5 Rekomendasi Rumah Sakit Metode ERACS di Jakarta

    5 Rekomendasi Rumah Sakit Metode ERACS di Jakarta

    Saat membicarakan pilihan rumah sakit untuk bersalin secara caesar, tersedianya metode ERACS jadi salah satu pertimbangan.

    Metode ERACS atau Enhanced Recovery After Cesarean Surgery bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan para Ibu. ERACS diklaim membuat pasien sudah bisa bergerak sekitar 2 jam sesudah operasi selesai.

    Efektifnya metode ini tentu membuat para ibu hamil ingin mencari tahu lebih lanjut kisaran biaya operasi ERACS di berbagai rumah sakit yang ada di Jakarta.

    Rumah sakit metode ERACS di Jakarta dan kisaran biayanya

    biaya operasi caesar

    Beberapa rumah sakit saat ini sudah mengaplikasikan hal ini, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Berikut kami berikan rekomendasi rumah sakit yang menggunakan caesar metode ERACS beserta kisaran biaya operasinya.

    1. Rumah Sakit Pondok Indah

    Rumah Sakit Pondok Indah atau RSPI termasuk yang paling banyak mempromosikan hal ini. Menggunakan tagar #BornAtRSPI, mereka mengajak para pasutri yang menunggu kelahiran anak dengan menggunakan metode ini.

    Ketiga cabang RSPI; Pondok Indah, Puri Indah, dan Bintaro, sama-sama menonjolkan hal ini. Dibantu dengan tenaga medis profesional, berpengalaman, dan berkualitas dipadukan dengan teknologi medis kekinian, mereka menjamin keamanan untuk Ibu dan Bayi.

    Biaya operasi caesar dengan metode ERACS di sini diperkirakan antara 40 hingga 65 juta, bergantung kepada kelas kamar perawatannya.

    2. Rumah Sakit ibu dan Anak Bunda Jakarta

    Mendapat gelar sebagai The Best Hospital in Maternity Service tahun lalu, RSIA Bunda Jakarta turut mempromosikan metode ERACS kepada para ibu hamil.

    Rumah sakit bersalin ini menjamin keselamatan dan keamanan, yang turut juga menjadi daya tarik untuk para pasutri. Tidak heran, banyak juga artis yang melakukan persalinan caesar metode ERACS di sini, salah satunya Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

    Untuk biaya operasi ERACS sendiri, RSIA Bunda menyediakan beberapa paket, dari yang terbawah kelas standar (40-50 juta) dan yang tertinggi kelas Bunda Suite antara 70 hingga 80 juta.

    3. Rumah Sakit Umum Hermina

    RS Hermina turut mengedepankan proses ERACS untuk persalinan caesar.

    Dengan cara ini, pihak Hermina mengklaim Ibu hamil sudah bisa bergerak normal dalam 1×24 jam. Bahkan bisa pulang ke rumah jika recovery-nya terpantau baik.

    Dengan begitu, tentunya bunda bisa bercengkrama dengan sang bayi secara lebih optimal.

    Dari segi biaya, Hermina menyediakan lima jenis paket berdasar tipe kamar. Kelas 3 yang paling rendah terkena sekitar 15 juta, sedangkan paling atas, Eksekutif, dikenakan biaya sekitar 33 juta.

    4. Rumah Sakit Mayapada

    Rumah sakit di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, ini juga sudah menerapkan metode Caesar ERACS di cabang mereka. Mereka turut menghadirkan tim dokter dan perawat yang andal demi melancarkan proses ini.

    Bahkan selama masa kehamilan pun, mereka turut memberikan edukasi soal keamanan dan keuntungan dari metode ini. Tidak lupa, pantauan pasca melahirkan demi proses penyembuhan Ibu setelah caesar berjalan baik.

    Biaya operasi caesar ERACS di sini berada di rentang 20 juta hingga 45 juta.

    5. Rumah Sakit EMC Alam Sutera

    Sama seperti rumah sakit sebelumnya, RS EMC berusaha menghadirkan ekosistem sempurna demi operasi caesar ERACS yang lancar.

    Kolaborasi dokter kandungan, anak, dan anestesi diutamakan untuk keamanan dan kenyamanan sang Ibu, serta kesehatan bayi. Tidak lupa proses skrining dan obat-obatan yang diberikan.

    Dari sisi biaya, EMC membagi ke dalam empat kelas kamar. Kelas VIP yang termahal, sekitar 33 juta, dan kelas 3 yang paling bawah dengan biaya sekitar 22 juta.

    Itulah tadi beberapa rumah sakit dengan metode ERACS di Jakarta beserta perkiraan biayanya. Selain memang lebih nyaman bagi para Ibu berkat pemulihan lebih cepat, biaya operasi ERACS juga tidak berbeda jauh dengan caesar biasa. Perbedaan tipis hanya seputar biaya skrining ibu dan anak dan obat-obatan yang digunakan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Vitto Radityo Diperbarui Oct 25
    Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team