3 Vitamin Penting yang Membantu Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 17/01/2018 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Insomnia adalah gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari konsumsi kafein berlebihan, pengaruh obat-obatan, stres berat dan gangguan psikologis lainnya, hingga pola tidur yang berantakan dari awalnya. Ada banyak cara mengatasi insomnia. Salah satunya adalah dengan meningkatkan asupan beberapa vitamin penting. Apa saja itu?

Asupan vitamin terbaik sebagai cara mengatasi insomnia

1. Vitamin A

Vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang terkenal punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi insomnia. Dikutip dari Livestrong, sebuah artikel yang diterbitkan dalam STKE Science edisi Februari 2006 mengatakan bahwa asam retinoat, bentuk aktif dari vitamin A, berperan penting dalam pengaturan beberapa fungsi otak, terutama yang bertugas mengatur sinyal tidur dan untuk ketajaman memori.

Vitamin A dapat diperoleh dari makanan yang kaya akan daging, telur, unggas dan produk susu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin A yang bisa dibeli di toko obat atau apotek. Jangan mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Overdosis vitamin A dapat menyebabkan nyeri tulang, pusing, sakit kepala, dan kerusakan hati yang malah bisa membuat tidur makin tidak nyenyak.

2. Vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kehilangan keseimbangan, dan kelemahan fisik. 

Mencukupi kebutuhan vitamin B-12 bisa menjadi cara mengatasi insomnia yang patut Anda pertimbangkan. Pasalnya, kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan masalah tidur nyenyak.

Sumber vitamin B-12 terbaik adalah telur, daging, kerang, unggas dan produk susu. Jika Anda memilih suplemen, dosis standar yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidur malam adala 1,5-3 mg setiap hari. Mendapatkan waktu tidur malam yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi, mood, dan kebugaran tubuh sepanjang hari.

3. Vitamin D

Selain vitamin A dan B-12, cara mengatasi insomnia lainnya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, kulit, juga gigi.

Dilansir dari Science Daily, sebuah studi yang dipresentasikan di European Congress of Endocrinology pada bulan April 2010 lalu melaporkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan kronis dan sulit tidur pada pasien yang mengalami kerusakan otak.

Kekurangan vitamin D bisa dihindari dengan mengonsumsi produk susu, ikan dan tiram. Tubuh manusia juga dapat menghasilkan porsi besar vitamin D melalui paparan sinar matahari. Jika Anda termasuk orang yang jarang terpapar sinar matahari, boleh menggunakan suplemen vitamin D asal berkonsultasi dulu sebelumnya dengan dokter. Dosis yang berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal, muntah dan nyeri otot.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk mengatasi insomnia

8 Makanan dan Minuman yang Ampuh untuk Mengatasi Insomnia

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca