Sepuluh persen dari total penduduk dunia adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas dalam dunia mainstream, mereka harus hidup menyesuaikan diri dengan kebanyakan gadget, alat tulis kantor, perlengkapan memasak, dan berbagai benda lainnya yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang bertangan kanan.

Otak dan tubuh orang kidal beroperasi secara berbeda daripada orang tangan kanan (dan pada orang ambidextrous, yang kedua tangannya merupakan tangan dominan untuk tugas yang berbeda). “Kidal atau tidak, tampaknya ditentukan dalam tahap sangat awal dalam perkembangan janin, ketika banyak hal-hal lain tentang masa depan Anda sedang ditentukan juga,” kata Ronald Yeo, PhD., profesor psikologi di University of Texas, Amerika Serikat.

Berikut adalah 15 fakta aneh tapi menarik yang belum banyak diketahui tentang orang-orang kidal:

1. Orang-orang kidal yang terkenal sepanjang sejarah termasuk Napoleon Bonaparte, Bill Gates, Oprah Winfrey, Obama, dan Jimi Hendrix.

2. Hari Orang Kidal Sedunia dirayakan setiap 13 Agustus sejak tahun 1996.

3. Mengikuti dominasi tangan, orang kidal cenderung biasa mengunyah makanan di sebelah kiri, sedangkan orang-orang bertangan kanan akan mengunyah di sebelah kanan.

4. Orang-orang kidal umurnya lebih pendek tiga tahun daripada yang bertangan kanan. Lebih dari 2.500 orang kidal terbunuh setiap tahun akibat menggunakan peralatan sehari-hari yang dimaksudkan untuk orang yang dominan tangan kanan. Waduh!

5. Banyak penelitian menunjukkan bahwa bayi prematur lebih mungkin lahir kidal.

6. Faktor genetik hanya menempati sebanyak 25% kasus dari total peluang orang lahir kidal.

7. Orang kidal lebih rentan terhadap stress pascatrauma (PTSD) daripada mereka yang bertangan kanan, menurut sebuah studi.

8. Otak orang kidal bekerja lebih cepat saat berolahraga atau bermain game komputer.

9. Menurut legenda, Lucifer dan penyihir memiliki tangan dominan kiri. Mungkin ini sebabnya banyak ritual keagamaan yang mengharuskan menggunakan tangan kanan, termasuk pelabelan tangan kanan sebagai “tangan baik”.

10. Di masa lalu, kidal sering dikaitkan dengan penyimpangan perilaku, gejala neurosis, pemberontakan, dan aktivitas kriminal. Bahkan, kata “left” (kiri/tangan kiri) dalam bahasa inggris berakar dari “lyft” dalam bahasa Anglo-Saxon, yang artinya rusak atau lemah.

11. 40 persen orang yang mengidap skizofrenia adalah orang-orang kidal, walaupun orang kidal hanya menempati 10% dari total populasi. Banyak pula tokoh kriminal terkenal yang bertangan kiri, contohnya Osama bin Laden, The Boston Strangler, dan Ted Bundy.

12. Untungnya, orang kidal kini terbukti jauh lebih cerdas daripada yang bertangan kanan! Orang-orang yang memiliki IQ lebih dari 140 lebih banyak yang bertangan kiri, menurut sebuah studi dari St. Lawrence University. Buktinya, Da Vinci, Michelangelo, Einstein, dan Newton adalah orang-orang kidal.

13. Orang kidal lebih mudah merasa malu. Sebuah uji perilaku yang dilakukan di Skotlandia menunjukkan keterkaitan antara kekidalan dengan rasa malu. Menurut studi ini, banyak partisipan bertangan kiri yang melaporkan bahwa mereka lebih mudah merasa cemas dalam membuat kesalahan, dan lebih sensitif terhadap kritik. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan orang-orang kidal adalah orang yang ragu-ragu.

14. Orang kidal lebih cepat marah. Kebanyakan orang kidal menunjukkan proses emosional yang tidak seimbang antara otak kanan dan kiri mereka, salah satu akibatnya adalah sering bad mood.

15. Orang kidal minum alkohol lebih sering daripada mereka yang bertangan kanan, menurut hasil penelitian dari 12 negara yang melibatkan 25.00 partisipan. Tetapi bukan berarti mereka rentan terhadap penyalahgunaan alkohol, lho!

BACA JUGA:

Yang juga perlu Anda baca