Ciri-ciri Payudara yang Sehat dari Bentuk, Ukuran, dan Jenis Puting Payudara

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebagai wanita, Anda mungkin pernah merasa heran dengan payudara yang dimiliki dan bertanya-tanya apakah ukuran payudara Anda normal. Hal ini wajar karena tidak semua wanita paham tentang payudara, bahkan dengan ukuran payudara yang dimiliki. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenal ciri-ciri payudara sehat dan kondisi payudara seperti apa yang perlu diwaspadai. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Ukuran payudara besar sebelah

Di antara Anda, mungkin ada yang memiliki ukuran payudara kanan dan kiri yang berbeda. Anda mungkin jadi heran apakah hal ini normal. Jawabannya adalah, sangat normal, terutama bagi anak perempuan yang berada dalam masa pubertas.

Perbedaan ukuran payudara ini juga bisa muncul saat Anda berusia 20-an. Bahkan, suatu penelitian menemukan bahwa 44 persen wanita mengatakan bahwa satu payudara yang dimilikinya lebih kecil dari yang satunya.

Hal ini bisa terjadi karena saat anak perempuan mulai pubertas, payudara mulai berkembang dengan ditandai sedikit pembengkakan di bawah puting susu, atau yang dikenal dengan breast budding. Pada saat tersebut, Anda mungkin memperhatikan bahwa salah satu payudara Anda mulai berkembang sebelum yang lain atau tumbuh lebih cepat.

Jadi, buat Anda yang memiliki ukuran payudara berbeda, tidak perlu khawatir, terutama untuk remaja. Namun, jika Anda masih merasa khawatir, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau ginekolog untuk meyakinkan diri Anda bahwa payudara Anda normal.

Puting payudara masuk ke dalam

Biasanya, puting payudara menonjol keluar. Namun untuk beberapa orang, puting payudaranya tidak menonjol atau masuk ke dalam. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 10% wanita memiliki puting susu yang tidak menonjol atau bahkan masuk ke dalam (inverted nipple).

Hal ini terjadi karena jaringan yang menghubungkan puting payudara Anda menjadi sedikit lebih pendek. Anda tidak perlu khawatir, karena meski tidak menonjol, puting susu Anda tetap berfungsi normal untuk memberikan air susu ibu (ASI) bagi si kecil.

Namun, jika puting payudara Anda yang semula menonjol menjadi tidak menonjol lagi, maka, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter karena bisa menjadi indikasi kanker.

Rambut kecil di aerola

Munculnya rambut kecil di sekitar aerola, atau kulit gelap di sekitar puting susu Anda, mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya. Namun lagi-lagi, Anda tidak perlu khawatir. Jika rambut kecil tersebut membuat Anda risih, Anda bisa mengguntingnya dengan gunting kecil. Namun Anda tidak dianjurkan untuk mencabutnya, karena bisa menyebabkan infeksi dan rambut tumbuh ke dalam.

Kapan harus periksa ke dokter kalau ada yang tidak beres?

Nipple discharge

Jika kondisi ini terjadi sebelum menopause, cairan berwarna kehijauan, jernih, atau merah (berdarah), serta terdapat benjolan, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan kondisi sebenarnya.

Benjolan di payudara

Jika Anda menemukan benjolan di sekitar payudara atau ketiak, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter karena bisa menjadi tanda tumor atau kanker.

Perubahan warna dan tekstur

Jika kulit di sekitar payudara Anda terasa gatal, bersisik, atau kemerahan, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah payudara sehat dan normal.

Payudara terasa sakit

Rasa sakit pada payudara yang muncul menjelang menstruasi adalah hal yang normal karena rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika rasa sakit tersebut tidak kunjung menghilang, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara Anda baik-baik saja.

Perubahan ukuran atau bentuk

Seiring pertambahan usia atau kondisi tertentu (seperti menstruasi atau hamil), akan terjadi perubahan ukuran atau bentuk payudara. Terutama ketika Anda menopause, payudara Anda cenderung kendur atau lebih kecil karena mulai kehilangan bentuknya. Hal tersebut adalah normal.

Namun, jika perubahan tersebut terjadi diluar waktu-waktu tersebut, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara sehat dan baik-baik saja.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Benarkah Terlalu Sering Minum Paracetamol Sebabkan Gangguan Pendengaran?

Hati-hati jika Anda sering minum obat penghilang nyeri, seperti paracetamol. Efek samping paracetamol berlebihan dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Alergi Paracetamol

Paracetamol sering diresepkan untuk merdakan demam dan nyeri. Tapi tahukah Anda bahwa ada orang yang alergi obat paracetamol?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Alergi, Penyakit Alergi Lainnya 22 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit
melihat bullying

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit
kencing berdiri

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit