Katanya, Cuaca Dingin Bisa Sebabkan Angin Duduk, Benarkah?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 29/03/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Angin duduk istilah yang kerap kali digunakan untuk menyebut penyakit angina pektoris. Angina pektoris adalah rasa nyeri atau tidak nyaman pada dada akibat kurangnya pasokan darah menuju otot jantung. Anda mungkin pernah mendengar anggapan bahwa cuaca dingin bisa menjadi penyebab angin duduk. Usut punya usut, anggapan ini ternyata bukanlah mitos belaka dan perlu diwaspadai.

Bagaimana kaitan antara cuaca dingin dengan angin duduk? Lalu, apa yang harus dilakukan penderita penyakit jantung saat terjadi perubahan cuaca? Berikut ulasan lengkapnya.

Cuaca dingin jadi faktor penyebab angin duduk

Cuaca dingin memang tidak secara langsung menjadi penyebab angin duduk. Namun, keduanya saling berhubungan karena perubahan cuaca juga dapat memengaruhi pelebaran dan penyempitan pembuluh darah. Pada orang yang rentan mengalami angin duduk, kondisi ini bisa membahayakan jiwa.

Penderita penyakit jantung koroner memiliki pembuluh darah yang menyempit akibat tumpukan lemak. Akibatnya, aliran darah menuju jantung terhambat dan memicu nyeri dada. Nah saat cuaca dingin, pembuluh darah akan semakin menyempit sehingga pasokan darah menuju jantung dan organ vital lainnya semakin berkurang. Bila terus belanjut, oksigen dan makanan yang dibutuhkan organ tidak tersalurkan, akhirnya menimbulkan risiko angin duduk.

Selain memicu penyempitan pembuluh darah, cuaca dingin juga dapat menimbulkan tekanan pada jantung dan pembuluh darah. Akibatnya, Anda juga berisiko mengalami gangguan lain pada organ-organ yang tergabung ke dalam sistem peredaran darah. Inilah mengapa penderita penyakit jantung dan gangguan katup jantung harus sangat berhati-hati ketika cuaca dingin datang.

Tips menghindari angin duduk saat cuaca dingin

Penurunan suhu dapat memicu peningkatan detak jantung dan tekanan darah, serta memberatkan kerja jantung secara keseluruhan. Pembuluh darah yang menyempit tidak akan bisa mengimbangi kondisi ini sehingga risiko terjadinya angin duduk pun meningkat.

badan tiba-tiba menggigil

Namun, Anda tetap bisa menyiasati penyebab angin duduk yang satu ini dengan tips berikut:

1. Jangan terlalu lama berada di luar rumah

Anda yang berisiko mengalami angina disarankan untuk tidak berlama-lama berada di luar rumah. Apabila Anda harus bepergian dalam waktu lama, gunakan pakaian tebal atau berlapis yang dapat menghangatkan seluruh tubuh termasuk kepala, tangan, dan kedua kaki Anda.

Selama berada di dalam rumah, Anda pun harus menjaga tubuh tetap aktif. Cobalah untuk bergerak setidaknya setiap satu jam sekali dan jangan terpaku dalam posisi duduk terlalu lama.

2. Menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin

Sejak jauh hari sebelum musim penghujan datang, Anda sudah harus mulai menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pastikan bahwa tekanan darah, kadar kolesterol, dan aspek sejenisnya yang dapat menjadi penyebab angin duduk berada dalam rentang yang aman.

3. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat

Jantung Anda akan bekerja lebih keras saat Anda melakukan aktivitas yang berat, terlebih saat cuaca dingin. Untuk sementara, kesampingkan terlebih dulu pekerjaan rumah yang membuat Anda sesak napas, latihan kebugaran yang membuat Anda banjir keringat, atau aktivitas lainnya yang dapat memperberat kerja jantung Anda.

4. Kenali gejala pada tubuh Anda

Angin duduk bukanlah kondisi yang boleh diabaikan. Jika Anda mengalami nyeri dada, sesak napas, atau detak jantung yang tidak teratur, segera periksakan diri Anda ke dokter selagi sempat. Ajaklah salah seorang kerabat atau keluarga untuk menemani Anda sekaligus mengantisipasi kemungkinan komplikasi.

5. Menghangatkan tubuh saat berada di rumah

Cuaca dingin bisa bertambah buruk pada malam hari. Agar kondisi ini tidak menjadi penyebab angin duduk, Anda dapat mengenakan pakaian dengan bahan yang lebih tebal serta menggunakan selimut saat tidur. Namun, jangan menghangatkan diri secara berlebihan karena hal ini dapat memicu penurunan tekanan darah secara drastis.

Meskipun bukan merupakan penyebab angin duduk secara langsung, cuaca dingin adalah hal yang perlu diwaspadai oleh penderita penyakit jantung koroner. Selalu waspadai tanda-tanda yang Anda alami dan jangan menyepelekannya. Pasalnya, tindakan cepat-tanggap sekecil apa pun sangat berarti untuk menyelamatkan jiwa Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit unik di indonesia

4 Penyakit Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 05/05/2019 . Waktu baca 4 menit
Sindrom koroner akut atau acute coronary syndrome

Sindrom Koroner Akut

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 19/03/2018 . Waktu baca 6 menit
angina angin duduk

Angin duduk (angina)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/09/2016 . Waktu baca 13 menit
angina adalah

Angina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 22/09/2016 . Waktu baca 7 menit