wasir eksternal terbentuk di bawah permukaan kulit di sekitar anus. Awalnya, jenis ambeien ini tidak terlihat. Namun, semakin lama pembengkakan akan menyebabkan benjolan berwarna keunguan.

Gejalanya sama dengan jenis ambeien lainnya. Hanya saja jenis satu ini bisa meninggalkan bekas luka di kulit sehingga membuat kotoran yang keluar sering tersangkut jika tidak dibersihkan dengan benar dan memicu terjadinya infeksi kulit.

4. Ambeien trombosis

Jenis ambeien ini merupakan komplikasi dari ambein, ketika gumpalan darah terbentuk pada benjolan. Kondisi ini dapat terjadi pada ambeien internal dan juga eksternal.

Aliran darah di sekitar anus yang terhambat akibat penggumpalan darah ini membuat suplai darah ke jaringan anus berkurangnya. Akibatnya, gejala ambeien akan jadi semakin parah dan ambeien dapat pecah.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca