Mengenal Ruam Amoxicillin, Kemerahan Pada Kulit Akibat Reaksi Alergi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Beberapa obat antibiotik kadang menimbulkan efek samping yang beraneka ragam pada anak, entah itu diare, pusing, hingga kehilangan nafsu makan. Amoxicillin adalah salah satu antibiotik yang bisa mengakibatkan tubuh anak mengalami ruam kemerahan. Kondisi ini dikenal sebagai ruam amoxicillin. Apa yang harus dilakukan jika anak mengalami gejala alergi amoxicillin ini?

Apa itu ruam amoxicillin?

Amoxicillin adalah jenis antibiotik yang biasanya digunakan untuk mengobati penyakit akibat bakteri, seperti infeksi telinga, radang tenggorokan, sampai pneumonia. Sama halnya seperti antibiotik jenis lain, amoxicillin juga bisa menimbulkan berbagai efek samping, termasuk ruam. Ruam amoxicillin bisa dialami oleh siapa saja, tapi biasanya anak-anak yang paling sering mengalaminya.

Melansir dari Medical News Today, para pakar kesehatan belum dapat memastikan apa sebenarnya yang menjadi penyebab ruam akibat amoxicillin ini. Namun, kemungkinan terbesar bisa karena reaksi alergi terhadap obat antibiotik jenis penicillin, yang merupakan ‘keluarga’ dari amoxicillin.

Ruam yang ditimbulkan oleh amoxicillin bisa berbeda-beda, tergantung dari seberapa alergi orang tersebut terhadap antibiotik ini. Ambil contoh, jika anak mengalami gatal-gatal yang kemudian menimbulkan benjolan berwarna merah atau putih pada kulit, tandanya ia memang alergi amoxicillin.

Anak dikatakan alergi amoxicillin ketika ruam muncul tepat setelah obat tersebut diminum. Akan tetapi, berbeda jika ruam yang muncul di kulit berupa bercak merah datar, dan baru timbul sekitar 3-10 hari usai minum obat amoxicillin. Artinya, kemungkinan anak mengalami alergi amoxicillin tidak terlalu besar.

Sumber: About Kids Health

Apakah ruam amoxicillin berbahaya?

Ruam amoxicillin sebenarnya tidak berbahaya, dan dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat. Namun, ruam amoxicillin dialami oleh anak mungkin bisa semakin memburuk dari waktu ke waktu. Terutama jika kondisi ini tidak segera disadari dan diberi perawatan yang tepat.

Bagaimana cara mengobati alergi amoxicillin?

Cara termudah untuk menghilangkan ruam akibat alergi amoxicillin adalah dengan berhenti minum obat tersebut. Jika anak hanya mengalami ruam tanpa ada gejala lainnya, tanpa butuh waktu lama biasanya ruam akan pulih dengan sendirinya.

Sebaliknya, bila ternyata gejala yang dialami anak meliputi gatal pada kulit, sulit bernapas, hingga pembengkakan pada wajah atau bibir, tandanya anak butuh pengobatan yang bisa meredakan semua gejala tersebut. Konsultasikan dengan dokter untuk memperoleh sarapan perawatan terbaik.

Dokter mungkin akan menganjurkan obat alergi Benadryl atau krim steroid, agar rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit cepat sembuh dan mereda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca