backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tak Khawatir Bocor, Ini 8 Rekomendasi Merek Menstrual Cup Terbaik

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 19/06/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    Tak Khawatir Bocor, Ini 8 Rekomendasi Merek Menstrual Cup Terbaik

    Saat haid, produk menstruasi apa yang Anda pakai? Pembalut, tampon, atau menstrual cup? Meski pembalut lebih populer, menggunakan menstrual cup dinilai lebih hemat biaya serta ramah lingkungan. Namun, adakah rekomendasi menstrual cup terbaik yang bisa dipakai?

    Jika Anda belum tahu mesti pilih produk yang mana, lihat dulu daftar rekomendasinya pada ulasan di bawah ini.

    Cara kami memilih rekomendasi produk menstrual cup terbaik

    Untuk memilih produk menstrual cup yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Seperti misalnya, ukuran vagina dan serviks (leher vagina) serta aliran darah menstruasi Anda.

    Selain kondisi tubuh Anda sendiri, perhatikan juga spesifikasi menstrual cup yang akan Anda pilih.

    Pastikan produk menstrual cup yang dipilih punya ukuran yang sesuai dengan vagina dan serviks Anda. Selain itu, spesifikasi di bawah ini juga bisa Anda perhatikan.

    • Mudah dilipat.
    • Hipoalergenik.
    • Tidak mengandung bahan kimia beracun, karsinogenik, serta yang dapat menyebabkan iritasi.
    • Berbahan kuat dan tidak mudah sobek.
    • Dapat ditarik atau dilepaskan dengan mudah.
    • Mudah dibersihkan.
    • Produk dilengkapi dengan kantong khusus, atau bahkan wadah sterilisasi.

    Menyesuaikan dengan kondisi tubuh serta memperhatikan spesifikasi di atas setidaknya membantu Anda memastikan produk menstrual cup yang dipilih aman dan nyaman.

    Sementara jika Anda memilih produk yang tidak tepat serta diragukan keamanannya lebih mungkin menyebabkan cedera, reaksi alergi, serta iritasi pada vagina.

    Dengan pertimbangan di atas, kami memberikan beberapa rekomendasi merek menstrual cup yang bagus di pasaran.

    8 Rekomendasi merek menstrual cup terbaik

    Berikut adalah beberapa rekomendasi merek menstrual cup yang bagus beserta kisaran harganya.

    1. G Cup Girls Menstrual Cup

    Dengan kisaran harga Rp175.000, G Cup mengklaim produk Girls Menstrual Cup miliknya terasa nyaman dipakai, bebas iritasi, serta membuat Anda lebih bebas beraktivitas.

    Produk ini diklaim aman karena terbuat dari silikon medis berkualitas tinggi serta bebas dari campuran bahan kimia berbahaya dan yang bisa menimbulkan alergi.

    Menstrual cup ini bisa dipakai berkali-kali sampai 10 tahun. Produk ini pun memiliki daya tampung tiga kali lebih besar dan bisa dipakai hingga 12 jam.

    2. Momi Homi Menstrual Cup

    Momi Homi menawarkan produk menstrual cup berbahan silikon lembut yang dapat menampung darah menstruasi hingga 25 ml.

    Dengan kisaran harga Rp50.000—Rp120.000, produk ini bisa dipakai berkali-kali selama 8—12 jam dalam sekali penggunaan. Menstrual cup ini juga dapat bertahan hingga 10 tahun, tergantung dari pemakaian.

    Momi Homi Menstrual Cup tersedia dalam tiga ukuran. Salah satu rekomendasi menstrual cup ini juga mudah dibersihkan sehingga dapat membantu menjaga kebersihan area kewanitaan Anda.

    3. Blood Menstrual Cup

    Harga produk menstrual cup ini mungkin lebih mahal daripada merek lainnya, yaitu mencapai Rp399.000. Namun, produk berbahan silikon ini disebut didesain di Singapura serta dibuat di Amerika Selatan.

    Terbuat dari 100% silikon medis lembut, produk ini mudah dilipat dan dimasukkan ke dalam vagina. Dengan perawatan yang tepat, Anda bisa menggunakan produk ini hingga 10 tahun lamanya.

    Blood Menstrual Cup mengklaim produknya ini dapat menampung darah menstruasi hingga 29 ml atau setara dengan empat pembalut. Ukurannya yang kecil juga cocok untuk pengguna pemula.

    4. AllMatters Menstrual Cup (OrganiCup)

    AllMatters Menstrual Cup, yang semula bermerek OrganiCup, terbuat dari 100% silikon medis yang sudah bebas BPA, bersertifikasi FDA, serta tersertifikasi Vegan Society.

    OrganiCup juga mengklaim produknya ini bebas bahan lateks, phthalates, alkylphenol, dan bisphenol A serta anti-alergi dan infeksi dengan masa pemakaian mencapai 10 tahun.

    Dengan kelebihan tersebut, produk ini diklaim bisa menjadi solusi hemat dan cermat untuk pengganti pembalut sekali pakai. Produk ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp399.000.

    5. KindKain Reusable Menstrual Cup

    Buat remaja atau wanita berusia 18 tahun ke atas yang belum melahirkan secara normal, KindKain Reusable Menstrual Cup mungkin cocok dan bagus untuk digunakan.

    Tak perlu khawatir bocor, produk menstrual cup ini bisa menampung darah menstruasi hingga 20 ml dengan durasi pemakaian hingga 12 jam.

    Dengan bahan 100% silikon medis, produk ini juga dapat dipakai berulang kali dengan masa pakai hingga 10 tahun. Dapatkan produk ini dengan harga di kisaran Rp129.000.

    6. Vivi Menstrual Cup

    Dengan daya tampung sebesar 20—25 ml, Vivi Menstrual Cup merupakan produk pengganti pembalut dan tampon yang dapat digunakan berulang setiap 4—8 jam.

    Produk dari Kanada ini terbuat dari silikon medis yang mudah dibersihkan dan ramah lingkungan. Menstrual cup ini juga bebas BPA dan lateks, sehingga diklaim aman digunakan.

    Vivi Menstrual Cup bisa Anda dapatkan dengan harga di kisaran Rp50.000. Anda bisa menggunakan produk ini saat tidur, bepergian, berolahraga, atau bahkan berenang.

    7. Dido Sport M Cup – Menstrual Cup

    Dido Sport M Cup merupakan rekomendasi merek menstrual cup yang sudah mendapat izin Kementerian Kesehatan dengan nomor AKL21104220224.

    Produk menstrual cup ini mengklaim terbuat dari bahan silikon medis yang lembut, halus, dan fleksibel, sehingga terasa nyaman saat digunakan, termasuk ketika olahraga.

    Cara pakai menstrual cup ini juga terbilang mudah dengan ragam metode lipat yang sesuai kenyamanan Anda. Produk yang satu ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp299.000.

    8. Tokaed Menstrual Cup

    Tersedia dalam tiga ukuran, Tokaed Menstrual Cup bisa digunakan oleh wanita saat menstruasi dalam banyak kondisi.

    Ini termasuk remaja hingga wanita yang sudah melahirkan dengan aliran darah menstruasi ringan sampai sedang, serta yang pemula maupun berpelangaman.

    Produk yang terbuat dari 100% bahan silikon media ini diklaim aman dan bisa bertahan hingga 10 tahun. Adapun harga produk ini dibanderol mulai dari Rp169.900.

    Itulah beberapa rekomendasi merek menstrual cup yang bagus dan terbaik yang bisa Anda coba.

    Pastikan produk yang dipilih sesuai kondisi dan kebutuhan Anda. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan vagina saat menstruasi untuk mengurangi risiko yang tak diinginkan.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 19/06/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan