Mengapa Tubuh Terasa Lemas Setelah Pengobatan DBD Selesai?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setelah melalui pengobatan demam berdarah dengue (DBD), tubuh masih lemas. Ini normal adanya karena tubuh masih dalam masa proses pemulihan. Saat dalam proses pemulihan ini, tubuh membutuhkan waktu agar kembali seperti semula.

Banyak pasien yang mungkin bertanya kenapa setelah pengobatan selesai, tapi tubuh tidak langsung bugar. Ada penjelasan medis di balik proses pemulihan DBD.

Alasan tubuh terasa lemas setelah melewati pengobatan DBD

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus dari famili Flaviviridae. Setelah pengobatan DBD selesai terkadang tubuh kita masih merasa lemas dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal itu dapat terjadi karena beberapa orang mengalami post dengue fatigue syndrome (PDFS). 

Pada sebuah penelitian di Sri Lanka, dari 52 pasien yang menderita DBD, 9 pasien (17.3%) menderita PDFS. Fatigue didefinisikan sebagai gejala yang dapat terjadi pada otot dan saraf. Biasanya pasien mengalami kelemahan otot dengan atau tanpa rasa nyeri. Mekanisme terjadinya PDFS ini merupakan muktifaktorial kombinasi antara efek patogenik dari virus dengan respon imun penderita. 

Waktu pemulihan berbeda-beda dari satu orang ke yang lainnya tentu bergantung dari sistem imun masing-masing orang ada yang tidak melewati fase lemas setelah DBD dan ada yang membutuhkan waktu beberapa minggu hingga bulan untuk pemulihan. Maka dari itu, makanan dan minuman yang kita konsumsi sangatlah penting untuk proses pemulihan.

Apa yang perlu diperhatikan selama masa pemulihan DBD?

Selama masa pemulihan DBD, Anda tidak bisa langsung berkegiatan seperti biasa karena kondisi yang masih lemas. Tubuh masih membutuhkan waktu untuk beristirahat dan aktivitas perlu dikelola tahap demi tahap. Tubuh butuh beradaptasi sampai akhirnya memulih, sehingga Anda siap memulai rutinitas harian Anda.

Sebelum itu, ketahui hal yang harus dihindari ketika tubuh lemas setelah pengobatan DBD.

  • Begadang sehingga kurang tidur atau jadwal tidur terganggu
  • Kurang minum sehingga meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi
  • Aktivitas fisik atau olahraga terlalu berat
  • Makan-makanan tidak bergizi seperti junkfood, fastfood, makanan pedas berlemak, berminyak
  • Stres

Hindari kelima hal di atas untuk mendorong tubuh lebih kuat melewati masa pemulihan. Selanjutnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan pasien selama masa pemulihan.

1. Tidur cukup

Pasien butuh tidur yang cukup, apalagi tubuh terasa lemas setelah pengobatan DBD selesai. Penuhi waktu tidur paling tidak 6-8 jam per hari, agar tubuh dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi lainnya saat sistem imun sedang tidak optimal

2. Makanan gizi seimbang

Pilihlah makan makanan dengan gizi seimbang agar dapat meningkatkan sistem imun. Misalnya, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun. Sebab, tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri, sehingga perlu ada asupan dari makanan dan minuman.

3. Aktivitas fisik perlahan

Tentu boleh melakukan aktivitas dan olahraga ringan selama masa pemulihan, meskipun badan agak lemas setelah pengobatan DBD. Tapi ingat, hindari aktivitas yang berat. Olahraga dapat dimulai secara ringan dan perlahan, seperti berjalan pagi, jogging dengan perbandingan 1:3 dengan waktu istirahat. Misalnya, olahraga 10 menit maka istirahatnya harus 30 menit. 

Makanan pembangkit tenaga saat tubuh lemas setelah DBD

Di sampin poin-poin penting yang telah disebutkan sebelumnya, adapun asupan makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendukung pemulihan pasien DBD yang masih lemas usai pengobatan DBD. Berikut makanan yang bisa dikonsumsi.

1. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin C yang mana merupakan vitamin esensial untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada tubuh manusia. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C, sehingga perlu dibantu oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi.

2. Bawang putih

Bawang putih digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad karena mempunyai efek antibakteri, antiviral, dan antijamur. Bawang putih juga dapat menstimulasi sistem imun. Pada penelitian, pasien yang konsumsi bawang putih sembuh lebih cepat.

3. Madu

Selain jambu dan bawah putih, madu juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi tubuh lemas setelah DBD. Madu mempunyai efek antibakteri yang poten. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa madu dapat meningkatkan sistem imun sehingga madu sangat baik dikonsumsi saat sakit ataupun saat masa pemulihan.

4. Alpukat

Alpukat mengandung tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Alpukat juga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang bagus. Alpukat juga lembut dan mudah dikonsumsi terutama saat sakit atau pemulihan DBD. Alpukat juga dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem imun.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Artikel dari ahli dr. Carla Pramudita Susanto

Segel Plastik Tidak Membuat Minuman Lebih Aman?

Pasti sering menemukan segel plastik dan segel cincin pada minuman botol. Yuk, cari tahu mengenai fungsi dan keamanan segel ini.

Ditulis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
segel plastik botol minuman
Hidup Sehat, Fakta Unik 10 Juni 2020

Bagaimana Menjaga Air Minum Kemasan Tetap Aman dan Bersih?

Ketahui cara menjaga air kemasan tetap aman diminum mengingat sebagian besar orang mengandalkan jenis air minum ini agar kadar air tubuh tetap seimbang.

Ditulis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
air minum kemasan
Hidup Sehat, Tips Sehat 8 Juni 2020

Mengapa Tubuh Terasa Lemas Setelah Pengobatan DBD Selesai?

Tubuh lemas setelah pasien DBD menjalani pengobatan, ini wajar adanya. Untuk memulihkan tubuh kembali seperti semula, ada hal yang perlu diperhatikan.

Ditulis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
keluhan ibu hamil tubuh lemas

Yang juga perlu Anda baca

Tips dan Trik Meningkatkan Nafsu Makan Saat Terkena DBD

Demam berdarah sering menyebabkan hilang nafsu makan. Coba lakukan beberapa tips untuk menambah nafsu makan ini agar proses pemulihan tetap lancar.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
cara menambah nafsu makan
Nutrisi, Hidup Sehat 6 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Trik Memenuhi Kebutuhan Cairan Ketika Terkena DBD

Agar terhindar dari risiko dehidrasi, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan saat DBD. Empat trik ini mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
kebutuhan cairan saat dbd
Hidup Sehat, Tips Sehat 3 April 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Buah Kaya Manfaat yang Perlu Anda Makan Saat DBD Agar Cepat Pulih

Pasien DBD butuh makan buah untuk menambah asupannya agar cepat pulih. Apa saja buah yang dianjurkan untuk pasien demam berdarah?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
manfaat makan buah
Nutrisi, Hidup Sehat 3 April 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Cara Agar Tidak Lemas Akibat Muntah-muntah Saat DBD

Muntah termasuk gejala demam berdarah yang sering terjadi dan mengakibatkan tubuh cepat lemas. Lakukan hal ini agar rasa lemas hilang dan tubuh cepat pulih.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Penyakit Musiman, Health Centers 3 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
vitamin untuk mencegah demam berdarah

Pentingnya Asupan Vitamin C untuk Bantu Lawan Demam Berdarah

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 8 April 2020 . Waktu baca 5 menit
transfusi darah dbd

Apakah Semua Pasien DBD Perlu Transfusi Ketika Trombosit Turun?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 7 April 2020 . Waktu baca 6 menit
penyebab dbd berulang

Beragam Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Terkena DBD Lagi

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 7 April 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
pemulihan pasca demam berdarah

Beragam Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Masa Pemulihan DBD

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 6 April 2020 . Waktu baca 4 menit