Hati-hati, Punya Penyakit Diabetes Berarti Anda Lebih Berisiko Pikun

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Diabetes melitus (kencing manis) merupakan suatu kelainan metabolis di mana kadar gula darah dalam tubuh melewati kadar yang normal. Berbagai macam komplikasi dapat ditimbulkan sebagai akibat diabetes. Salah satu yang Anda perlu ketahui yaitu orang yang menderita diabetes ternyata berisiko untuk menderita penyakit Alzheimer. Penyakit ini umumnya ditandai dengan gejala yaitu pikun.

Berdasarkan penelitian dari jurnal Neurology, dibuktikan bahwa orang yang menderita diabetes melitus tipe 2 punya risiko memiliki tangles di otak, yakni serat-serat protein pada otak yang seolah kusut. Hal ini dapat dijumpai pada orang-orang dengan penyakit Alzheimer.

Hubungan diabetes dengan penyakit Alzheimer

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana diabetes dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. Penderita diabetes melitus memiliki resistensi terhadap insulin. Padahal, insulin sangat penting untuk mengubah glukosa (gula) dalam tubuh menjadi sumber energi bagi setiap organ dan jaringan tubuh.

Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin, maka hal tersebut dapat memengaruhi otak Anda. Otak Anda tidak dapat bekerja dengan baik karena sel-selnya tidak mendapat asupan gula sebagai sumber energi yang cukup.

Berdasarkan data yang diambil dari Azheimer’s Association, kadar gula darah yang tinggi atau insulin yang berlebihan di darah dapat memberikan efek buruk bagi otak. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan proses inflamasi (peradangan). Hal tersebut dapat menyebabkan rusaknya sel-sel otak dan menyebabkan terjadinya penyakit Alzheimer.

Kadar insulin yang berlebihan juga dapat mengganggu susunan biokimia di otak sehingga dapat mencederai sel otak. Selain itu, diabetes dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke di mana terjadi kerusakan jantung dan pembuluh darah. Adanya kerusakan pada pembuluh darah di otak dapat memengaruhi risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

Pada intinya, gangguan pada aliran darah karena kebanyakan kadar gula (yang tidak bisa diolah jadi sumber energi) akan mengganggu kesehatan dan fungsi otak. Inilah yang lantas membuat orang dengan diabetes lebih rentan mengalami gangguan otak, misalnya penyakit Alzheimer yang ditandai dengan gejala pikun dan linglung.

citicoline obat alzheimer

Bagaimana cara mencegah jadi pikun kalau punya penyakit diabetes?

Jika Anda seorang penderita diabetes, berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer.

1. Kendalikan kadar gula darah Anda

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa dengan mengendalikan kadar gula darah, Anda bisa menjaga fungsi otak agar tetap sehat. Cara terbaik untuk mengendalikan kadar gula darah yaitu dengan menjaga pola makan dan membatasi konsumsi makanan dan minuman manis.

2. Giat berolahraga

Olahraga dapat menjaga kadar gula darah Anda dengan cara meningkatkan kerja sel-sel tubuh dalam menggunakan insulin. Karena itu, gula akan diubah jadi sumber energi, bukannya disimpan saja dalam darah. Selain itu, dengan giat berolahraga, kadar insulin yang berlebihan di darah maupun otak dapat dicegah.

3. Minum obat diabetes yang dianjurkan dokter

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak lebih dari 15.000 orang lanjut usia (lansia) dengan diabetes tipe 2 (kencing manis) yang mengonsumsi obat diabetes metformin lebih aman dari penyakit Alzheimer dan gejalanya yaitu pikun dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi obat diabetes lainnya.

Akan tetapi, tidak semua orang cocok dengan obat ini. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan jenis obat yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Saat harus tampil di depan umum atau mau kencan pertama, tiba-tiba perut jadi sangat mual karena gugup. Mengapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/06/2020 . 6 menit baca

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 21/06/2020 . 5 menit baca

9 Makanan yang Ampuh Mengusir Perut Kembung

Perut kembung atau begah pasti sangat mengganggu. Untuk segera meredakan rasa tidak nyaman, siapkan berbagai makanan berikut untuk mengusir perut kembung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/06/2020 . 6 menit baca

Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

Sedang mengalami masa sulit yang seakan mengisap energi dan pikiran Anda ke dalam lubang hitam? Psikoterapi bisa membantu Anda mencari solusinya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 20/06/2020 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca
apa itu kolesterol

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . 5 menit baca