Bolehkah Pasangan Bercinta Sampai Berkali-kali Dalam Semalam?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Di akhir pekan atau ketika berbulan madu, Anda dan pasangan tentu ingin memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berduaan. Maka, Anda mungkin akan berhubungan seks lebih dari sekali dalam waktu semalam. Beberapa pasangan bahkan bisa sampai lima kali berhubungan seks dalam semalam. Namun, adakah batasan yang sehat berapa kali pasangan boleh melakukan seks dalam satu malam? Apa yang mungkin terjadi kalau pasangan terlalu banyak berhubungan seks dalam semalam? Simak langsung jawabannya berikut ini.

Berapa kali berhubungan seks dalam semalam yang masih aman?

Menurut para ahli, tidak ada patokan angka untuk memastikan berapa kali berhubungan seks dalam semalam yang masih aman dan normal. Pasalnya, setiap orang memiliki ketahanan tubuh, kondisi kesehatan, dan gairah seksual yang berbeda-beda. Jadi selama Anda dan pasangan merasa baik-baik saja dengan frekuensi penetrasi (penis masuk ke vagina) dalam semalam, sah-sah saja kalau Anda ingin bercinta berkali-kali dalam satu sesi panas.

Namun, kalau sudah muncul keluhan seperti kelelahan, penis loyo, sulit ejakulasi, vagina terasa sakit, atau gairah menghilang, sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Beristirahatlah supaya vitalitas Anda berdua bisa kembali esok hari atau beberapa hari setelahnya.

Mungkinkah sperma berkurang dan vagina jadi kebas?

Bercinta berkali-kali dalam semalam tidak akan membuat sel sperma dalam air mani berkurang sehingga Anda jadi tidak subur. Mitos bahwa sering bercinta membuat pria jadi tidak subur itu tidak benar. Pasalnya, tubuh pria yang sehat akan terus memproduksi sel ini sehingga Anda tak perlu khawatir akan kehabisan sperma sewaktu-waktu.

Sedangkan beberapa wanita mengeluh vagina dan klitoris jadi kebas setelah berkali-kali bercinta, apalagi tanpa jeda waktu yang cukup. Ini karena saat melakukan penetrasi, penis akan menimbulkan gesekan dan tekanan yang intens pada area intim wanita. Jika dilakukan secara berlebihan, maka vagina dan klitoris bisa lelah juga.

Akan tetapi, jangan takut Anda tidak akan bisa merasakan kenikmatan bercinta lagi. Rasa kebas ini biasanya hanya bersifat sementara. Setelah beristirahat sejenak, vagina dan klitoris bisa pulih dan kembali peka terhadap rangsangan.

Risiko yang mungkin terjadi kalau terlalu banyak berhubungan seks dalam semalam

Ya, Anda dan pasangan memang boleh berkali-kali menikmati seks dalam semalam. Namun, hati-hati kalau Anda melakukannya secara berlebihan. Pasalnya, hal-hal berikut mungkin saja terjadi.

  • Dinding vagina mungkin luka karena gesekan penis tanpa henti. Terlebih jika saat penetrasi, vagina belum cukup terlubrikasi atau basah.
  • Pria membutuhkan waktu lebih lama untuk ereksi atau ejakulasi. Ini karena penis membutuhkan waktu untuk “bangkit” kembali setelah seks, tak seperti wanita yang bisa mencapai orgasme berkali-kali dalam satu sesi.
  • Dehidrasi karena tubuh mengeluarkan terlalu banyak cairan lewat keringat.
  • Risiko infeksi saluran kencing (ISK) meningkat, terutama bagi wanita. Apalagi bila Anda tidak langsung buang air kecil setelah penetrasi.

Normalkah kalau terlalu banyak berhubungan seks dalam semalam?

Menurut seorang ahli psikologi klinis dan kesehatan seksual Barry McCarthy, wajar saja jika pasangan baru bisa bercinta sampai berkali-kali dalam satu malam. Ini karena Anda masih berada dalam fase bulan madu. Akan tetapi, perhatikan kalau Anda jadi begitu terobsesi dengan seks, sampai-sampai Anda melalaikan pekerjaan atau tanggung jawab sehari-hari.

Terlalu banyak berhubungan seks dalam satu sesi juga bisa menandakan bahwa Anda kurang puas dengan kualitas seks Anda, sehingga harus sampai berulang kali bercinta. Bila ini yang Anda alami, sebaiknya jangan fokus pada angkanya, melainkan pada komunikasi yang terbuka dengan pasangan.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Saat Anda sakit, makan dan minum apapun jadi tak selera. Hal ini karena mulut dan lidah terasa pahit. Nah, ini dia alasan dan cara ampuh mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Banyak orang mengira sebelum dan setelah haid bukan menjadi masa subur wanita. Tapi apakah berhubungan seks setelah haid bisa menyebabkan kehamilan?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Wanita, Menstruasi 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
badan sakit setelah olahraga

Badan Sakit Setelah Olahraga, Apakah Artinya Olahraga Anda Ampuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit