Percantik Gigi Anda dengan 5 Jenis Perawatan Kecantikan Ini

Ditinjau secara medis oleh drg. Della Putri Depatrina Sparringa · Gigi · Aesthetic Pondok Indah Dental Clinic


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 06/12/2022

    Percantik Gigi Anda dengan 5 Jenis Perawatan Kecantikan Ini

    Pergi ke dokter gigi kini tak hanya dilakukan untuk pemeriksaan gigi secara rutin atau mengatasi masalah gigi yang muncul. Faktanya, klinik gigi juga menawarkan ragam perawatan kecantikan yang membuat tampilan gigi dan mulut Anda tampak lebih menawan.

    Apakah Anda tertarik? Sebelum menentukan dan mendapatkan layanan yang dimaksud, simak dulu ulasan berikut untuk tahu jenis-jenis perawatan kecantikan gigi yang bisa Anda coba.

    Jenis perawatan kecantikan gigi yang bisa Anda coba

    Perawatan kecantikan gigi, disebut juga dengan cosmetic dentistry atau aesthetic dentistry, dapat digunakan untuk meluruskan, mencerahkan, memperbaiki, dan membentuk kembali gigi.

    Untuk mendapatkan masing-masing tujuan tersebut, jenis perawatan kecantikan gigi yang dilakukan bisa berbeda. Berikut adalah ragam jenis perawatan kecantikan gigi yang bisa Anda coba.

    1. Pemutihan gigi atau dental whitening

    perawatan whitening gigi sensitif

    Ingin gigi Anda terlihat lebih putih dan cerah? Anda bisa mencoba prosedur pemutihan gigi atau yang juga dikenal dengan dental atau teeth whitening.

    Dental whitening merupakan prosedur untuk mencerahkan warna alami gigi tanpa perlu menghilangkan permukaan gigi.

    Jenis perawatan gigi yang satu ini dilakukan dengan mengoleskan cairan pemutih khusus. Laser juga bisa digunakan untuk mengaktifkan bahan kimia dari cairan yang dioleskan.

    Adapun perawatan ini bisa Anda lakukan jika gigi Anda mengalami perubahan warna atau seperti bernoda. Misalnya, akibat minum teh, kopi, atau wine, merokok, atau mengonsumsi antibiotik tertentu.

    2. Veneer gigi

    Veneer gigi adalah lapisan tipis yang dipasang menutupi bagian depan gigi. Lapisan ini dibuat dengan pas sesuai dengan permukaan gigi depan Anda, seperti halnya kuku palsu yang pas di atas kuku Anda.

    Bahan yang digunakan untuk pembuatan lapisan ini bisa berupa porselen atau komposit berkualitas tinggi. Warna lapisan pun disesuaikan dengan warna gigi yang diinginkan.

    Prosedur perawatan kecantikan gigi ini sendiri bertujuan untuk menyempurnakan gigi Anda yang mengalami perubahan warna atau bentuk.

    Misalnya karena adanya noda yang tidak membaik dengan pemutihan gigi, gigi patah, gigi terlalu kecil, bentuk gigi tak sempurna, retak, atau bercelah.

    3. Dental bridge dan crown

    Jika gigi Anda patah atau rusak parah, Anda bisa mencoba dental crown (mahkota gigi) untuk memperbaiki penampilan gigi Anda. Dental crown merupakan penutup yang ditempatkan di atas gigi yang rusak.

    Penutup ini dibuat sesuai dengan bentuk gigi dan bisa berasal dari bahan logam (termasuk emas), porselen, atau keramik.

    Di sisi lain, jika satu atau lebih gigi Anda hilang atau lepas seutuhnya karena kondisi tertentu, Anda juga bisa melakukan dental bridge.

    Pada dental bridge, gigi yang hilang akan diganti dengan gigi palsu permanen yang merekat dengan mahkota gigi di setiap sisi kanan kirinya.

    4. Implan gigi

    implan gigi

    Jika gigi yang rusak atau hilang tak dapat diperbaiki dengan gigi palsu atau dental bridge, prosedur implan gigi mungkin menjadi pilihan perawatan kecantikan yang tepat.

    Pada implan gigi, akar gigi akan diganti dengan sekrup berbahan logam. Akar gigi logam ini nantinya akan menjadi penopang gigi palsu atau tiruan yang dipasang untuk mengganti gigi yang hilang.

    Adapun prosedur pemasangan implan ini dilakukan melalui proses pembedahan di tulang rahang Anda. Implan gigi ini pun dipasang menyatu dengan tulang, sehingga cenderung lebih kuat.

    Meski begitu, tak semua orang bisa menjalani prosedur bedah ini. Setidaknya, Anda perlu memiliki kondisi mulut dan tulang rahang yang baik untuk dapat menopang implan gigi.

    5. Smile makeover

    Dari namanya saja, Anda mungkin sudah tahu bahwa smile makeover merupakan bentuk perawatan yang bertujuan untuk mengubah atau meningkatkan penampilan senyum Anda.

    Untuk mendapatkan tujuan tersebut, ada berbagai jenis perawatan kecantikan gigi dan mulut yang bisa Anda jalani. Hal ini tergantung pada masalah spesifik yang memengaruhi senyum Anda.

    Misalnya, dental crown atau implan gigi untuk mengganti gigi yang rusak atau hilang, dental whitening untuk membuat gigi Anda lebih putih dan cerah, veneer gigi untuk memperbaiki penampilan gigi depan Anda, dan sebagainya.

    Perawatan lainnya, termasuk yang terkait dengan gusi, pun mungkin saja akan Anda dapatkan untuk mendapatkan senyum yang lebih menawan.

    Kebersihan menjadi kunci dalam perawatan kecantikan gigi

    cara menjaga kesehatan gigi

    Setelah menjalani satu atau lebih jenis perawatan di atas, jangan lupa untuk selalu rutin memeriksakan gigi ke dokter serta memperhatikan kebersihan gigi Anda.

    Apalagi, melansir Cleveland Clinic, dental bridge merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko periodontitis, terutama jika prosedur ini tidak dipasang dengan benar.

    Salah satu cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan gigi, yaitu dengan melakukan pembersihan karang gigi atau yang disebut juga dengan scaling.

    Nah, bila Anda khawatir akan merasa sakit atau ngilu saat pembersihan karang gigi, Anda bisa menjalani scaling dengan metode airflow.

    Teknologi airflow bisa membuat scaling terasa nyaman tanpa rasa ngilu atau sakit dan suara yang bising.

    Adapun seluruh jenis perawatan kecantikan gigi dan airflow scaling di atas bisa Anda dapatkan di Klinik Gigi Utama Aesthetic Pondok Indah.

    Di klinik ini, tim dokter yang terdiri dari dokter gigi umum dan spesialis siap menangani segala permasalahan gigi, gusi, dan mulut yang Anda alami.

    Perawatan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien untuk mengembalikan fungsi gigi serta keindahannya agar terlihat sangat alami.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    drg. Della Putri Depatrina Sparringa

    Gigi · Aesthetic Pondok Indah Dental Clinic


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 06/12/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan