backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

3

Tanya Dokter
Simpan

7 Rekomendasi Produk Sabun Kewanitaan yang Bagus dan Aman

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 27/03/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

7 Rekomendasi Produk Sabun Kewanitaan yang Bagus dan Aman

Pada dasarnya, wanita hanya membutuhkan air hangat untuk membersihkan area vagina dan vulvanya. Meski begitu, beberapa wanita mungkin merasa lebih nyaman menggunakan sabun kewanitaan daripada hanya air biasa.

Nah, bila Anda ingin menggunakan sabun kewanitaan, pastikan produk pembersih yang Anda pilih aman untuk vagina dan vulva Anda. Jika Anda bingung, Anda bisa memilih salah satu rekomendasi sabun miss V di bawah ini dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara kami memilih sabun kewanitaan yang bagus dan aman

Daripada menggunakan sabun biasa untuk membersihkan miss v, Anda disarankan memakai produk pembersih yang diformulasikan khusus untuk kondisi vagina dan vulva Anda.

Produk pembersih khusus ini diklaim lebih aman untuk area kewanitaan. Apalagi, melansir Mayo Clinic, vagina memiliki lingkungan yang asam yang secara alami melindungi dari bakteri.

Menggunakan sabun biasa, termasuk sabun antibakteri, untuk miss v justru dapat mengubah pH vagina yang asam serta memungkinkan pertumbuhan bakteri dan jamur.

Agar aman, Anda bisa menggunakan produk pembersih vagina yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Lembut.
  • Tidak mengandung pewangi dan pewarna.
  • Berbahan alami.
  • Teruji secara dermatologis.
  • Dapat menjaga keseimbangan pH vagina (pH balance).
  • Tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan iritasi dan reaksi alergi.

Jadi, untuk memastikan keamanannya, sabun kewanitaan yang bagus yang kami rekomendasikan untuk Anda setidaknya memiliki ciri-ciri di atas.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui apakah perlu menggunakan produk pembersih vagina dan mana yang perlu dipilih sesuai dengan kondisi Anda.

7 Rekomendasi sabun kewanitaan yang bagus dan aman

Pastikan Anda hanya menggunakan sabun untuk miss V di bagian tubuh terluar atau area vulva.

Jangan gunakan produk ke dalam area vagina (douching) karena berisiko menyebabkan iritasi vagina, bacterial vaginosis, hingga infeksi menular seksual.

Berikut adalah rekomendasi sabun kewanitaan atau miss V yang diklaim aman dan bagus karena dapat menjaga kesehatan area kewanitaan Anda.

1. Sebamed Feminine Intimate Wash pH 3,8

Sebamed Feminine Intimate Wash pH 3,8 mengandung bahan aktif aloe vera atau lidah buaya serta bisabolol (zat yang umumnya diperoleh dari chamomile) yang telah teruji secara klinis.

Bahan alami ini diklaim dapat mencegah iritasi dan peradangan, menstabilkan kelembapan, serta menghilangkan bau tidak sedap pada vagina secara alami.

Memiliki pH yang sesuai dengan area kewanitaan, penggunaan produk pembersih ini disebut bisa digunakan saat dan setelah melahirkan untuk mencegah vaginitis, iritasi, gatal-gatal, dan keputihan.

Nomor registrasi BPOM: NC16111600084

2. Lactacyd All Day Care

Lactacyd All Day Care merupakan salah satu varian sabun miss v dari merek Lactacyd. Produk ini diklaim dapat membersihkan dan melindungi area kewanitaan dari gatal dan iritasi.

Terbuat dari ekstrak susu alami, produk pembersih ini disebut memiliki formula yang lembut dan ringan serta teruji secara dermatologis sehingga dapat digunakan setiap hari.

Sebagai salah satu produk sabun kewanitaan dengan pH balance, produk ini pun dapat menjaga pertumbuhan bakteri baik di area kewanitaan Anda.

Nomor registrasi BPOM: NA54231600003

3. Betadine Feminine Wash Foam Gentle Protection

Berbentuk foam yang lembut, Betadine Feminine Wash Foam Gentle Protection dapat digunakan sehari-hari serta dirancang khusus untuk area kewanitaan Anda.

Produk pembersih vagina ini pun diklaim aman karena hypoallergenic, telah teruji secara ginekologi, bebas paraben dan pewarna, serta terbuat dari bahan-bahan alami.

Ini termasuk prebiotik yang dapat membantu perkembangan bakteri baik serta immortelle yang mengandung antioksidan alami untuk meningkatkan kelembapan alami pada kulit vulva.

Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan produk ini jika memiliki alergi terhadap povidone iodine atau bahan lainnya dalam produk ini.

Nomor registrasi BPOM: NA49171600101

4. Andalan Feminine Care Intimate Wash Revitalize

Produk pembersih merek Andalan ini mengandung berbagai bahan alami yang diklaim dapat membersihkan, melembapkan, mengencangkan, dan mempertahankan elastisitas, serta menjaga keseimbangan kadar pH miss v Anda.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang telah teruji secara klinis terkandung dalam produk sabun miss v ini.

  • Prebiotik.
  • Ekstrak susu.
  • Manjakani.
  • Sirih.
  • Lidah buaya dan chamomile.

Selain itu, produk Andalan Feminine Care Intimate Wash Revitalize juga dapat memberikan kesegaran serta melindungi bau vagina tak sedap sehingga bisa meningkatkan kualitas hubungan intim Anda dan pasangan.

Nomor registrasi BPOM: NA18211600058

5. Absolute Daily Feminine Hygiene Hypoallergenic Youth Revitalize

Teruji hypoallergenic dan secara dermatologis, Absolute Daily Feminine Hygiene Hypoallergenic Youth Revitalize cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Produk pembersih kewanitaan ini terbuat dari bahan alami ekstrak susu biolacto active dengan pH 3,5.

Kandungan tersebut diklaim dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri serta melindungi miss v dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan bau dan gatal pada vagina.

Nomor registrasi BPOM: NA18161600033

6. Mama’s Choice Refreshing Feminine Wash

Mama’s Choice Refreshing Feminine Wash adalah salah satu produk sabun kewanitaan yang memiliki formula pH balance untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di miss v.

Khasiat tersebut bisa didapat berkat kandungan prebiotik di dalam produk ini. Kombinasi bahan alami lainnya juga dapat membantu menjaga kebersihan dan kelembapan, mencegah iritasi, serta menghilangkan bau tak sedap pada vagina.

Telah teruji hypoallergenic dan secara dermatologis, merek sabun miss v ini diklaim aman untuk kulit sensitif serta ibu hamil dan menyusui.

Nomor registrasi BPOM: NA18221600126

7. Resik-V Feminine Wash Godokan Sirih

Terbuat dari air godokan sirih asli, rekomendasi sabun kewanitaan ini diklaim mampu mengurangi bau tak sedap serta gatal dan keputihan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Produk ini juga mengandung ekstrak rumput fatimah yang bisa membantu menjaga kebersihan serta memelihara kesehatan area kewanitaan Anda.

Nomor registrasi BPOM: NA18161600029

Itulah beberapa rekomendasi produk pembersih vagina yang diklaim aman dan bagus untuk menjaga kebersihan dan kesehatan miss v Anda.

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan atau minta saran dari dokter untuk menentukan produk yang tepat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 27/03/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan